Halloween party ideas 2015


Assalamualaikum, kali ini kangdidik.com akan mengulas tentang terjemah matan tuhfatul athfal secara lengkap dalam bahasa Indonesia. Sebagaimana kita tahu bahwa matan Tuhfatul Athfal adalah salah satu kitab yang berisi nadham tentang ilmu tajwid. Kitab ini dikarang oleh Syeikh Sulaiman al-Jamzuri dimana kitab ini banyak dikaji oleh banyak sekali masyarakat di Indonesia.

Sekilas Biografi Imam Sulaiman al-Jamzuri

Nama lengkap beliau adalah Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Syalabi bin al-Jamzuri yang terkenal dengan sebutan al-Afandi. Beliau dinamai al-Jamzuri karena dinisbatkan pada daerah Jamzuri, yaitu daerah yang dekat dengan Thanta hari ini di Mesir. Beliau termasuk ulama di abad ke duabelas Hijriyah. Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal tahun 1100-an Hijrah.

Syeikh Sulaiman memiliki beberapa guru yang berpengaruh, di antaranya adalah Syeikh Nuruddin Ali bin Umar yang beliau sebut sebagai syeikh al-Mihiy. Juga syeikh Mujahid al-Ahmadi yang memiliki nama asli Muhammad bin Abun Nuha.

Syeikh Sulaiman bermadzhab syafii. Beliau memiliki beberapa karya yang paling terkenal adalah  تحفة الأطفال والغِلمان في تجويد القرآن yang akan kita bahas terjemahannya berikut ini. Juga kitab فتح الأقفال بشرح تحفة الأطفال yang mana kitab ini adalah penjelasan dari Tuhfatul Athfal.

Tak diketahui secara pasti tentang waktu kewafatan beliau, tetapi beberapa sumber menyebutkan beliau masih hidup pada tahun 1208 H, dimana tahun itu adalah tahun beliau menyelesaikan kitab الفتح الرحماني بشرح كنز المعاني في القراءات السبع. Semoga Allah membalas amal beliau dengan kehidupan surga Amin.

Terjemahan Matan Tuhfatul Athfal 

المقدمة
Pendahuluan
يَقُــولُ رَاجِـي رَحمةِ الْغَـفُـورِ ❖ دَوْمَـاً سُلَـيْمَانُ هُـوَ الْجَمـْزُورِى
Orang yang senantiasa mengharapkan rahmat sang Maha Pengampun yaitu Sulaiman al-Jamzuri berkata

 

الْحَمْــدُ لِلَّــهِ مُصَـلّـِياً عَـلـى ❖ مُـحَمَـــدٍ وآلِــهِ وَمَـنْ تَـلاَ
(Bahwa) Segala puji teruntuk Allah, Sambil melantunkan shalawat atas Muhammad beserta keluarga dan orang yang mengikutinya.


وَبَعْـدُ هـذَا النَّـظْـمُ لِلْـمُرِيــدِ ❖ فــي النُـونِ والتَّـنْوِينِ وَالْمُدُودِ
Setelah itu (mengucapkan hamdalah dan shalawat), Bait syair ini adalah untuk orang yang menginginkan (pembahasan) pada persoalan nun, tanwin, dan (hukum) mad-mad.

سَــمَّيتُــهُ بِتُحفَـة الأَطْفَالِ ❖ عَـنْ شَيْـخِنَا الْمِيـهِىِّ ذِي الْكَمالِ
Aku namai (kitab ini) dengan Tuhfatul Athfal. dari (riwayat) Syaikh kami, al-Mihiy yang memiliki kesempurnaan (dalam hal ilmu tajwid).

أَرْجُــو بِـه أَنْ يَنْـفَعَ الطُّـلاَّبَـا❖ وَالأَجْــرَ وَالْقَـبُـولَ وَالثَّـوَابـا
Aku berharap dengan kitab ini agar bisa memberi manfaat untuk para penuntut ilmu. (Juga Aku berharap) pada pahala, diterimanya amal dan mendapatkan balasan pahala.

