Halloween party ideas 2015


Semua orang pasti menginginkan keberhasilan dan kesuksesan, tak terkecuali bagi seorang santri, pasti mereka juga menginginkan keberhasilan dan kesuksesan dalam kehidupan mereka. Lalu bagaimana sih caranya agar santri itu bisa sukses? Apakah ada kiat-kiat tertentu yang khusus bagi santri agar santri bisa berhasil dan sukses?

Well untuk menjawab pertanyaan ini, kangdidik.com perlu mengulas agak banyak tentang sukses dan cara santri agar sukses. Semua orang pasti punya perbedaan dalam memandang sukses itu apa. Sukses itu bagaimana? yang disebut sukses itu seperti apa? Pasti orang menjawab dengan jawaban yang berbeda secara detail, misalnya sukses itu kaya raya, punya rumah mewah dan bagus dan kehidupan yang layak.

Namun bagi santri, kesuksesan itu bisa berbeda. Misalnya, santri sebagai orang yang mencintai ilmu paling tidak dia akan memahami sukses sebagai keadaan dirinya ketika telah berhasil mengamalkan ilmunya dengan baik dan menyebarkan ilmunya kepada para masyarakat.

Tapi tak semua santri punya pikiran dan idealisme semacam ini. Santri sebagaimana layaknya manusia biasa juga punya angan-angan manusiawi, misalnya punya kehidupan yang layak, rumah bagus, gaji bagus dan ekonomi mapan. Apakah salah? Tentu tak bisa disalahkan, wong dengan ekonomi yang mapan kita bisa meraih hal-hal yang lebih baik dengan mudah bukan? Misalnya dengan menjadi kaya kita bisa bersedekah, pergi haji, membangun sarana pendidikan dan lain sebagainya. Semuanya butuh dana, jadi niat untuk menjadi sukses dalam arti menjadi kaya juga sebuah kebaikan.

Bagaimana Cara Santri Agar Bisa Sukses?
Okay, jadi sukses santri itu berbeda-beda sesuai dengan kecenderungan individu. Namun intinya sebenarnya adalah sama, semua santri pasti menginginkan kebaikan dalam kehidupan mereka. Itulah arti sukses santri sebenarnya, berhasil mendapatkan apa yang mereka inginkan untuk kebaikan kehidupan mereka.

Sukses itu juga bisa dipahami sebagai keberhasilan dalam meraih cita-cita atau impian. Jadi harus punya cita-cita ya biar sukses. Kalau tak punya cita-cita, bagaimana mau melangkah?

Jadi jalan untuk menjadi sukses bagi santri itu banyak. Tak melulu harus menjadi kyai untuk menyebut santri itu sukses. Santri bisa menjadi apapun asalkan bermanfaat untuk sesama, minimal untuk dirinya sendiri.

Santri bisa jadi dokter, pengusaha, petani, guru, pejabat, bahkan presiden dan wakil presiden pun juga bisa. Semua adalah masuk kategori sukses, yang penting bisa bermanfaat. Itu saja inti sebenarnya tentang santri sukses. Jadi singkatnya, santri sukses adalah santri yang berhasil meraih cita-citanya dan menjadi orang yang bermanfaat untuk sesamanya.

Bagaimana Cara Santri Agar Bisa Sukses?

Nah ini yang penting, cara untuk bisa menjadi santri yang sukses bagaimana? Kangdidik.com mau mencontohkan diri sendiri saja, tapi kangdidik bukan berniat sombong pamer atau apa, semoga bisa bermanfaat kepada yang lain itu saja.

Jadi kangdidik ini pun juga santri, sejak lulus SD sudah nyantri sampai mau menikah. Belasan tahunlah kalau mondok. Nah kangdidik ini punya cita-cita untuk bisa sekolah tinggi, keluar negeri kalau bisa. Namun sayangnya untuk sekolah itu butuh biaya, dan masalah inilah yang menghambat kangdidik untuk bisa kuliah karena tidak ada biaya.

Menyerah? Ow tentu tidak, santri duduk saja bisa tidur apalagi dengan masalah kecil itu, semua masalah pasti ada jalan keluarnya gumamku. Jadi yang penting belajar dan belajar. Jangan hiraukan santri lain yang banyak bermain daripada belajar. Bisa tidak bisa yang penting belajar.

Dan akhirnya, ada lowongan beasiswa penuh di tahun 2009, wah kesempatan, lalu ikut saja. Dan ketika ikut alhmadulillah bisa dapat beasiswa. Singkat cerita beasiswa ditempuh kurang dari 4 tahun sudah lulus s1. 

Puas? Tidak, karena terkadung penasaran dengan ilmu di bangku kuliah, kangdidik memutuskan untuk lanjut s2. Dan alhamdulillah ada ada saja biaya meskipun tidak beasiswa. Minggu sampai kamis mengajar, dan jumat sabtunya kuliah. Alhamdulillah kuliah lancar lulus tepat waktu.

Sudah cukup belajarnya? Masih penasaran lagi malahan. Tahun 2016 melamar beasiswa untuk kuliah ke luar negeri, dan alhamdulillah ternyata dapat beasiswa di Turki untuk s3. gratis tanpa biaya bahkan tiket pesawat gratis dan dapat tunjangan hidup. 

Ini adalah contoh sederhana tentang santri sukses, dimana kangdidik berhasil mewujudkan cita-citanya untuk bisa sekolah tinggi. Tapi ingat, sukses itu harus berlanjut ya. Misalnya kalian sukses dalam satu cita-cita, tetap harus berhasil untuk meraih cita-cita yang lebih tinggi agar bias menjadi santri yang semakin sukses.

Cara agar bisa menjadi santri sukses: Fokus belajar, sesulit apapun pelajarannya tetaplah belajar jangan menyerah. Dulu kangdidik belajar sampai buku belajar copot, karena materinya sulit hehe. Jangan berhenti berdoa, karena doa adalah pemulus usaha. Kedua hal ini diistiqamahi aja insyaAllah apa yang santri inginkan bakalan tercapai.


Powered by Blogger.