Halloween party ideas 2015


Surah al-Kahfi adalah termasuk surah yang populer dan sering kita dengar namanya. Surah ini memang cukup masyhur karena salah satunya karena isinya yang mengandung cerita fenomenal, yaitu Ashabul Kahfi atau penduduk gua.

Singkat cerita, ada sekelompok orang beriman yang dikejar-kejar oleh raja yang zalim. Mereka menemukan sebuah gua dan tidur di sana.

Setelah bangun terjadi perdebatan tentang berapa lama mereka tidur. Lalu disuruhlah seseorang dari mereka untuk mencari tahu informasi di kota.
Keutamaan-dan-Keajaiban-Membaca-Surah-Al-Kahfi-Lengkap
Dan betapa kagetnya mereka setelah mengetahui bahwa mereka sangat lama tertidur, hingga zaman berubah dan raja yang zalim itu meninggal dan digantikan dengan raja yang baru. 

Tentang Surah al-Kahfi

Surat Al Kahfi yang berisi cerita tentnag Ashabul kahfi ini merupakan salah satu dari surat dalam Al-Qur’an yang ada dalam juz 15 dan di awal juz 16.

Surat Al Kahfi merupakan golongan surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Dalam surat Al Kahfi ini terdapat sebanyak 110 ayat dan merupakan surat ke 18 dari keseluruhan 114 surat yang terdapat dalam Al-Quran.

Kata al-Kahfi berasal dari bahasa Arab:الكهف, al-Kahf, yang berarti "Gua". Surah ini dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Para Penghuni Gua.

Kedua nama al-Kahfı dan Ashabul Kahfı ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surah ini pada ayat 9 hingga 26, tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam sebuah gua hingga bertahun-tahun lamanya.

Surah al-Kahfi tidak hanya menceritakan tentang penduduk gua saja. Terdapat pula beberapa cerita dalam surat al-Kahfi ini.

Misalnya Ya'juj dan Ma'juj, pemilik kebun yang beriman dan pemilik kebun yang berkelakuan buruk, kisah Dzul Qarnain dan beragam cerita lainnya.

Semua cerita dalam surah al-Kahfi mengandung pelajaran-pelajaran yang berguna untuk kehidupan manusia.

Keutamaan dan Keajaiban Membaca Surah Al Kahfi 

Surah al-Kahfi memiliki kelebihan tersendiri. Surat Al Kahfi ini merupakan salah satu surat dalam Al quran yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan, dimana umat islam dianjurkan untuk mengamalkan dan membacanya, bahkan lebih dari itu, yaitu menghafalnya.

Dalam beberapa hadis pun ditemukan bahwa Rasullulah saw sangat menganjurkan umatnya untuk membaca surah al-Kahfi ini di hari jum’at atau malam jum’at.

Mari kita simak penjelasan berikut ini mengenai keutamaan surat al Kahfi :

1. Menghindarkan Pembaca al-Kahfi dari fitnah dajjal

Fitnah dajjal sangatlah dahsyat. Bahkan konon tidak ada manusia yang tidak menghadapi fitnah dajjal ini. Hanya manusia yang taatlah yang bisa melewati ujian fitnah dajjal ini.

Dalam petunjuk hadis disebutkan bahwa Umat muslim yang membaca surat Al-Kahfi pada Hari Jumat akan terhindar dan terselamatkan dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad Saw. pun bersabda bahwa jika seorang manusia rajin membaca surat al-Kahfi, bukan hanya di hari jum’at, saja maka dia akan terhindar dari fitnah dajjal.

Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah saw. bersabda:
مَن حَفِظَ عَشْرَ آياتٍ من أوَّلِ سورةِ الكَهفِ، عُصِمَ من فِتنَةِ الدَّجَّالِ
Barangsiapa yang menghafal 100 ayat dari awal surah al-Kahfi, maka ia akan dijaga dari fitnah Dajjal

2. Memancarya Cahaya Bagi Pembaca al-Kahfi

Orang yang rutin membaca surah al-Kahfi, ia akan mendapati cahaya dari Allah swt yang akan menerangi antara dua Jumat. Hal ini sebagaimana disebutakn dalam hadis berikut:
من قرأ سورة الكهف في يوم الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين الجمعتين
Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi di hari Jum’at, ia akan diterangi dengan sinar di antara dua Jum’at (HR. Nasai)

من قرأ سورة الكهف كما أُنزلت، كانت له نوراً يوم القيامة من مقامه إلى مكة ومن قرأ عشر آياتٍ من آخرها ثم خرج الدجال لم يسلط عليه
 Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi sebagaimana diturunkannya, maka surat ini akan menjadi cahaya baginya pada hari Kiamat dari tempat tinggalnya hingga ke Mekkah. Dan barangsiapa membaca sepuluh ayat terkahir dari surat Al-Kahfi lalu Dajjal keluar (datang), maka Dajjal tidak akan membahayakannya.

Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri Juga menyebutkan bahwa orang yang rutin membaca surah al-Kahfi di malam jumat, maka ia akan mendapatkan cahaya yang memancar di antara dirinya dan Ka'bah. Dari Rasullulah saw, beliau bersabda:

مَنْ َقَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ فِيْمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيْقِ
Dari Abu Sa’id Al Khudri ia berkata: “barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, ia akan diterangi dengan sinar di antara ia dengan Ka’bah” (HR. Ad Darimi)

Pada hadis berikutnya juga disebutkan bahwa orang yang rutin membaca surah al-Kahfi, awal surah al-Kahfi dan akhirnya, maka ia akan memperoleh cahaya dari tapak kaki hingga ke kepalanya. Jika ia membaca seluruh surah al-Kahfi, maka dirinya akan memperoleh cahaya dari langit hingga ke bumi:
من قرأ أول سورة الكهف وآخرها كانت له نورا من قدمه إلى رأسه ومن قرأها كلها كانت له نورا ما بين السماء والأرض” انفرد به أحمد.
“Barangsiapa membaca permulaan Surah Al Kahfi dan penghujungnya, dia akan beroleh cahaya dari tapak kaki hingga ke kepalanya. Dan sesiapa yang membaca keseluruhan surah Al Kahfi, dia akan beroleh cahaya dari langit hingga ke bumi.” (HR Ahmad)

3. Pembaca Surah al-Kahfi Mendapatkan Ampunan

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ سَطَعَ لَهُ نُوْرٌ مِنْ تَحْتِ قَدَمِهِ إِلَى عَنَانِ السَّمَاءَ يُضِيْءُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَغُفِرَ لَهُ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan bersinar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, yang akan meneranginya kelak pada hari kiamat, serta diampuni dosanya antara dua jumat.” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

4. Mendapatkan Keridhaan Allah SWT

Sebagai seorang muslim, dalam kehidupan dunia ini tidak lain tujuan kita adalah mengharapkan berkah dan rahmat Allah Swt. Jika kita bisa mendapatkan berkat, ridho dan rahmat Allah maka hidup kita sebagai manusia akan semakin tentram, damai dan berkecukupan.

Dengan membaca surat Al Kahfi yang memiliki keutamaan dan fadhilah yang besar ini diharapkan dapat mendekatkan kita pada ridho Allah dan mendapatkan cahaya berkah serta mampu menghilangkan rasa sedih dan gelisah dalam hidup.

Sebagaimana riwayat dalam hadist hadis di atas, bahwa Rasullullah Saw. bersabda :

“Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Cahaya Allah Swt. adalah cahaya penerang yang membawa ketentraman dalam kehidupan kita. Dengan mendapatkan cahaya ini melalui membaca dan mengamalkan surah al-Kahfi, maka semoga kita mendapatkan cahaya Allah dan ketentraman pun datang kepada kita.

5. Terjaga dari Gangguan dan Tipu Daya Setan

Sebagaimana setiap kita ketahui, bahwa setan adalah musuh terbesar manusia dalam beramal soleh serta berusaha dalam berbuat kebaikan. Setan selalu berusaha membawa keburukan dalam hidup manusia dan kita sebagai manusia perlu mewaspadainya.

Setiap manusia atau anak Adam yang jatuh dalam godaan setan akan terjerumus pada lubang kenistaan dan masuk dalam keburukan. Setan juga selalu berusaha mengajak manusia untuk buat mungkat dan bermaksiat kepada Allah serta tak henti-hentinya membisikkan hal-hal yang dapat menghapus amal ibadah manusia.

Terlebih lagi, setan pasti mengajak kita untuk menyekutukan Allah dan hal itu merupakan salah satu dosa besar yang tak terampuni oleh Allah Swt. yaitu dosa syirik.

Dengan cara selalu mendekatkan diri pada Allah dan memohon perlindungannya dari setan, kita bisa terhindar dari godaan syetan dan gangguan mereka. Adapun salah satu usaha mendekatkan diri pada Allah Swt dari godaan setan ini adalah dengan membaca dan mengamalkan Al Qur’an, yang salah satu caranya adalah dengan membaca surat Al Kahfi.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal dijelaskan bahwa sebuah rumah yang selalu dibacakan surat Al-Khafi dan surat Al-Baqarah maka rumah itu tidak akan dimasuki setan sepanjang malam tersebut.

6. Mengikuti Jejak Para Ulama Salih

Dengan mengamalkan keutamaan dan fadhilah surah al-Kahfi ini, berarti kita juga mengikuti jejak para ulama yang tak ketinggalan dalam mengamalkan membaca surah al-Kahfi. Salah satu ulama yang juga tak ketinggalan dalam mengamalkan dan membaca surah al-Kahfi adalah Imam Syafii.

Imam Syafi’i dalam kitab Al Umm menjelaskan sebagai berikut:
بلَغَنَا أَنَّ من قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ وُقِيَ فِتْنَةُ الدَّجَّالِ، وَأُحِبُّ كَثْرَةَ الصَّلَاةِ على النبي (صلى اللَّهُ عليه وسلم) في كل حَالٍ وأنا في يَوْمِ الْجُمُعَةِ وَلَيْلَتِهَا أَشَدُّ اسْتِحْبَابًا، وَأُحِبُّ قِرَاءَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَهَا لِمَا جاء فيها

“Telah sampai petunjuk (dalil) kepadaku bahwa sesungguhnya orang yang membaca surat Al Kahfi akan terjaga dari fitnah Dajjal. Dan aku menyukai memperbanyak shalawat kepada Nabi Saw. di setiap waktu. Dan aku di hari Jum’at serta malam Jum’at lebih ditekankan lagi (anjuran melakukannya). Dan aku juga suka bacaan surat Al Kahfi pada malam Jum’at dan pada hari Jum’at karena terdapat dalil tentang hal ini”.

Itulah informasi mengenai pentingnya membaca surah al-Kahfi serta Keutamaan dan Keajaiban Membaca Surah Al Kahfi Lengkap. Semoga kita juga bisa istiqamah dalam menjalankan ajaran Nabi di atas.


Powered by Blogger.