Berikut ini adalah bab Tentang Hukum Nun Mati dan Tanwin

النون الساكنة والتنوين
(Bab tentang) Nun Sukun dan Tanwin

لِلـنُّــونِ إِنْ تَسْـكُنْ وَلِلتّـَنْوِينِ ❖ أَرْبَـعُ أَحْكَـامٍ فَخُـذْ تَبْـيِـيـنِـي
Nun Sukun dan Tanwin itu memiliki empat hukum, maka ambillah penjelasanku

فَـالأَوَّلُ الإظْـهَارُ قَـبْـلَ أَحْـرُفِ ❖ لِلْحَـلْـقِ سِـتٍ رُتِّبَتْ فَلـتَـعْرِفِ
Yang pertama adalah الإظْـهَارُ Idzhar (jika ada nun sukun atau tanwin terletak) sebelum enam huruf halqy (tenggorokan) yang tersusun, maka ketahuilah.

هَمْـزٌ فَـهَـاءٌ ثُـمَّ عَـيْـنٌ حَـاءُ ❖ مُـهْمَلَـتَانِ ثُــمَّ غَيْـنٌ خَــاءُ
(susunan itu adalah) Hamzah (أ) , Ha  (هـ), ‘Ain (ع), Ha  (ح), kemudian Gha (غ), dan Kha (خ)..

والـثّـَانـي إِدْغَـامٌ بِسـتَّةٍ أَتَـتْ ❖ فِـي يَـرْمَـلُـونَ عِنْدَهُمْ قَدْ ثَبَتَتْ
Kedua, Idgham yang memiliki 6 huruf yang datang kemudian, terhimpun dalam kata:
يَرْمُلُوْنَ (ي-ر-م-ل-و-ن)

لَـكِنَّهَا قِسْـمَانِ قِسْــمٌ يُـدْغَـمَا ❖ فِـيهِ بِـغُـنّـَةٍ بِيَـنْـمُو عُلِـمَـا
Akan tetapi Idgham ada dua jenis; yang pertama didengungkan (Idgham bighunnah) untuk huruf yang dikenal terangkum dalam kata
يَنْمُوْ )ي – ن – م – و(

إِلاَّ إِذَا كَـانَـا بِـكــِلْمَـةٍ فَــلاَ ❖ تُـدْغِـمْ كَدُنْـيَا ثُمَّ صِـنْوَانٍ تَـلاَ
Kecuali jika (nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ini) dalam satu kata, maka jangan didengungkan tetapi bacalah (idhar) seperti “دُنْـيَا” dan “صِـنْوَانٍ”

وَالثَّـانـي إِدْغَــامٌ بِغَيْــرِ غُـنَّةْ ❖ فـي الـلاَّمِ وَالـرَّا ثُـمَّ كَـرّرَنَّـهْ
Yang kedua adalah idgham bighairi ghunnah (memasukkan tanpa mendengung) dalam huruf lam (ل) dan ra (ر) lalu bacalah Takrir (bergetar)

وَّالثَـالـثُ الإِقْـلاَبُ عِنْـدَ الْبَـاءِ ❖ مِيــماً بِغُـنَــةٍ مَـعَ الإِخْـفَـاءِ
Yang ketiga adalah Iqlab ketika (Nun sukun atau tanwin bertemu) huruf Ba (ب) maka dibaca mim bighunnah (dengan mendengung) serta disamarkan.

وَالرَّابِـعُ الإِخْـفَاءُ عِنْـدَ الْفاضِـلِ ❖ مِـنَ الحُـرُوفِ وَاجِـبٌ لِلْفَاضِـلِ
Dan yang keempat adalah Ikhfa yaitu (ketika Nun sukun atau tanwin bertemu dengan) sisa huruf hijaiyah. (Hukum Ikhfa ini) adalah wajib menurut Ulama.

