Halloween party ideas 2015


Halo agan semuanya gimana kabarnya? Semoga sehat selalu dan banyak rejekinya. Kali ini saya akan berbagi tips mengenai cara cepat menang kontes 99designs dengan cara memperindah tampilan logo dengan mockup.

Secara sederhana mockup adalah preview atau tampilan sebuah desain pada suatu materi yang sifatnya adalah tampilan atau contoh saja. Lebih jelasnya mockup adalah seperti pada gambar berikut
Contoh mockup logo pada kertas / LTheme.com
Dalam projek desain maupun kompetisi, mockup mengambil peran cukup penting untuk membuat klien kita untuk lebih bisa membayangkan hasil logonya kelak. Karena mockup banyak yang sifatnya realistis alias previewnya seakan kelihatan asli. 

Ada banyak sekali mockup yang bisa diakses di internet baik yang gratis maupun yang berbayar. Hampir semua media dengan segala jenisnya sudah ada mockupnya, misalnya di baju, tembok, pintu, stempel, kartu, surat, topi, mobil, banner iklan di pinggir jalan, dan masih banyak lagi.

Mockup sangat bagus dan bisa menjadikan desain kita terlihat profesional. Juga bisa membantu klien untuk mendapatkan ide tentang bagaimana tampilan nyata logo yang sedang dibuat oleh desainer. Meskipun demikian, ada sisi buruknya juga dalam penggunaan karena terlalu banyak menggunakan mockup bisa membuat salah paham mengenai bentuk asli logo. Oleh karenanya dalam tulisan ini kita akan membahas tentang tips cara cepat menang kontes 99design dengan mockup namun tetap dalam koridor aturan 99designs.

1. Tetap Buat Desain Sesuai Format

Saat membuat desain dan memperlihatkan pada klien, hendaknya mendahulukan format yang telah diatur dalam brief. Format tersebut adalah patokan utama atau aturan utama desainer dalam menjelaskan karyanya kepada klien. Baru kemudian desainer bisa berkreasi dengan mockup. Mungkin agan agan banyak yang melihat desain satu submit dan ada 2 atau 3 desain, dimana 1 desain menggunakan tampilan datar biasa dengan backround putih atau berwarna, dan tampilan selanjutnya  adalah dengan mockup. Hal ini diperbolehkan, yang melanggar aturan adalah jika desain hanya di submit dengan bentuk mockup.

2. Jangan Hanya Menampilkan Bentuk Mockup

Menegaskan poin sebelumnya, desainer tidak dibenarkan mensubmit logo hanya dengan bentuk mockup. Bagaimana pun juga klien akan butuh untuk melihat dan mengamati logo dalam bentuk aslinya dalam filen. Jadi desainer bisa mensubmit logo dengan bentuk asli, baik background putih atau warna dan menambahi tampilan mockup.

3. Jujurlah Kepada Klien

Jadilah pribadi yang terbuka kepada klien mengenai logo atau desain yang agan kerjakan. Jelaskanlah segalanya dengan penjelasan yang detail dan spesifik. Juga dalam hal mockup ini, jelaskanlah kalau mockup itu bukan buatan agan, ya bilang itu bukan buatan agan dan hanya dimaksudkan untuk preview aja. 

4. Teliti Dalam menggunakan Mockup

Kalau agan ndk bisa mockup dan menggunakan mockup dari sumber lain itu boleh-boleh saja. Namun agan kudu teliti dalam menggunakan mockup agar menang kontesnya tidak terkendala gara-gara masalah lisensi. Meskipun di situs di sebutkan free download alias download gratis, agan tetep kudu teliti ada lisensinya atau tidak. Masalah lisensi dalam penggunaan desain dari sumber lain memang diberi peraturan ketat oleh 99designs.

5. Cara Mendatkan Mockup

Untuk bisa menang di kontes 99designs dengan menggunakan mockup, sobat bisa mendapatkan mockup dari beragam sumber. Bisa yang premium alias berbayar atau gratisan. Yang gratis bisa agan dapatkan di situs berikut:

graphicburger.com

Di sana banyak mockup dengan lisensi boleh digunakan, dimodifikasi, baik untuk tujaun personal atau komersil. Tapi sobat tidak boleh menjaul kembali atau mendistribusikan file kepada klien. 

GraphicsFuel.com




Powered by Blogger.