Halloween party ideas 2015


Tips dan Cara Agar Menang Lomba Baca Kitab
Lomba baca kitab atau biasa disingkat dengan MQK dengan singkatan Musabaqah Qiraatul Kutub biasanya diadakan di berbagai lembaga seperti pesantren, sekolah, madrasah, perguruan tinggi hingga umum.

Biasanya lomba baca kitab juga diadakan bagi berbagai tingkatan, seperti anak, remaja, dewasa dan umum.

Kitab yang dilombakan untuk dibaca pun bisa bermacam-macam, mulai kitab fikih, nahwu (bahasa Arab), tafsir, sejarah dan lain sebagainya.

Lomba baca kitab atau Qiraatul Kutub ini ini memiliki beragam tujuan, di antaranya adalah:

  • Untuk mendorong dan meningkatkan kecintaan para masyarakat, pelajar dan santri kepada kitab-kitab rujukan berbahasa Arab (kutub at-turats), serta meningkatkan kemampuan mereka dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dari sumber kitab-kitab berbahasa Arab;
  • Lomba Qiraatul kutub bertujuan untuk menjalin silaturahim antar pondok pesantren seluruh propinsi di Indonesia, dalam rangka terwujudnya persatuan dan kesatuan nasional
  • Lomba Baca Kitab juga bertujuan untuk meningkatkan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader ulama dan tokoh masyarakat di masa depan.

Tips dan Cara Agar Menang Lomba Baca Kitab (MQK)

Berikut ini adalah beberapa tips penting agar bisa memenangkan lomba baca kitab atau Qiraatul Kutub:

Kuasai Secara Mendalam Materi Lomba Baca Kitab

Cara ini adalah salah satu tips terpenting yang harus dikuasai kandidat atau peserta lomba baca kitab. Penentu kemenangan adalah dengan menguasai secara mendalam materi lomba baca kitab.

Ada banyak sekali aspek yang biasanya menjadi penilaian dalam lomba qiraatul kutub. Maka mau tidak mau jika anda ingin menang lomba baca kitab, maka harus menguasai seluruh aspek tersebut. Aspek-aspek itu biasanya meliputi:
  • Fasahah Qira'ah atau kefasihan cara membaca, dimana meliputi aspek  Makhraj, Mad dan Syiddah
  • Shihhah Al Qira'ah atau kebenaran cara membaca, dimana aspek ini meliputi Binyah Sharfiyah Alamat 'I'rab (harakah) dan Mawaqi' al Kalimah Minal I'rab seperti kedudukan kata apakah mubtada atau khabar.
  • Fahm al Ma'ani atau pemahaman pemaknaan, dimana meliputi Ma'na al Mufradat atau kosakata dan Ma'na al Jumal atau makna secara jumlah kalimat dan Ma'na Al Dalali atau maksud dari sebuah kalimat secara menyeluruh.

Terapkan jadwal / waktu tertentu untuk latihan

Untuk bisa menguasai materi baca kitab, Anda perlu latihan yang intens dan "berat". Latihan ini sangat penting, karena pada saat latihan, kita akan mengetahui banyak hal baru yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya. Akan lebih baik melakukannya seintensif mungkin dengan materi pelatihan yang jelas.

Biasanya pihak panitia akan memberikan kisi-kisi untuk belajar. Maka belajarlah dengan fokus pada kisi-kisi tersebut.

Yakin Bahwa Kita Akan Menang

Terkadang melihat rival dengan penampilan dan persiapan yang bagus bisa membuat kita merasa kurang percaya diri. Ini harus dibuang, karena kurang percaya diri ini akan sangat merugikan kita. Untuk memiliki keraguan tentang diri Anda adalah manusia, tetapi jangan biarkan keraguan ini menghalangi kita untuk menang.

Jangan Takut Dengan Lawan

Seringkali kita bisa minder kalau ikut lomba, tak terkecuali lomba baca kitab. Biasanya minder ini muncul karena mendengar lawan kita berasal dari pondok pesantren yang keren dan terkenal. 

Namun kita harus tahu bahwa faktanya, lawan kita itu sama dengan kita. Mereka juga bersaing untuk menang, punya kendala seperti yang kita alami dan merasakan apa yang kita rasakan. Mereka juga mempersiapkan diri seperti kita. Jadi, apa yang perlu kamu khawatirkan?

Bagaimanapun, kita dan mereka sama. Kita punya kesempatan yang sama untuk menang.

Bertanya dan meminta pendapat yang lebih berpengalaman

Belajar dari orang yang lebih berpengalaman akan sangat bermanfaat bagi kita karena mereka memiliki lebih banyak pengalaman dan pengetahuan daripada kita, atau setidaknya kita dapat berbagi pengalaman mereka. Percayalah, tidak ada yang akan kehilangan uang dengan bertukar pengetahuan dan pengalaman.

Berdoa Memohon kepada Allah

Ini juga penting. Seperti kata pepatah, lakukan yang terbaik dan biarkan Allah yang melakukan sisanya. Setelah berusaha semaksimal mungkin, hal lain yang harus dilakukan adalah berdoa. Serahkan semuanya kepada Allah. Yakinlah, semua yang terbaik telah disiapkan untuk kita.

Bersikap baik sebelum, selama dan setelah Lomba Baca Kitab 

Itu tidak memengaruhi penilaian para hakim, tetapi bersikap baik kepada semua orang sebenarnya dapat meningkatkan rasa hormat terhadap orang lain bagi kita, sekaligus memperkuat kepercayaan diri kita dalam menghadapi suatu perlombaan. Tidak ada keluhan, bukan, bersikap baik kepada orang lain?

Demikianlah, beberapa cara dan tips khusus untuk bisa menang dalam lomba baca kitab atau Qiraatul Kutub berdasarkan pengalaman penulis. Kunci utamanya hanya dua sebenarnya, yaitu berusaha dan berdoa. Yakinlah, hasilnya tidak akan mengkhianati usaha anda. Semoga beruntung


Powered by Blogger.