فـي خَمْسَـةٍ مِنْ بَعْدِ عَشْرٍ رَمْزُهَا ❖ فِـي كِلْمِ هذَا البَيْتِ قَـدْ ضَمَّنـْتُـهَا
Aku telah mengumpulkannya dalam rumus berupa 15 huruf ikhfa dalam bait ini:

صِفْ ذَا ثَـنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سمَا ❖ دُمْ طَيّـَباً زِدْ فِي تُـقَىً ضَعْ ظَالِـمَا
(huruf-huruf ikhfa itu adalah ص ذ ث ك ج س ق ش د ط ز ف ت ض ظ berdasarkan bait di atas). Adapun arti dari bait itu adalah: 

صِف ذَا ثَنَا كَمْ
"Ikutilah sifat orang-orang yang memiliki puji (terpuji)"

كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا
"Betapa banyak orang yg (diangkat) tinggi (derajatnya) telah disebut"

دُمْ طَيِّبًا
"Langgengkanlah dalam berbuat kebaikan"
زِدْ فِي تُقًى
"Tingkatkanlah ketaqwaan"
ضَعْ ظَالِمًا
"Hancurkanlah orang-orang yg berbuat Zholim"

Berikut ini adalah bab Tentang Hukum Mim dan Nun Yang Ditasydid

الميم والنون المشددتين
Mim dan Nun yang bertasydid

وَغُـنَّ مِيـماً ثُـمَّ نُونـاً شُــدِّدَا ❖ وَسَــمِّ كُـلاً حَـرْفَ غُـنَّةٍ بَـدَا
Dengungkanlah mim dan nun yang bertasydid.. dan namakanlah kedua huruf tersebut dengan huruf ghunnah dan tampakkanlah

الميم الساكنة
Mim Sukun
وَالِميـمُ إِنْ تَسْـكُنْ تَجِى قَبْلَ الْهِجَا ❖ لاَ أَلــفٍ لَيِّــنَةٍ لِــذِى الْحِـجَا
Jika Mim sukun itu terletak sebelum semua huruf hijaiyah selain alif layyinah (alif sukun) bagi orang yang berakal
أَحْـكَامُـهَا ثَـلاَثَـةٌ لِمَـنْ ضَبَـطْ ❖ إِخْـفَاءٌ ادْغَـامٌ وَإِظْـهَـارٌ فَقَــطْ
Hukumnya ada tiga saja bagi yang menetapkannya.. yaitu Ikhfa, Idgham, dan Idzhar
فَـالأَوَّلُ الإِخْـفَـاءُ عِنْـدَ الْبَــاءِ ❖ وَسَـمِّـهِ الشَّفْــوِىَّ لِلْـقُــرَّاءِ
Pertama, Ikhfa yaitu ketika huruf Ba (didahului mim sukun).. Ahli Qiroah menyebutnya Ikhfa Syafawy
وَالثّـَانـى إِدْغَـامٌ بِمِـثْلِـهَا أَتَـى ❖ وَسَـمِّ إدغـاماً صَـغـِيراً يَا فَـتَى
Kedua, Idgham (dengan huruf yang sama yaitu bertemu mim juga) Namakanlah Idgham Shaghir (kecil) wahai pemuda..
وَالثـَّالِـثُ الإِظْـهَارُ فِـى الْبَقِيَّـةْ ❖ مِـنْ أَحْـرُفٍ وَسَـمِّـهَا شَفْوِيَّـهْ
Ketiga, Idzhar, pada huruf-huruf sisanya.. dan namakanlah Idzhar Syafawi
وَاحْـذَرْ لَدَى وَاوٍ وَفَـا أَنْ تَخْتَـفىِ❖ لِـقُـرْبِــهَا وَلاتحادِ فَاعْـرِفِ
Berhati-hatilah pada huruf Wa dan Fa karena kesamarannya (dengan ba).. karena kedekatan (fa) dan kesamaan makhraj (wa) maka kenalilah..

