Halloween party ideas 2015


Artikel ini adalah bagian dari buku Membangkitkan Hidup dengan Mutiara Hadis Rasulullah Saw. Serial Motivasi Hadis Nabi.

Hadis Motivasi Hidup, Kerja dan Belajar: Manfaatkan Segala Potensi Yang Ada

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ كَانَتْ لَهُ أَرْضٌ فَلْيَزْرَعْهَا فَإِنْ لَمْ يَزْرَعْهَا فَلْيُزْرِعْهَا أَخَاهُ
Dari Jabir bin Abdullah, beliau berkata: “Rasulullah Saw. bersabda, ‘Barangsiapa yang memiliki tanah, hendaknya ditanaminya. Jika dia tak sanggup menanaminya (sendiri), hendaknya saudaranya yang menanaminya’.” (HR. Muslim).

Rasulullah Saw. memberi motivasi kita agar memanfaatkan dan menggunakan segala sesuatu supaya semua anugerah itu menjadi produktif dan menghasilkan. Tidak boleh ada lahan kosong yang tidak digunakan. Demikianlah cerminan dari hadis di atas. Walaupun hanya berbicara pada persoalan tanah kosong, tetapi esensi generalnya adalah segala potensi yang belum dimanfaatkan. Abdullah Gymnastiar mengatakan, “Beruntunglah bagi orang yang dititipi potensi kelebihan dan dikaruniakan kesanggupan oleh Allah untuk memanfaatkannya bagi kebaikan masyarakat.”

Kesadaran terhadap segala anugerah potensi mampu mengantarkan seseorang pada kesuksesan. Berapa banyak orang yang diberi tubuh kuat dan pikiran cerdas, tetapi karena ia tidak menyadari potensi tersebut pekerjaan yang dijalani hanya meminta-minta. Abdullah Gymnastiar mengatakan, “Orang yang paling mulia dalam pandangan Allah adalah yang berhasil membaca, menggali dan memompa potensi diri hingga bisa berbuat yang terbaik di jalan Allah.” Charles de Gaulle juga mengatakan, “Orang yang berkarakter menemukan daya tarik khusus dalam kesulitan karena hanya lewat kesulitan ia dapat menyadari potensi-potensinya.”

Setiap orang pasti memiliki potensi yang luar biasa. Cobalah temukan di dalam diri Anda. Seringkali manusia sengsara karena tidak mengetahui potensi dalam dirinya. Allah menciptakan manusia dengan ciptaan yang sempurna. Walaupun mungkin ada ketidaksempurnaan, tetapi pasti di sisi tertentu ada mutiara kesempurnaan yang luar biasa. Abdullah Gymnastiar berkata, “Visioner memiliki strategi yang tepat, dapat membaca potensi dan menyinergikannya, serta mampu memotivasi adalah syarat bagi seorang pemimpin besar.”[]



Powered by Blogger.