Halloween party ideas 2015


Satpam atau singkatan dari satuan pengamanan merupakan pekerjaan yang sebagaimana pekerjaan lainnya yang membutuhkan persyaratan tertentu. Jadi jika anda ingin menjadi satpam, anda harus mengetahui beberapa persyaratan umumnya agar bisa diterima dan bekerja secara baik.

Jadi sebelum anda ingin mendaftar sebagai satpam, anda perlu untuk mengetahui syarat-syarat umum sehingga anda bisa mendaftar menjadi satpam dengan lancar dan saat seleksi bisa diterima sehingga langsung bekerja.

Syarat Umum Menjadi Satpam

Berikut ini adalah beberapa syarat umum yang biasanya harus dipenuhi sebagai syarat pada saat pendaftaran.

1. Warga Indonesia Dengan Bukti Kartu Identitas

Persyaratan utama sebagai satpam di antaranya adalah satpam diharuskan sebagai warga negara Indonesia. Jadi anda pasti diminta untuk menunjukkan dan melampirkan kartu identitas, misalnya KTP, SIM atau bahkan juga surat keluarga. Jadi jika hendak melamar sebagai satpam, jangan lupa untuk mengurus identitas jika terjadi kehilangan.

2. Surat Kelakuan Baik

Surat kelakuan baik ini bisa berasal dari kepala desa setempat yang dikeluarkan berdasarkan pengantar dari bapak RT. Surat kelakuan baik bisa menjadi syarat untuk dilampirkan saat melamar sebagai satpam karena dengan surat itu, sesorang bisa diketahui atau dikonfirmasi bagaimana kelakuan dan kepribadiannya saat ini dengan dasar surat dari Desa.

3. Surat keterangan catatan kepolisian
Surat keterangan catatan kepolisian atau SKCK ini umum diminta sebagai syarat untuk melamar pekerjaan apapun, termasuk sebagai satpam. Surat ini berisi keterangan tentang seseorang apakah pernah terlibat masalah kriminal yang menjadi perhatian dari perusahaan.

Anda bisa meminta surat ini dari kepolisian setempat, dan jangan lupa untuk melihat persyaratan dalam membuat SKCK karena surat ini juga dibuat dengan pengantar dari desa.

4. Tes Jasmani Dan Rohani

Setiap perusaan tentu mensyaratkan jasmani dan rohani yang sehat bagi para pelamar kerja yang hendak bekerja di perusahaan itu. Tak terkecuali dengan pekerjaan satpam, juga diperlukan informasi bahwa yang bersangkutan sehat dalam jasmani dan rohani.
Bahkan menjadi satpam disyaratkan memiliki ketahanan fisik yang kuat karena bisa jadi ditempatkan pada jam malam sehingga harus lembur. Ada beberapa persyaratan tertentu juga misalnya tinggi badan dan berat badan. Anda bisa mengecek pada persyaratan dari perusahaan yang membuka lowongan menjadi satpam.
Syarat Umum Menjadi Satpam

Biasanya untuk laki-laki disyaratkan memilik tinggi badan 165 cm dengan berat badan ideal, dan perempuan dengan tinggi badan 160 dengan berat badan ideal pula.

7. Pendidikan Terakhir

Persyaratan umum menjadi satpam yang banyak dicantumkan adalah pendidikan terakhir. Biasanya disyaratkan pendidikan terakhir minimal SMA atau sederajat. Jadi jangan lupa untuk melengkapi bukti pendidikan terakhir dengan melampirkan ijazah yang difotokopi. Mintakan pula legalisir dari sekolah tempat anda lulus karena biasanya juga diminta fotokopi yang dilegalisir.

8. Lulus Psikotes

Psikologi juga menjadi syarat umum dalam pekerjaan satpam di beberapa tempat. Jadi anda bisa jadi melalui tes sebelum masuk diterima sebagai satpam. Anda akan mendapatkan soal-soal psikotes yang diadakan dalam ujian.

Anda bisa belajar tentang ujian psikotes melalui materi-materi yang bisa anda temukan di google atau buku-buku yang bisa anda beli di toko buku.

9. Syarat Umur

Ada syarat umur dan minimal umur dalam syarat menjadi satpam. Bisa jadi persayaratannya adalah umur 25 dan maksimal 35 tahun. Persyaratan ini berguna untuk memastikan bahwa anda bisa bekerja secara baik saat menjadi satpam, karena umur yang tua biasanya kondisi badan melemah sehingga kurang cocok untuk bekerja sebagai satpam.

10. Tidak Bertato atau Bertindik

Beberapa perusahaan yang hendak menerima calon satpam akan mensyaratkan peserta yang tidak memiliki tato. Jadi sebelum menjadi satpam, akan ada tes untuk memeriksa apakah ada tato di tubuh atau tidak. Tindik pun juga menjadi syarat agar seseorang bisa menjadi satpam.

Jadi pastikan kalau anda ingin mendaftar menjadi satpam supaya tidak bertato atau bertindik. Memang ini menjadi syarat etik karena memang tato dan tindik identik dengan tidak disiplin.

11. Bisa Bekerja dengan Baik

Syarat berikutnya untuk menjadi satpam adalah, anda diharuskan memiliki kepriadian yang disiplin, tegas, cekatan dan mampu menganalisa suatu masalah. Juga anda diharuskan untuk mampu mengontrol dilingkungan kantor, memonitor lingkungan. Hal ini karena memang tugas menjadi satpam adalah menjaga keamanan secara total.


Powered by Blogger.