Berikut ini adalah bab Tentang Hukum Nun Mati dan Tanwin

لام آل ولام الفعل
Lam Al (Alif lam Qomariyah & Syamsiyah) dan Lam fi’il
لِلاَمِ أَلْ حَـالاَنِ قَـبْـلَ الأَحْــرُفِ ❖ أُولاَهُــمَا إِظْـهَـارُهَا فَلْتـَعْـرِف
Hukum lam sebelum huruf-huruf (hijaiyah selain alif) itu ada dua; pertama dibaca idzhar (jelas) lam nya maka kenalilah..
قَبْلَ ارْبَـعٍ مَعْ عَشْرَةٍ خُـذْ عِلْمَـهُ ❖ مِنَ ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ عَقِيـمـهُ
keempat belas huruf yang dibaca jelas, maka ambillah ilmunya dari kalimat berikut:
ابْـغِ حَجَّـكَ وَخَـفْ عَقِيـمـهُ[2]
ثَانِيـهِـمَا إِدْغَـامُـهَا فـى أَرْبَـعٍ ❖ وَعَـشْـرَةٍ أَيْـضاً وَرَمْـزَهَا فَـعِ
Kedua, dibaca idgham yaitu melebur (lam nya tidak dibaca, tetapi langsung dibaca hurufnya) yang juga 14 huruf dengan rumus:
طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم ❖ دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَم
طِبْ ثُمَّ صِلْ رُحْمَاً تَفُـزْ ضِفْ ذَا نِعَم دَعْ سُـوءَ ظَنٍ زُرْ شَرِيـفَاً لِلْكَـرَم[3]
وَاللاَّمَ الاُولَـى سَـمِّـهَا قَمْـرِيَّـهْ ❖ وَالـلاَّمَ الاُخْـرىَ سَمِّـهَا شَمْسِـيَّهْ
Lam pertama disebut alif lam qomariyyah.. Lam kedua disebut Alif lam Syamsiyyah
وأظْـهِـرَنَّ لاَمَ فِـعْــلٍ مُطْلَــقاً ❖ فـى نَحْـوِ قُلْ نَعَمْ وَقُلْـنَا وَالْتَقَـى
Adapun lam fi’il semuanya secara mutlak dibaca jelas contohnya قُلْ dan َقُلْـنَا dan اِلْتَقَـى
المثلين والمتقاربين والمتجانسين
Mitslain, Mutaqaribain, dan Mutajanisain
إِنْ فِي الصِّفَاتِ وَالمَخَـارِجِ اتَّفَـقْ ❖ حَـرْفَانِ فَالْمِثْـلاَنِ فِـيهِـمَا أَحَـقْ
Jika (pada dua huruf) Sifat dan Makhraj hurufnya sama, maka ia disebut Mitslain (Mutamatsilain)
وَإِنْ يَكُـونَا مَخْـرَجـا ًتَـقَـارَبَـا ❖ وَفـي الصِّـفَاتِ اخْتَـلَـفَا يُلَقَّــبَا
JIka makhrajnya (berdekatan) dan Sifat hurufnya berbeda, maka ia disebut Mutaqoribain
مُـتْـقَارِبَـيْنِ أَوْ يَكُــونَا اتَّفَـقَا ❖ فِـي مَـخْرَجٍ دُونَ الصِّفَاتِ حُقِّـقَا
Jika Makhrajnya sama, sifat huruf nya berbeda, maka ia disebut sebagai Mutajanisain
بِالْمُتَجَانِسَــيْنِ ثُــمَّ إِنْ سـَكَـنْ ❖ أَوَّلُ كُـلٍّ فَالصَّـغِـيرَ سَـمِّـيَـنْ
Kemudian jika awal semua jenis ini (Mitslain, Mutaqaribain, Mutajanisain) hurufnya sukun, maka disebut dengan Shaghir..
أَوْ حُـرِّكَ الحَـرْفَـانِ فى كُلٍّ فَقُـلْ ❖ كُـلٌّ كَبِــيرُ وافْهَمَـنْـهُ بِالْمُـثُلْ
Dan jika kedua hurufnya berharokat pada semua jenis (Mitslain, Mutaqariain, Mutajanisain) maka disebut dengan Kabir dan fahamilah yang kabir itu dengan mengambil contoh (talaqqy)

