Halloween party ideas 2015


Arti Nama Khadijah / bafbouf.com
Jika anda sedang bertanya tentang arti nama Khadijah maka anda berada di halaman yang tepat. Khadijah adalah nama yang dipakai sejak masa lama sekali dan banyak dipakai sebagai nama indah oleh masyarakat muslim.

Nama Khadijah ini sangat populer di kalangan orang muslim karena diambil dari nama Sayyidah Khadijah Binti Khuwailid ra. yang tak lain adalah isteri Nabi Muhammad Saw. Bisa dibilang bahwa siti Khadijah adalah isteri utama dan paling mulia di antara isteri nabi Muhammad lainnya.

Siti Khadijah memiliki akhlak yang mulia dan memiliki semgat yang sangat besar untuk agama Islam sehingga nama siti Khadijah banyak dijadikan nama oleh umat Islam untuk anak-anak mereka.  Demikian ini karena umat Islam ingin agar anak mereka seperti siti Khadijah yang memiliki sifat mulia.

Arti Nama Khadijah

Nama Khadijah dalam kamus-kamus bahasa disebutkan sebagai nama yang diberikan kepada bayi perempuan. Nama ini berasal dari bahasa Arab.

Arti Khadijah dalam bahasa Arab adalah bayi yang dilahirkan sebelum waktunya atau sebelum sempurna masa kehamilan serta lahir dalam keadaan hidup. Bayi ini disebut dengan Khadija atau Khadijah. 

Adapun nama bahasa Arab yang ada hubungannya dengan nama Khadijah adalah Khuduj dan Khudaij.

Khadijah Istri Nabi

Nama Khadijah merupakan nama agung bagi umat Islam karena nama ini merupakan nama dari Istri pertama nabi Muhammad Saw. Siti Khadijah adalah perempuan pertama yang mengimani kenabian Muhammad serta mengikuti petunjuk dari Nabi tersebut.

Diceritakan bahwa Siti Khadijah shalat bersama Nabi dan Ali di Mina, dan mereka adalah Nabi dan dua orang muslim pertama yang mengikuti Nabi.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Dari Afif bin Amr dia berkata:
 كُنْتُ امْرَأً تَاجِرًا وَكُنْتُ صَدِيقًا لِلْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، فَقَدِمْتُ لِتِجَارَةٍ فَنَزَلْتُ عَلَى الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ بِمِنًى ، فَجَاءَ رَجُلٌ فَنَظَرَ إِلَى الشَّمْسِ حِينَ مَالَتْ فَقَامَ يُصَلِّي ، ثُمَّ جَاءَتِ امْرَأَةٌ فَقَامَتْ تُصَلِّي ، ثُمَّ جَاءَ غُلَامٌ حِينَ رَاهَقَ الْحُلُمَ فَقَامَ يُصَلِّي ، فَقُلْتُ لِلْعَبَّاسِ : مَنْ هَذَا ؟ فَقَالَ : هَذَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ ابْنِ أَخِي يَزْعُمُ أَنَّهُ نَبِيٌّ ، وَلَمْ يُتَابِعْهُ عَلَى أَمْرِهِ غَيْرُ هَذِهِ الْمَرْأَةِ وَهَذَا الْغُلَامُ وَهَذِهِ الْمَرْأَةُ خَدِيجَةُ بِنْتُ خُوَيْلِدٍ امْرَأَتُهُ ، وَهَذَا الْغُلَامُ ابْنُ عَمِّهِ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ قَالَ عَفِيفٌ الْكِنْدِيُّ : وَأَسْلَمَ وَحَسُنَ إِسْلَامُهُ ، لَوَدِدْتُ أَنِّي كُنْتُ أَسْلَمْتُ يَوْمَئِذٍ فَيَكُونُ لِي رُبْعُ الْإِسْلَامِ

