Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar Tentang Tersenyum

Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Senyummu Sedekahmu

عَنْ أَبِِ ذَرٍّ قَاؿَ قَاؿَ رَسُوؿُ اللَّوِ صَلَّى اللَّوُ عَلَيْوِ وَسَلَّمَ تَػبَسُّمُكَ فِِ وَجْوِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ وَأَمْرُؾَ بِالْمَعْرُوؼِ وَنَػهْيُكَ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَإِرْشَادُؾَ الرَّجُلَ فِِ أَرْضِ الضَّلَاؿِ لَكَ صَدَقَةٌ وَبَصَرُؾَ لِلرَّجُلِ الرَّدِيءِ الْبَصَرِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِمَاطَتُكَ الَْْجَرَ وَالشَّوْكَةَ وَالْعَظْمَ عَنْ الطَّرِيقِ لَكَ صَدَقَةٌ وَإِفْػرَاغُكَ مِنْ دَلْوِؾَ فِِ دَلْوِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَة
Dari Abu Dzar, beliau berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan kebaikan dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. Tirmidzi).
Senyummu sedekahmu / img pexels.com
Rasulullah Saw. adalah orang yang murah senyum, dan beliau terbiasa menebar senyum kepada orang-orang yang ditemuinya. Abdullah bin Al Harits bin Jaz‟i Ra. berkata: “Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah Saw..” (HR. Tirmidzi). Kata bijak mengatakan, “Senyuman meluruhkan kejenuhan, mengembirakan yang tak semangat, menyinari yang sedih, dan senyuman adalah penawar masalah.”

Senyum yang terlihat sepele dan sedikit saja itu adalah sebuah sedekah, yang artinya kita akan mendapatkan pahala jika tersenyum kepada orang lain. Makna berikutnya adalah meskipun kebaikan itu sedikit namun bisa menjadi pahala yang besar bagi kita karena manfaatnya yang bisa dirasakan oleh orang banyak. Misalnya dalam hadis lain disebutkan bahwa menyingkirkan duri dari jalan itu pun adalah kebaikan dan termasuk sedekah.

Dengan tersenyum kita telah menebarkan rahmat dan kedamaian kepada sesama manusia, karena dengan senyuman berarti terjalin persaudaraan yang erat dan jauh dari permusuhan. Tanpa tersenyum berarti bisa menunjukkan arti sebaliknya, dimana bisa terjadi permusuhan atau hubungan yang tidak harmonis. Oleh karenananya, senyum yang meskipun terlihat hal sepele itu bisa disebut sedekah karena bisa menarik hal-hal indah yang lebih besar.

Tersenyumlah karena senyum adalah sedekah. Kata bijak mengungkapkan, “Sebagian orang merasa terlalu lelah untuk memberimu sebuah senyuman. Maka berilah ia senyuman termanismu, karena tak seorang pun yang butuh senyuman semanis dia yang tidak lagi memiliki apapun untuk diberikan.” Senyuman akan mengundang perdamaian karena senyuman adalah jarak terdekat antara satu orang dengan orang lain. “Tetaplah tersenyum, karena kehidupan adalah sesuatu yang indah dan mengundang senyuman.” (Marilyn Monroe).

Hadis-hadis Tentang Tersenyum

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ رواه الترمذي

عن عبد الله بن الحارث رضي الله عنه قال: «مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَكْثَرَ تَبَسُّمًا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم» رواه الترمذي

عن جرير بن عبد الله رضي الله عنه قال ما حجبني النبي صلى الله عليه وسلم منذ أسلمت ، ولا رآني إلا تبسم في وجهي ، ولقد شكوت إليه أني لا أثبت على الخيل ، فضرب بيده في صدري وقال : ( اللهم ثبته ، واجعله هاديا مهديا )

Hr. Bukhari

عن المسور بن مخرمة قال سمعت الأنصار أن أبا عبيدة قدم بمال من قبل البحرين وكان النبي صلى الله عليه وسلم بعثه إلى البحرين فوافوا مع رسول الله صلى الله عليه وسلم صلاة الصبح فلما انصرف [ رسول الله صلى الله عليه وسلم ] تعرضوا له فلما رآهم تبسم وقال لعلكم سمعتم أن أبا عبيدة بن الجراح قدم وقدم بمال قالوا أجل يا رسول الله قال أبشروا وأملوا خيرا فوالله ما الفقر أخشى عليكم ولكن إذا صبت عليكم الدنيا فتنافستموها كما تنافسها من كان قبلكم

عن ابن عباس وابن عمر كان لا يحدث حديثا إلا تبسم
Dari Ibnu Abbas dan Ibnu Umar, bahwa konon Nabi tidaklah berkata kecuali dengan senyuman
عن جرير بن عبد الله البجلي رضي الله عنه يقول ما رآني رسول الله منذ أسلمت إلا تبسم في وجهي
Dari Jarir bin Abdullah al-Bakhli Radhiyallahu anhu beliau berkata: Rasulullah Saw. tidak melihatku sejak aku masuk Islam kecuali dengan tersenyum di wajahku.
عن جابر بن سمرة جالست النبي أكثر من مائة مرة ، وكان أصحابه يتناشدون الشعر ، ويتذاكرون أشياء من أمر الجاهلية وهو ساكت ، وربما تبسم معهم

عن عبد الله بن المقفل قال أصبت جرابا من شحم ، يوم خيبر . قال : فالتزمته . فقلت : لا أعطي اليوم أحدا من هذا شيئا . قال : فالتفت فإذا رسول الله صلى الله عليه وسلم متبسما .