Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayat Kursi Berada Di Surah Berapa dan Nomor Berapa dalam Al-Quran?

Salah satu ayat al-Quran yang banyak dibaca dan dihafalkan oleh orang muslim adalah ayat kursi.

Hal ini adalah karena salah satunya ada keistimewaan tersendiri dalam ayat yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti sama, yaitu kursi.

Namun yang dimaksud kursi ini bukan sembarang kursi, melainkan kursi Allah Swt.
Ayat Kursi Berada Di Surah Berapa dan Nomor Berapa dalam Al-Quran? / image mawdoo3.com
Ada banyak sekali orang yang menanyakan tentang ayat kursi al baqarah ayat berapa. Oleh karenanya kita akan membahas tentang ayat kursi surat al baqarah ayat berapa serta beragam pengetahuan dan keutamaan tentang ayat kursi.

Ayat kursi di surat al baqarah ayat berapa

Jika anda menanyakan ayat kursi ada disurat al baqarah ayat berapa, maka Ayat kursi berada dalam surah al-Baqarah ayat 255. 

Ayat kursi terletak setelah ayat yang menerangkan tentang perintah untuk berinfak di jalan Allah sebelum datangnya waktu dimana tidak ada jual beli lagi dan tidak ada pertolongan.

Setelahnya juga disebutkan tentang ayat bahwa tiada larangan dalam beragama, karena agama Allah sudah jelas. Barang siapa yang kufur terhadap berhala dan beriman kepada Allah maka ia akan benar-benar beruntung.

Keutamaan Ayat Kursi

Setelah kita membahas tentang pertanyaan ayat kursi dalam surat al baqarah ayat berapa, maka kali ini kita akan membahas tentang keutamaan ayat Kursi.

Para ulama menyebutkan bahwa keutamaan ayat kursi di antaranya adalah:
1. Termasuk ayat yang paling agung dalam al-Quran. 
Dalam hadis disebutkan:
سأل النّبيّ -عليه الصّلاة والسّلام- الصّحابي الجليل أبَيّ بنَ كعب -رضي الله عنه- عن أعظم آيات القرآن الكريم، فأجاب أبي مرّتين أنّ الله ورسوله أعلم، ثمّ في الثّالثة قال، هي آية الكرسي.

2. Barang siapa yang membacanya setiap selesai shalat dan beristikamah, maka tidak akan ada yang menghalanginya untuk masuk surga.

3. Ayat kursi adalah ayat yang mengandung akidah yang lurus kepada Allah.

4. Ayat kursi adalah ayat yang bagus untuk dihafal orang muslim, dihayati maknanya, diamalkan serta dibaca dalam berbagai kesempatan seperti hendak tidur.

Itulah informasi tentang ayat kursi di al baqarah ayat berapa serta beberapa faidah dan keutamaannya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.