Halloween party ideas 2015


Turki sebagai negara yang memiliki budaya yang super beragam, membuatnya memiliki ciri khas yang kaya dalam hal kultur dan budaya. Kultur budaya ini juga mempengaruhi barang perhiasan, souvenir dan benda oleh-oleh yang biasanya dijajakan kepada para turkis yang berkunjung.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman belanja barang-barang oleh-oleh di Turki. Kali ini saya berbelanja di kota Konya Turki.

Sebenarnya saya berbelanja bukan karena kebutuhan saya sendiri, melainkan di kantor tempat saya bekerja ada pembeli yang datang dari negara Oman. Mereka mengunjungi pabrik dalam rangka hendak membeli mesin makanan.

Oleh karenanya, saya bersama bos menjamu mereka untuk berkeliling di pusat kota Konya. Dan tujuan utama kami adalah makam Maulana Ar-Rumi.

Beragam Souvenir Khas Turki Menarik

Salah satu toko yang kami kunjungi adalah toko yang menyediakan beragam jenis souvenir antik dan kebanyakan barangnya buatan tangan alias handmade. Ada banyak barang-barang misalnya emas, tembaga, perunggu, marmer, keramik, kayu kain dan beragam bahan lainnya. 

Barang-barang tersebut dibentuk menjadi kalung, cincin, patung, gelas, cangkir, piring, lampu, gantungan, nazar boncu (semacam jimat) dan banyak sekali jenis lainnya.

Cincin dan perhiasan sebagai souvenir di Turki / photo: dokumen pribadi

Disini saya berfoto di meja tempat si pemilik toko duduk. Ada banyak sekali akik yang dibuat dari beragam macam batu. Warnanya beragam semakin indah dengan paduan cincin yang dibuat dari emas. 

Produk yang dipadu dengan marmer dan emas pun cukup populer di toko ini. Sayang tidak ada gambarnya, kami menanyakan harga vas dari marmer dengan ukuran satu jengkal tangan, harganya 440 usd an kalau dikonversi ke Rupiah sekitar 6 jutaan.
Cincin dan perhiasan sebagai souvenir di Turki / photo: dokumen pribadi

Beragam kalung dan tasbeh juga menjadi souvenir khas Turki yang bisa dibeli dengan harga bervariasi. 

Di Turki, salah satu produk tasbih dengan harga mahal adalah tasbih yang dibuat dari Amber atau Gemstone. Amber adalah batu yang terbuat dari fosil resin yang tercipta sejak zaman neolitik atau zaman batu akhir.

Batu Amber memiliki warna kuning natural. Bisa jadi di dalamnya terdapat hewan atau tumbuhan yang telah menjadi fosil. Satu tasbeh yang terbuat dari batu Amber bisa berharga kisaran 10 jutaan.

Jika anda belanja barang antik atau souvenir apapun di Turki, pastikan barang tersebut adalah original. Untuk barang-barang mahal seperti Amber tersebut, cara mengetahuinya pasti jika anda adalah orang yang ekspert dalam hal batu-batuan dan barang antik. 

Jika anda belanja di sekitar makam Jalaluddin Ar-Rumi, maka sempatkan untuk melewati pintu keluar yang bukan menuju masjid. Yaitu pintu keluar menuju parkir. Di sana anda bisa menemukan rumah-rumah yang menjual barang-barang unik, barang antik, perhiasan, cincin, kaligrafi dan beragam barang lainnya.

Cincin dan perhiasan sebagai souvenir di Turki / photo: dokumen pribadi

Apakah bisa menawar di toko-toko semacam ini? Tentu saja bisa. Tawarlah secara wajar barang-barang disini. Katakanlah kalau anda orang Indonesia, biasanya penjual di Turki akan senang dengan orang Indonesia dan bisa memberikan harga spesial.


Powered by Blogger.