Halloween party ideas 2015


Çatalhöyük adalah salah satu situs purbakala yang paling kuno dan terkemuka di Turki. Tempat ini konon dibangun pada periode Neolitikum, dan terletak di dekat kota distrik Çumra di provinsi Konya.

Çatalhöyük kini diperkirakan berusia 9 ribu tahun dan merupakan salah satu tempat pertama yang dihuni selain di daerah Timur Tengah atau Mesopotamia.

Tatanan sosial menyebutkan bahwa ada kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di Çatalhöyük di mana orang-orang tinggal di rumah yang sama dengan orang-orang yang tidak memiliki kerabat biologis dan dimakamkan bersama.

Selain itu penelitian juga mengungkap tentang simbolisme dan seni yang berkembang.

Kota Kuno di Turki / img sputniknews.com
Situs ini pertama kali ditemukan pada akhir 1950-an dan digali oleh James Melaart antara tahun 1961 dan 1965.

Situs ini dengan cepat dikenal oleh dunia internasional karena ukurannya yang besar dan padatnya pendudukan pemukiman, serta lukisan dinding yang spektakuler dan seni lainnya yang ditemukan.

Sejak tahun 1993, tim arkeolog internasional, yang dipimpin oleh Profesor Ian Hodder dari Universitas Stanford, telah melakukan penggalian dan penelitian baru untuk mengetahui lebih banyak tentang orang-orang yang menghuni situs tersebut.

Pada Juli 2012, Çatalhöyük terdaftar di Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Ian Hodder dalam hasil penelitiannya menyebutkan hal berikut:

Dengan teknik ilmiah modern yang kita gunakan, kita telah melihat bahwa pria dan wanita makan hal-hal yang sangat mirip, menjalani kehidupan yang sangat mirip, bekerja dalam pekerjaan yang sama, dan memberikan status sosial yang sama kepada pria dan wanita.

Kami belajar bahwa ada pendekatan yang lebih setara antara pria dan wanita daripada yang dipikirkan orang.

Selain itu, kita telah melihat bahwa orang-orang yang dimakamkan di bawah rumah-rumah tidak secara biologis terkait satu sama lain dan tidak berasal dari keluarga yang sama.

Mereka hidup sebagai keluarga, tetapi tidak secara biologis, orang tua mereka sama.

Karena itu, ketika Anda lahir di Çatalhöyük, Anda tidak tinggal bersama orang tua kandung Anda, Anda dapat hidup dengan orang lain.
Gambaran masyarakat Çatalhöyük / img dunyalilar.org
Yayasan Budaya Turki (TCF) telah menjadi sponsor proyek penggalian Çatalhöyük selama beberapa tahun.

Hibah TCF dialokasikan untuk membangun tempat berlindung di atas lokasi penggalian, dan untuk membantu meningkatkan akses dan informasi di lokasi tersebut.

TCF bekerja dengan Global Heritage Fund di California dalam proyek ini. Untuk lebih memperluas pengetahuan tentang Çatalhöyük, TCF telah melakukan peenelitian Çatalhöyük selama bertahun-tahun.


Powered by Blogger.