Halloween party ideas 2015


Selain studi al-Quran, dalam keilmuan Islam studi Hadis bisa dibilang merupakan studi penting dalam rangka mempelajari segala hal yang berkaitan dengan Nabi. Hal ini tidak lain karena Nabi adalah pembawa al-Quran yang berarti manusia yang paling memahami al-Quran adalah Nabi.

Berikutnya adalah karena akhlak Nabi adalah al-Quran, sehingga ucapan dan perbuatan nabi bisa dijadikan sebagai sumber hukum bebarengan melengkapi al-Quran. Disinilah pentingnya studi hadis.
Kumpulan Sumber Refrensi Kitab Studi Hadits Paling Terkenal Yang Banyak Dikaji
Pengertian hadis sendiri adalah segala hal yang disandarkan kepada Nabi baik perbuatan, perkataan, persetujuan, atau keinginan Nabi.

Hadis ditransfer secara turun-temurun dari generasi ke generasi, ditashih, dibukukan, kemudian sampai kepada kita berupa riwayat-riwayat dalam beragam kitab induk.

Para ulama sepakat bahwa Hadis merupakan sumber hukum kedua setelah al-Quran dalam menentukan hukum Islam.

Selain itu, hadis juga menjadi penguat hukum dalam al-Quran, pelengkap, juga penjelas hukum atau ayat al-Quran yang masih samar.

Studi hadis memiliki ruang lingkup yang sangat luas, seperti isi hadis, ilmu hadis, ilmu rawi, ilmu ushul hadis, ilmu matan dan lain sebagainya. 

Dari situlah muncul banyak sekali kitab rujuan atau referensi studi hadis yang dikarang oleh para ulama.

Di antara kitab itu ada yang terkenal sehingga banyak dikaji hingga sekarang. Rujukan kitab hadis dalam studi hadis bisa menjadi kepentingan yang mutlak jika hendak mengkaji hadis secara lebih serius.

Kitab Referensi dan sumber Rujukan Studi Ilmu Hadith

Beberapa kitab sebagai referensi dan sumber rujukan dalam studi hadis atau kajian hadis di antaranya adalah:

1. Ma'rifatu Ulumul Hadis Karya al-Hakim Naisaburi
2. Fathul Mughis bisyarhi Alfiyatil Hadis Karya Abdurrahman al-Sakhawi
3. Manzumatul Bayquniy Karya Thaha Muhammad al-Bayquni
4. Al-Madhkhal Ila al-Shahih Karya Al-Hakim al-Naisaburi
5. Marifatul Anwai Ulumil Hadis Karya Ibnu Shalah



Powered by Blogger.