Halloween party ideas 2015


Dalam perkembangannya, tafsir menjadi salah satu cabang ilmu dalam Islam yang perkembangannya sangat pesat. Banyaknya ulama dengan latar belakang keilmuan yang berbeda menghasilkan banyak karya tafsir dengan corak yang beragam.

Beberapa karya tafsir tersebut memiliki kualitas yang bagus sehingga menjadi rujukan untuk studi dan pemikiran tafsir al-Quran di masa selanjutnya.
Download Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi Lengkap Pdf
Di antara karya tafsir yang sampai saat ini menjadi perhatian para peneliti tafsir dan juga menjadi rujukan dalam studi tafsir adalah Tafsir Ruh al-Ma'ani karya al-Alusi atau lebih dikenal dengan sebutan Tafsir al-Alusi. 

Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi ini menafsirkan seluruh Ayat al-Quran secara lengkap dari awal sampai akhir. Penafsirannya sesuai dengan urutan mushaf.

Hal ini sama seperti tafsir lainnya seperti tafsir Ibnu Kasir, Tafsir al-Qurthubi dan Tafsir Thabari.

Dalam segi sumbernya, Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi dikategorikan sebagai Tafsir bi al-Ra'yi, atau penafsiran dengan sumber akal.

Meskipun Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi ini adalah tafsir bil ra'yi, namun bukan berarti kitab ini keseluruhan didasarkan pada akal. Kitab ini dalam beberapa ayat tertentu tetap menggunakan dalil al-Quran serta hadis untuk memberikan penafsiran terhadap ayat.

Adapun metode al-Alusi dalam menulis Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi ini, beliau menggunakan metode tahlili, yaitu metode tafsir dengan menjelaskan tentang arti dan maksud ayat ayat al-Qur'an dari beragam seginya dengan menjelaskan ayat-ayat demi ayat sesuai urutannya di dalam mushaf. Metode tahlili pun juga menjelaskan munasabah serta kandungan ayat-ayat tersebut.

Di samping itu, al-Alusi juga menggunakan metode muqqarin atau perbandingan, dimana al-Alusi mengkombinasikan antara metode ar-ra'yu dengan al-matsur.

Secara lebih jelas, al-Alusi menyebutkan beberapa ayat atau hadis, kemudian melihat beberapa tafsir dari penafsiran para mufassir lainnya terhadap ayat tersebut. Al-Alusi mengambil pendapat dari kalangan ulama salaf maupun khalaf, berupa tafsir manqul maupun ijtihad.

Al-Alusi pun kemudian berusaha untuk menarik kesimpulan yang lebih sesuai dengan dalil sertamenghindari pendapat yang dianggap kurang tepat.

Dalam menafsirakn Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi, al-Alusi memasukkan perspekitif sufi sebagai upaya untuk menguak makna batin (esoteris). Karena metode inilah corak penafsirannya lebih cendrung bercorak lsyari atau Sufi.

Download Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi Lengkap Pdf

Berikut ini adalah keterangan mengenai Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi beserta tautan untuk mendownloadnya.
عنوان الكتاب : روح المعاني في تفسير القرآن العظيم و السبع المثاني
أبي الفضل شهاب الدين السيد محمود الألوسي البغدادي
Nama Kitab: Ruh al-Ma'ani Fi Tafsir al-Quran al-'Adzim wa Sab'i al-Matsani (Tafsir al-Alusi)
Pewngarang : Syihabuddin Sayyid Mahmud al-Alusi al-Baghdadi
Jenis File : PDF
Ukuran : 231 MB
Penerbit: Dar Ihay' Turast al-Arabi- Beirut - Lebanon

 DOWNLOAD SUMBER PERTAMA
COVER  Jilid 1 - Jilid 2 - Jilid 3 - Jilid 4 - Jilid 5 - Jilid 6 - Jilid 7 - Jilid 8 - Jilid 9 - Jilid 10 -  Jilid 11 -  Jilid 12 -  Jilid 13 -  Jilid 14 - Jilid 15  - Jilid 16 - Jilid 17 -  Jilid 18 -  Jilid 19 - Jilid 20 - Jilid 21 - Jilid 22 - Jilid 23 - Jilid 24 - Jilid 25 - Jilid 26 - Jilid 27 -  Jilid 28 - Jilid 29 -  Jilid 30 

 DOWNLOAD SUMBER KEDUA
Itulah informasi mengenai Download Kitab Tafsir Ruh al-Maani atau Tafsir al-Alusi Lengkap Pdf. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.


Powered by Blogger.