Halloween party ideas 2015


Menikmati Makanan Khas Turki Baklava / img wikipedia.com

Halo semuanya, kali ini saya hendak berbagi pengalaman mengenai makanan khas Turki berjenis manisan yang disebut Baklava, bacanya baklawa.

Ada sisi renyah, lembut, pecah, bercampur rasa manis yang nonjok dan gurihnya rasa kacang bercampur dalam satu potong baklava. Satu gigitan langsung lumer di mulut. Ditambah dengan proses memasak dengan cara dipanggang membuatnya menjadi harum gurih.

Baklava merupakan sejenis makanan ringan yang masuk dalam kategori manisan dan terkenal di daerah Turki maupun daerah-daerah bekas wilayah Kerajaan Ottoman.

Secara sederhana, makanan yang sangat manis dan gurih ini dibuat dari bahan yang terdiri dari kacang walnut atau pistachio yang dibungkus dengan bahan roti tipis berlapis lalu disiram dengan gula cair atau madu. Cara memasaknya adalah dengan dipanggang.

Sejarah Kemunculan Makanan Khas Turki Baklava

Menurut sejarah, asal muasal Baklava ini cukup kontroversial, dan sayang sekali dokumentasi maupun bukti mengenai kemunculan baklava ini tidak jelas.

Banyak sekali etnik maupun grup semisal kalangan orang Yunani maupun Timur Tengah yang mengklaim bahwa baklava adalah makanan khas yang muncul dari kultur mereka. Tak pelak bangsa Turki pun mengklaim bahwa makanan yang khas dengan kacang gurihnya ini diciptakan oleh nenek moyang mereka.

Kapan munculnya makanan baklava ini? Informasi sejarah mengenai makanan ini menyebutkan bahwa makanan ini telah muncul jauh berabad-abad sebelum masehi.  Menurut satu versi cerita disebutkan bahwa baklava berasal dari kultur bangsa Asysyrians dimana mereka pada sekitar abad ke 8 sebelum masehi telah mengkonsumsi sebuah makanan berupa roti datar yang diberi potongan kacang di antara roti tersebut. Bahan ini lalu diberi madu dan dimasukkan ke dalam oven dengan cara primitif.

Di masa modern ini baklava telah menyebar ke beragam negara seperti Timur Tengah, Mediteriania, Balkan, Kaukasus, Turki, Arab, Yahudi, Yunani, Armenia dan Bulgaria. Di masa modern ini juga baklava dikenal sebagai national dessert mereka dimana sebelumnya negara-negara tersebut memang merupakan wilayah kesultanan Turki atau Kerajaan Ottoman.

Sejauh ini, jajanan di Turki yang termasuk paling mahal dan bisa dibilang kelas premium menurutku adalah Baklava dengan campuran Walnut dan kacang Pistachio. Harga normal 1 kg bisa sampai 200 ribuan. Tergantung dari jenis baklavanya. Yang mahal bisa sampai 400 ribuan per kilo, misalnya yang jenis Fıstıklı Kare Baklava dengan kacang Walnut dan taburan kacang Pistachio di atasnya.
Baklava dengan Pistachio / img pixabay.com

Jika ingin yang lebih murah maka bisa membeli baklava jenis hindistan cevizli atau dengan isi parutan kelapa, yaitu isiannya bukan kacang melainkan kelapa yang diparut. Meskipun isiannya kelapa, namun kelezatan dan gurihnya baklava tetap terasa mengguncang lidah.

Jenis-jenis Baklava Khas Turki

Dalam perkembangannya Baklava sebagaimana makanan yang masuk dalam kategori kultur sebuah masyarakat pada umumnya mengalami perubahan dan modifikasi sehingga hingga saat ini kita bisa menemukan beragam jenis baklava.

Berikut ini adalah beberapa jenis Baklava dengan nama yang berbeda:

Cevizli Baklava

Secara bahasa Cevizli Baklava berarti Baklava dengan kacang Walnut. Bisa dibilang baklava dengan jenis ini adalah terlezat karena memang kacang Walnut sendiri adalah kacang yang sangat gurih. Tentu harganya lebih mahal karena kacang Walnut pun harganya sangat mahal. 
Menikmati Makanan Khas Turki Baklava / img maxpixel.net

Baklava dengan kacang Walnut ini termasuk Baklava dengan rasa makanan kultur klasik yang original. Jika disebutkan Baklava dengan nilai terbaik, maka yang pertama kali keluar adalah nama Baklava dengan kacang Walnut. 

Fıstıklı Kaymaklı Şöbiyet Baklava

Baklava ini juga termasuk yang paling banyak dipilih oleh pembeli ketika ingin mencicipi masakan Baklava dengan citarasa makanan kultural yang original. Baklava ini dibuat dengan campuran kacang Pistachio. 
 Makanan Khas Turki Baklava Jenis Fıstıklı Kaymaklı Şöbiyet

Kita tahu sendiri bahwa kacang Pitachio pun memiliki rasa yang sangat gurih dan ketika dimakan langsung pun kelezatannya tidak perlu dipertanyakan lagi.

Fıstıklı Burma Kadayıf

Tidak hanya baklava dengan roti tipis, Baklava juga bisa dibuat dalam bentuk roti Kadayif. Roti Kadayif ini dibuat dengan teknik adonan mengalir dalam ukuran kecil ke atas wajan panas yang kemudian menjadi seperti mie. 
Menikmati Makanan Khas Turki Baklava / img TripAdvisor.com

Kadayif sendiri sebenarnya bisa dibuat menjadi makanan manis sendiri yang disebut dengan Kadayif atau juga bisa dimasak menjadi Kunefe.

Baklava dari Kadayif ini diisi dengan kacang Antep atau Pistachio dengan ukuran yang banyak  dan disiram dengan gula atau glukosa. Metode masak dengan memanggang menjadikan Baklava Kadayif ini sebagai jenis Baklava yang rasanya maknyus. Silahkan anda coba.


Powered by Blogger.