Terjemahannya:
“Dahulu aku adalah seorang pedagang dan aku berteman dengan al-Abbas bin Abdulmuttalib di zaman jahiliyyah, lalu akupun datang (ke Makkah) untuk berdagang dan akupun singgah di (rumah) Al-Abbas di Mina. Kemudian datanglah seorang laki-laki dan ia melihat pada matahari ketika telah tergelincir dan dirinya pun berdiri untuk shalat. Lalu datanglah seorang perempuan dan berdiri untuk shalat, lalu datanglah seorang anak kecil yang mendekati umur baligh berdiri untuk shalat. Lalu aku pun bertanya kepada Al-Abbas: “Siapakah ini? Dia lantas menjawab: “Ini adalah Muhammad bin Abdillah bin Abdil Muththalib keponakanku yang mengaku dirinya sebagai nabi dan tak ada seorangpun yang mengikutinya selain perempuan dan anak kecil ini, perempuan ini adalah Khadijah binti Khuwailid istrinya dan anak ini adalah keponakannya Ali bin Abi Thalib. Afif al-Kindi berkata: “Dan dia (Ali bin Abi Thalib) masuk Islam dan keislamannya menjadi tambah bagus, jika saja aku masuk Islam ketika itu niscaya aku akan menjadi satu dari empat orang Islam.”

Arti Nama Khadijah Menurut Beragam Sumber

Berikut ini adalah arti dan informasi mengenai nama dari Khadijah yang diambil dari beragam sumber:

Khadijah

Berasal dari bahasa Arab, jenis kelamin Perempuan, artinya: Bayi yang lahir sebelum waktunya dengan selamat

Khadijah

Berasal dari bahasa Arab, jenis kelamin Perempuan, berarti: Perempuan kaya terhormat di masyarakat Quraisy

Khadijah

Berasal dari bahasa Arab, kelamin Perempuan, berarti atau bermakna: Istri Nabi Muhammad

Khadijah

Berasal dari bahasa Arab, berjenis kelamin Perempuan, berarti: Perempuan terpandang

Sifat Bayi Yang Menggunakan Nama Khadijah

Menurut beberapa sumber, bayi perempuan yang menggunakan nama Khadijah disifati dengan beberapa sifat. Antara lain adalah anak tersebut disifati sebagai pribadi yang memiliki sifat sabar dan pribadi yang kuat. 

Perempuan yang menggunakan nama Khadijah dideskripsikan sebagai pribadi yang memiliki sifat mulia, mudah memberi, mudah menolong dan menebarkan cinta dan kebaikan. Juga disifati dengan pribadi yang mudah bersosialisasi, memiliki kecerdasan yang tinggi dan budi yang luhur.

Para Tokoh Yang Menggunakan Nama Khadijah

Khadijah dari Maladewa, Sultana dari Maladewa dari 1347 hingga 1380
Turhan Hatice Sultan, selir Raja Turki Usmani, yaitu Sultan Ibrahim I
Hatice Muazzez, istri Raja Turki Usmani, yaitu Sultan Ibrahim I, berkebangsaan Yahudi Polandia 
Khadija Gayibova, pianis berkebangsaan Azerbaijan (1893–1938)
Khadija Abbouda, atlet dari Maroko
Khadija Ahrari, politisi dari Afghanistan

Khadija al-Salami, produser film dari Yaman
Khadija Amin, politisi dari Partai Nasionalis Bangladesh dan Anggota Parlemen
Khadija Arib, politisi dari Belanda
Khadijah Farrakhan, istri dari Louis Farrakhan
Khadijah Hashim, jurnalis dan guru dari Malaysia
Khadija Ismayilova, jurnalis dari Azerbaijan

Khadija Mumtaz, penulis bahasa dari Malayalam
Khadija Qalanjo, penyanyi dan penari dari Somalia
Khadija Salum Ally Al-Qassmy, politisi dari Tanzania
Khadijah Whittington, Pemain bola basket dari Amerika

Itulah informasi tentang Apa Arti Nama Khadijah. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan anda inspirasi dalam memberikan nama bagus bagi putri anda.


Powered by Blogger.