Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Pentingnya Mempersiapkan Diri Secara Sempurna

عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّهُ قَالَ: أَوْصَانِي حَبِيبِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ هُنَّ أَحَبُّ إلَيَّ مِنْ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا، قَالَ لِي: يَا أَبَا ذَرٍّ جَدِّدْ السَّفِينَةَ فَإِنَّ الْبَحْرَ عَمِيقٌ: يَعْنِي الدُّنْيَا، وَخَفِّفْ الْحِمْلَ فَإِنَّ السَّفَرَ بَعِيدٌ، وَاحْمِلْ الزَّادَ فَإِنَّ الْعَقَبَةَ طَوِيلَةٌ، وَأَخْلِصْ الْعَمَلَ فَإِنَّ النَّاقِدَ بَصِيرٌ
Dari Abu Dzar Ra., beliau berkata: Kekasihku Rasulullah Saw. memberi wasiat kepada ku dengan empat kalimat. Dan keempatnya lebih aku cintai daripada dunia seisinya. Beliau berkata kepada ku. “Hai Abu Dzar perbaharuilah perahumu karena lautan itu sangatlah dalam, ambilah perbekalan secara sempurna (banyak) karena perjalanan itu sangatlah jauh, dan kurangilah beban bawaanmu karena tanjakan itu bagaikan gunung, dan ikhlaskanlah amal karena Dzat yang menilai baik dan buruk maha melihat.” (HR. Syeikh Nashr al-Maqdisi).

Kebahagiaan hidup diperoleh karena persiapan yang matang dalam mewujudkannya. Ada banyak rintangan dalam kehidupan yang bisa diatasi dengan kesabaran. Persiapan yang matang, adalah bekal utama yang jika tertata dengan baik maka kesulitan yang datang bisa diminimalisir dengan persiapan yang terencana. Oprah Winfrey mengatakan, “Saya merasa bahwa keberuntungan adalah persiapan yang bertemu dengan kesempatan.”

Persiapan tidak bisa dibangun kecuali adanya tujuan yang jelas untuk dicapai. Jika ingin mendaki gunung, maka sepatu gunung, tenda dan jaket tebal untuk mengusir hawa dingin jelas diperlukan. Hal ini berbeda jika perjalanan yang dituju adalah kota besar. Les Brown berkata, “Anda harus melihat tujuan. Anda dengan jelas dan spesifik sebelum Anda dapat mulai mewujudkannya. Simpanlah dalam pikiran Anda kuat-kuat sampai menjadi alam kedua.” Tujuan yang jelas mampu memberikan kejelasan tentang apa saja yang akan dipersiapkan dalam mencapai keberhasilan yang diimpikan. Andrew Carnegie pernah berkata, “Bila Anda ingin bahagia, buatlah tujuan yang bisa mengendalikan pikiran, melepaskan tenaga, serta mengilhami harapan Anda.” Collin Powel juga mengatakan, “Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan.”[]


Powered by Blogger.