Halloween party ideas 2015


Add caption
Kitab Al-Durru Al-Mantsur merupakan salah satu kitab tafsir karya ulama terkenal, yaitu Imam Suyuthi.

Kitab Al-Durru Al-Mantsur Karya Imam Suyuthi ini termasuk kitab tafsir dengan corak riwayah. 

Bagi pemerhati keilmuan Islam, pasti tidak asing jika mendengar nama Imam Suyuthi. Beliau merupakan salah satu ulama yang memiliki kedalam ilmu pengetahuan yang mendalam dan melingkupi beragam disipilin ilmu.
Download Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur Karya Imam Suyuthi PDF
Imam Suyuti mahir dalam bidang ilmu al-Quran, hadis, fikih, kalam, dan beragam bidang lainnya. Kedalaman ilmu Imam Suyuthi tersebut dapat dilihat dari banyaknya karya yang juga berkualitas.

Imam Suyuti juga memiliki gelar al-Muhaqqiq, dimana karyanya kurang lebih ada 500 karya kitab.

Karya Imam Suyuti ini meliputi berbagai bidang disiplin, mulai dari Tafsir, hadits, fiqih , ushul fiqih, hingga bidang umum seperti kedokteran.

Mengenal Kitab Tafsir "al-Durr al-Mantsur" karya Imam Al-Suyuthi 

Nama lengkap untuk kitab tafsir ini adalah adalah Al-Durrul al-Mantsur fi Tafsir al-Qur’an bil Ma’tsur, yang jika dibahasa Indonesiakan berarti mutiara yang tersebar dalam penafsiran Alquran menggunakan atsar (hadis).

Sesuai dengan namanya, Kitab al-Durru al-Mantsur ini tentu masuk dalam kategori Kitab tafsir bi al-Ma'tsur atau tafsir yang bersumberkan pada riwayat, baik al-Quran maupun hadis.

Dalam mukaddimah atau pendahuluan kitabnya, Imam Suyuthi menjelaskan sendiri mengenai Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur, karya tafsirnya ini.

Tafsir ini merupakan ringkasan dari kitab tafsir karya sebelumnya yang bernama Turjumanul Qur’an.

Tafsir Turjumanul Quran ini sendiri merupakan tafsir karya al-Suyuti, berupa tafsir tebal yang menyandarkan penafsirannya kepada Rasulullah saw lengkap dengan sanad yang bersambung kepada Nabi.

Imam Suyuthi melakukan peringkasan dengan memotong sanadnya guna mempersingkat pembahasan dalam tafsir. Hal ini karena banyaknya sanad membuat tafsir kurang efektif untuk dibahas karena pembaca akan fokus pada sanad, bukan fokus pada isi tafsir saja.

Imam Suyuthi tidak men-takhrij hadis atau mengeluarkan hadis kecuali dari kitab-kitab yang mu'tabar atau otoritatif.

Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur  ini memuat kurang lebih100.000 hadis marfu’ (hadis yang redaksi periwayatannya disandarkan kepada Rasulullah) dan 100.000 hadis mauquf (hadis yang redaksi periwayatannya disandarkan kepada sahabat).

Adapun metode yang dipakai oleh Imam Suyuthi dalam Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur ini adalah metode tahlili (analitis). Imam Suyuthi menafsirkan ayat al-Quran berdasarkan urutan mushaf, mulai dari al-fatihah hingga surah an-Nas.

Kendati dikatakan sebagai tahlili (analitis), Imam Suyuthi tidak memberikan komentar apapun atas atsar (hadis Rasulullah saw atau ungkapan sahabat) yang dia nukil dalam tafsirnya. Oleh karena itu, tafsir ini secara keseluruhan menggunakan atsar sebagai bahan penafsiran ayat-ayatnya.

Dalam penafsiranya, Imam Suyuthi menukil hadis dan ungkapan sahabat dari berbagai jalur. Terkadang imam Suyuti menyebutkan nama kitabnyadengan tidak mencantumkan sanad hadis.

Penulisan dalam tafsir  Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur adalah dengan mencantumkan ayat atau sekelompok ayat yang hendak ditafsirkan juga diterangkan jenis Makkiyah-Madaniyahnya dan jumlah ayatnya.

Setelah itu lalu Imam Suyuti mencantumkan hadis-hadis yang memiliki keterkaitan dengan ayat tersebut.

Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur ini dicetak dengan jumlah juz yang berbeda-beda. Ada yang terdiri dari 17 Juz dengan juz 16 dan juz 17 merupakan daftar isinya.  Ada juga yang dicetak dalam 9 juz.

Anda juga bisa membaca tentang Kitab Tafsir Al-Durru Al-Mantsur Fi Tafsir bil Ma'tsur Karya Imam Suyuthi lebih lanjut dalam tautan berikut: Seluk Belum dan Metode Kitab Tafsir Addurr al-Mansur fi Tafsir bil Matsur

Download Kitab al-Durru al-Mantsur Karya Imam Suyuthi

عنوان الكتاب : الدر المنثور في التفسير بالمأثور
المؤلف : جلال الدين السيوطي

Nama Kitab: al-Durru al-Mantsur Fi al-Tafsir al-Ma'tsur
Pengarang : Jalaluddin al-Suyuthi
Jenis File : PDF

DOWNLOAD SUMBER PERTAMA
JUZ 1 - JUZ 2 - JUZ 3 - JUZ 4 - JUZ 5 - JUZ 6 - JUZ 7 - JUZ 8 - JUZ 9

DOWNLOAD SUMBER KEDUA
COVER - MUQADDIMAH - JUZ 1 - JUZ 2 - JUZ 3 - JUZ 4 - JUZ 5 - JUZ 6 - JUZ 7 - JUZ 8 - JUZ 9 - JUZ 10 - JUZ 11 - JUZ 12 - JUZ 13 - JUZ 14 - JUZ 15 - JUZ 16-17

Itulah informasi mengenai Download Kitab Al-Durru Al-Mantsur Karya Imam Suyuthi PDF. Semoga bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Kitab tafsir karya al-Suyuti ini pasti menjadi kitab tafsir yang bisa anda baca saat waktu-waktu senggang anda.


Powered by Blogger.