Halloween party ideas 2015


 Ibnu Juraij nama dan julukan lengkapny adalah Imam Allamah al-Hafidz Abdul Malik bin Abdul Aziz bin Juraij Abul Walid al-Qursy al-Umawi Maulahum al-Makki, Syeikh tanah Haram, Alim nya orang Mekah setelah gurunya Atha'

Beliau lahir pada tahun 80 H dan wafat pada tahun 150 H. Lebih lengkapnya bisa dibaca disini: Biografi Ibnu Juraij

Tafsir Ibnu Juraij

Mengenai tafsir Ibnu Juraij, menurut penelitian, tafsir Ibnu Juraij ditransferkan melalui beberapa riwayat dan bentuk sehingga penulis sendiri belum menemukan penafsiran yang secara utuh berdasarkan tulisan dari beliau. 

Ibnu Juraij memiliki tafsir yang beliau bacakan kepada para muridnya. Di antara para muridnya yang mendengar adalah Imam al-Hafidz Abu Muhammad, Hajjaj bin Muhammad al-Mashishi al-A'war. Hajjaj pun mengarang tafsir yang berisi banyak riwayat dari Ibnu Juraij selain ia juga meriwayatkan dari selain Ibnu Juraij.

Setelah Ibnu Juraij dan Hajjaj pun muncul Sunaid yang bernama lengkap Hasan bin Dawud, yang juga mengarang tafsir dengan riwayat dari Hajjaj.

Dengan demikian ada tiga tafsir:
Pertama adalah tafsir milik ibnu Juraij, lalu tafsir karya Hajjaj yang berisi banyak riwayat dari gurunya atau Ibnu Juraij, Lalu tafsirnya Sunaid dimana banyak riwayat dari Hajjaj dalam tafsir tersebut.

Namun kali ini kita akan membahas tentang tafsir Ibnu Juraij yang merupakan kumpulan riwayat tafsir yang berasal dari Ibnu Juraij yang dikarang oleh Ali Hasan Abdul Ghani.

Tafsir Ibnu Juraij karya Ali Hasan Abdul Ghani

Tafsir ini merupakan kitab yang mengumpulkan penafsiran khusus dari Ibnnu Juraij yang dikumpulkan dari sumber-sumber kitab tafsir bil-Ma'tsur. Pengarang tafsir ini mengumpulkan riwayat yang disandarkan kepada ibnu Juraij, lalu diseleksi menggunakan ilmu ushul hadis dan dikarang dengan sistematisasi urutan surah dalam mushaf. 

Penulisnya juga memberikan isyarat atau tanda sumber mengenai riwayat tafsir tersebut juga menyebutkan jalur riwayat sehingga tafsir ini sampai pada sumbernya yaitu Ibnu Juraij. 

Kitab tafsir Ibnu Juraij ini diterbitkan oleh Maktabah Turas al-Islami yang beralamatkan di Kairo. 

Adapun sumber-sumber tafsir Ibnu Juraij ini adalah:
1. Tafsir Jamiul Bayan Karya Ibnu Jarir al-Thabari
2. Maalimut Tanzil Karya Abu Muhammad Husain al-Farra
3. Al-Jami Li ahkamil Quran karya Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Qurtubi.
4. Tafsir al-Bahru al-Muhit karya Abdullah bin Muhammad bin Yusuf bin ALi bin Abu Hayyan
dan beragam tafsri lainnya.

Sumber berikutnya adalah kumpulkan kitab Biografi Ulama dan Kitab Rijal seperti Tarih Kabir karya al-Bukhari. 

Kitab-kitab ulumul quran juga menjadi rujukan dimana penafsiran Ibnu Juraij juga disebutkan disana. 

Your web browser doesn't have a PDF plugin. Instead you can click here todownload the PDF file.

 Itulah seluk-beluk tetnang tafsir Ibnu Juraij. Anda bisa membacanya pada bagian di atas ini. Kitab tafsir ini juga menjadi pelengkap dari khazanah keilmuan Islam terutama bidang tafsir.


Powered by Blogger.