Halloween party ideas 2015


Halo semuanya, kali ini kita akan membahas tema yang cukup penting dalam hal iman yaitu dimulai dengan pertanyaan mengapa beriman kepada malaikat allah dapat mendorong kita gemar bersedekah?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas kaitan antara Beriman kepada malaikat Allah yang bisa memberikan efek kepada kita supaya kita gemar untuk bersedekah.
Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah?/ lonelyplanet.com

Sebelum itu perlu kita ketahui terlebih dahulu apa definisi tentang bersedekah dan beriman kepada malaikat sehingga kita akan bisa menemukan jawaban tentang beriman kepada malaikat allah dapat mendorong kita gemar bersedekah.

Pengertian Beriman Kepada Malaikat Allah

Secara bahasa, arti iman adalah percaya, sedangkan arti beriman kepada malaikat dalam segi istilah adalah:
Percaya dan meyakini sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan para Malaikat sebagai makhluk ghaib dimana mereka diperintah untuk melaksanakan segala perintah-Nya.
Adapun salah satu dalil atau bukti bahwa malaikat merupakan ciptaan Allah dan mereka benar-benar adanya adalah sebagai berikut:
Artinya : “(19) Dan kepunyaan-Nyalah segala yang di langit dan di bumi. Dan malaikat-malaikat yang di sisi-Nya, mereka tiada mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tiada (pula) merasa letih. (20) Mereka selalu bertasbih malam dan siang tiada henti-hentinya.” 
Adapun dalil tentang wajibnya beriman kepada malaikat Allah adalah sebagaimana diungkapkan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 285 berikut:
آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".
Apa saja yang perlu diimani dari malaikat Allah? Banyak aspek yang perlu kita ketahui tentang iman kepada malaikat Allah.

Di antaranya adalah percaya dan yakin bahwa Allah menciptakan mailaikat juga yakin dan percaya bahwa malaikat itu diutus dan memiliki tugas tertentu.

Pengertian Sedekah Dan Dalil Sedekah

Adapun kata sedekah secara bahasa berasal dari Bahasa Arab صدقة dengan transliterasi: sadakah, yang menurut definisi berarti pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. 

Adapun cakupan sedekah lebih luas darizakat maupun infak. Hal ini karena sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta saja.

Namun kata sedekah juga mencakup segala amal atau perbuatan baik. Misalnya dalam sebuah hadis disebutkan bahwasanya, “Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Berikut ini adalah salah satu dari dalil tentang kebaikan bersedekah.

إِنْ تُبْدُوا الصَّدَقَاتِ فَنِعِمَّا هِيَ ۖ وَإِنْ تُخْفُوهَا وَتُؤْتُوهَا الْفُقَرَاءَ فَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۚ وَيُكَفِّرُ عَنْكُمْ مِنْ سَيِّئَاتِكُمْ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ 
Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Sedekah merupakan hal yang diperintahkan kepada umat Islam karena termasuk perbuatan baik dalam rangka hidup secara rukun antar sesama. 

Bersedekah merupakan bentuk tolong menolong dan membantu meringangkan beban orang lain. 

Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah?

Sekarang kita akan masuk pada pembahasan utama kita yaitu pertanyaan kenapa beriman kepada malaikat allah dapat mendorong kita gemar bersedekah.

Sebelumnya, jika kita kaitkan dengan iman kepada malaikat, maka kita harus yakin akan tugas-tugas malaikat itu sehingga kita akan menarik hubungan antara mengapa beriman kepada malaikat allah dpt mendorong kita gemar bersedekah.

Kita mulai dari beberapa poin berikut ini agar pertanyaan bisa terjawab secara sistematis:

1. Malaikat Mencatat Amal

Salah satu tugas malaikat adalah mencatat amal perbuatan manusia. Malaikat dengan tugas ini adalah malaikat raqib dan atid.

Semua pekerjaan manusia, baik dalam perbuatan, niat, dan apapun tercatat dengan baik oleh malaikat ini.

Tidak ada satu perbuatan sekecil pun kecuali tercatat jelas dalam buku catatan amal, dan diakhirat kelak buku ini akan dibacakan kepada kita.

Dengan mempercayai tugas malaikat ini, maka kita akan terdorong untuk gemar bersedekah karena sedekah yang kita keluarkan akan tercatat sebagai amal baik di akhirat kelak.

Jika manusia tidak percaya akan adanya malaikat, maka dirinya akan enggan untuk melakukan perbuatan baik karena tidak percaya akan adanya malaikat yang mencatat setiap gerak geriknya dalam buku catatan yang kelak akan ia pertanggungjawabkan.

2. Malaikat Melayani Manusia Di Akhirat Kelak

Jawaban selanjutnya untuk pertanyaan mengapa beriman kepada malaikat allah mendorong kita gemar bersedekah adalah, bahwa malaikat akan melayani manusia yang memiliki amal baik di akhirat kelak.

Salah satu malaikat ini bernama malaikat Ridwan sebagai malaikat penjaga surga. Dengan meyakini dan iman kepada malaikat, bahwa malaikat akan memberi layanan bagi hamba yang beramal shalih, maka hamba itu akan gemar bersedekah karena sedekah adalah salah satu kunci menuju surga.

Jika seseorang tidak percaya akan adanya akhirat dan malaikat yang akan melayani mereka, maka ia tentu enggan bersedekah karena tidak percaya akan sedekah yang bisa menjadi jalan menuju surga.

Itulah ulasan informasi tentang Mengapa Beriman Kepada Malaikat Allah Dapat Mendorong Kita Gemar Bersedekah.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kepada kita tentang keislaman dan keimanan. Amin.


Powered by Blogger.