Halloween party ideas 2015


Untuk memutuskan suatu pekerjaan sebagai reporter, maka pertanyaan pertama yang harus anda tanyakan pada diri anda sendiri adalah "haruskah saya menjadi seorang Reporter?" Jika iya dan mantap dan sekiranya punya kencenderungan dan skill dalam bidang reporter dan liputan berita maka anda punya kesempatan untuk berkarir dalam dunia reporter ini.
Bagaimana Cara Menjadi Reporter? Tentang Pendidikan dan Karir Sebagai Reporter img wikimedia.org
Reporter atau juga disebut sebagai jurnalis, adalah profesi pada berita yang menginformasikan kepada publik tentang suatu kejadian terkini. Reporter ini bisa bekerja di media cetak, online, televisi atau radio. Seorang wartawan akan mengumpulkan informasi dengan menyelidiki, meneliti data, dan melakukan wawancara sebelum menyusun dan menyampaikan berita kepada publik.

Para karyawan yang bekerja di radio dan televisi dapat merekam siaran berita mereka langsung dari tempat kejadian dan sering diminta untuk melakukan perjalanan dalam waktu mendadak secara luas terkait dengan kejadian yang ada. Beberapa lokasi mungkin memiliki potensi bahaya, seperti yang terkait dengan perang atau bencana alam.

Persyaratan Karir Reporter

Tingkat Gelar: Gelar sarjana (minimum)
Bidang Gelar: Jurnalisme, komunikasi atau bidang terkait, seperti bahasa Inggris atau ilmu politik
Pengalaman: Lebih disukai pengalaman dari pada kegiatan magang
Keterampilan: Objektif dan gigih; keterampilan komunikasi dan interpersonal yang kuat juga penting; dapat menggunakan perangkat lunak basis data, seperti FileMaker Pro atau Microsoft Access, serta perangkat lunak analisis statistik; harus terbiasa dengan aplikasi media sosial; stamina fisik dan jadwal yang fleksibel
Gaji: Butuh sumber lebih valid

Langkah-langkah untuk Menjadi Reporter

Langkah 1: Dapatkan Gelar Sarjana

Seorang wartawan pada umumnya diharuskan memiliki setidaknya gelar sarjana dalam bidang jurnalisme, komunikasi, atau jurusan penulisan media terkait. Program gelar sarjana biasanya memakan waktu empat tahun dan pendidikan lain dengan instruksi pelaporan.

Kursus yang diperlukan dapat meliputi:
Jurnalisme koran
Menulis liputan
Pelaporan investigasi
Penyiaran
Pelaporan olahraga
Jurnalisme Foto
Pengeditan berita
Hukum media

Pelajar biasanya memilih kursus yang diarahkan pada jenis media tertentu; misalnya, mereka yang tertarik dalam penyiaran dapat mengambil pilihan dalam penulisan radio dan televisi.

Saat ini banyak sekolah atau lembaga pendidikan yang memiliki stasiun radio, televisi atau media online sendiri yang dikelola oleh siswa. Terlibat dalam pelaporan atau produksi berita adalah cara yang baik bagi siswa untuk mendapatkan wawasan lapangan. Hal ini bisa dipadu dengan berkolaborasi dengan siswa lain pada proyek dunia nyata.

Selain itu, memiliki jaringan dengan para profesional di lapangan adalah cara yang baik bagi siswa untuk membuat koneksi untuk karir masa depan mereka. Mengambil keuntungan dari kunjungan lapangan dan acara-acara alumni di beberapa sekolah dapat membuka pintu untuk membuat koneksi seperti itu.

Langkah 2: Selesaikan Magang

Pengalaman praktis dapat bermanfaat untuk menemukan pekerjaan dalam hal reportasi ini. Mahasiswa dalam program perguruan tinggi atau lulusan yang mencari pengalaman dapat menemukan pelatihan langsung dengan memasukkan kegiatan magang ke dalam kurikulum jurnalisme; jika tidak, calon jurnalis dapat secara mandiri mengejar program magang melalui surat kabar, majalah, media online atau stasiun penyiaran. Peserta magang dapat berfungsi sebagai reporter, blogger, editor atau asisten siaran, di antara posisi lain.

Langkah 3: Berusaha Mencari Pekerjaan

Lulusan program gelar jurnalistik dapat menemukan pekerjaan dengan surat kabar, majalah dan stasiun siaran dalam level kecil dahulu. Reporter dapat memulai pencarian pekerjaan dengan meminta daftar pekerjaan dari departemen jurnalisme perguruan tinggi mereka.

Ketika melamar, surat pengantar dan resume harus dibuat dengan tata bahasa benar dan bebas dari kesalahan ketik untuk menunjukkan keterampilan menulis dan perhatian terhadap detail sebuah catatan. Pengusaha juga dapat meminta sampel tulisan yang telah diterbitkan di surat kabar atau majalah.

Langkah 4: Lanjutkan dalam Memperdalam Pengalaman

Reporter biasanya mulai di posisi level bawah sebagai reporter umum. Ketika mereka berkembang secara profesional, wartawan ini dapat mengambil tugas yang lebih kompleks dan beralih ke publikasi yang lebih besar atau stasiun penyiaran. Beberapa wartawan menjadi spesialis dalam bidang penulisan berita tertentu, sementara yang lain naik pangkat ke pekerjaan sebagai editor atau direktur.

Kesimpulan: Karir sebagai wartawan membutuhkan setidaknya gelar sarjana dalam bidang jurnalisme, komunikasi atau bidang terkait dan mungkin perlu pengalaman dan sampel kerja.


Powered by Blogger.