Halloween party ideas 2015


Ciplukan atau bisa disebut ceplokan atau ceplukan adalah nama buah yang biasanya dengan mudah ditemukan di tanah kosong, sawah atau hutan yang hidup liar bersama rerumputan liar. Pohonnya tingginya sekitar sampai paha orang dewasa.

Ukuran buahnya berukuran kecil seperti kelereng. Buahnya terbungkus oleh penutup yang berbentuk seperti persegi sehingga mirip lampu minyak khas Cina. Buahnya yang matang akan berwarna kekuningan.

Bagi anak-anak desa seperti saya ini, ciplukan adalah makanan cemilan yang dimakan ketika bermain di sawah atau dilapangan. Buahnya yang manis agak ada asam sedikit menjadi santapan lezat untuk sekedar cari sensasi seger-segeran di tengah terik matahari.

Siapa tahu ternyata harga buah dari tanaman yang dianggap liar di Indonesia ini harganya bisa sampai ratusan ribu perkilonya.

Harga Ciplukan Di Luar Negeri Ini Mahal Banget

Waktu itu kami sekeluarga jalan-jalan ke market terbesar yang menyediakan barang impor di Konya Turki. Kami sebenarya sedang mencari kepiting, dimana kepiting juga termasuk barang super langka. Market ini berada di dekat pusat kota.

Setelah masuk market kami langsung menuju ke tempat produk ikan. Namun ternyata kepiting yang kami cari tidak ada. Adanya udang dan cumi-cumi serta ikan-ikan biasa seperti salmon dan makarel. 

Lalu kita melanjutkan jalan-jalan menuju bagian bumbu-bumbu dan kami menanyakan santan kelapa apakah ada. Ternyata ada dan harganya mencapai 80 ribuan satu liternya. Kita jadi beli yang ukurang kecil yang harganya kisaran 20 ribu.

Lalu kita jalan-jalan ke bagian sayur, dan akhirnya kita menemukan ciplukan atau ceplukan, pertama kali kita lihat di luar negeri.
Harga Ciplukan Di Luar Negeri Ini Mahal Banget / photo: dokumen pribadi
Pas melihat harganya waw. Ternyata per 100 gramnya dihargai 19 TL atau sekitar 47.000 Rupiah. Kalau 1 kg berarti 470.000 kan? Wah jadi pengen jualan ciplukan di Turki.

Melihat ciplukan atau ceplukan di luar negeri ini membuat saya tidak tertarik untuk menyentuhnya. Apalagi setelah melihat harganya yang luarbiasa waw fantastis super mahal ini, padahal dulu waktu kecil dan suka mbolang di sawah dan belakang rumah sering makan buah dari tanaman liar ini. 

Tapi setidaknya saya bisa bersyukur dulu pernah makan buah tanpa batas sesuka-sukanya dimana harganya ternyata mencapai ratusan ribu rupiah perkilonya.

Disebut Dengan Nama Strawberry Emas

Dalam bahasa Turki, ciplukan atau ceplukan disebut dengan nama Altın çilek atau dalam bahasa Indonesianya adalah Strawberry Emas. Buah ceplukan ini dikenal sebagai buah yang memiliki manfaat yang banyak.

Buah ciplukan ini disebut-sebut sebagai buah yang kaya akan karoten, vitamin B1, B2, B3 dan C. Penuaan dini adalah salah satu masalah yang konon bisa diatasi dengan ciplukan ini. Stroberi emas disebut-sebut sangat efektif dalam mengurangi kehilangan memori dan memperlambat penuaan.


Powered by Blogger.