Berikut ini adalah bab Tentang Hukum Nun Mati dan Tanwin

أقسام المد
Pembagian mad
وَالمـَدُّ أَصْلِـىُّ وَ فَـرْعِــىٌّ لَـهُ ❖ وَسَــمِّ أَوَّلاً طَبِيـعِـيّاً وَهُـــو
Mad itu ada dua; Mad Ashly dan Mad Far’iy.. Mad Ashly disebut juga Mad Thabi’iy
مَـالاَ تَوَقُّـفٌ لَـهُ عَـلـى سَـبَبْ ❖ وَلابِـدُونِهِ الحُـرُوفُ تُجْـتَـلَـبْ
Mad Thabi’iy itu tidak tergantung kepada sebab dan tidak pula ketiadaan huruf yang didapat
بلْ أَىُّ حَرْفٍ غَيْرُ هَمْزٍ أَوْ سُـكُونْ ❖ جَا بَعْـدَ مَـدٍّ فَالطَّبِــيِعىَّ يَكُـونْ
Setiap huruf selain hamzah dan sukun yang datang setelah huruf mad (alif, waw,ya) maka ia adalah mad thabi’iy
وَالآخَرُ الْفَرْعِـىُّ مَوْقُـوفٌ عَلـي ❖ سَـبَبْ كَهَمْزٍ أَوْ سُكُونٍ مُسْـجَـلاً
Kedua Mad Far’iy yang terjadi karena adanya sebab seperti adanya hamzah atau sukun secara mutlak.
حُـرُوفُــهُ ثَـــلاَثَـةٌ فَعِـيـهَا ❖ مِنْ لَفْـظِ وَاىٍ وَهْىَ فى نُوحِـيـهَا
Huruf mad ada tiga maka hafalkanlah.. dari lafaz “وَاىٍ” contohnya نُوحِـيـهَا
وَالكَسْرُ قَبْـلَ الْيَا وَقَبْلَ الْواوِ ضَـمْ ❖ شَـرْطٌ وَفَـتْحٌ قَبْـلَ أَلفٍ يُلْتَــزَمْ
Syarat nya harus senantiasa ada kasroh sebelum ya, Dhammah sebelum waw, dan fathah sebelum alif
وَاللِّـينُ مِنْـهَا الْيَا وَوَاوٌ سَـكَـنَا ❖ إِنِ انْفِــتَاحٌ قَبْـلَ كُـلٍّ أُعْـلِـنَا
Adapun Mad Layyin yaitu jika ada fathah sebelum huruf ya dan waw sukun

Berikut ini adalah bab Tentang Hukum Nun Mati dan Tanwin

أحكام المد
Hukum Mad
لِلْمَــدِّ أَحْـكَـامٌ ثَـلاَثَـةٌ تَـدُومْ ❖ وَهْـيَ الْوُجُوبُ وَالْجَوَازُ وَاللُّـزُومْ
Hukum Mad selalu ada tiga, yaitu Mad Wajib, Mad Jaiz, dan Mad Lazim
فَـوَاجِبٌ إِنْ جَـاءَ هَمْـزٌ بَعْدَ مَـدْ ❖ فِـي كِلْمَــةٍ وَذَا بِمُتَّصْــلٍ يُعَـدْ
Mad wajib terjadi jika ada hamzah setelah mad dalam satu kalimat yang bersambung (mad wajib muttashil)
وَجَـائـزٌ مَـدٌ وَقَصْـرٌ إِنْ فُصِـل ❖ كُـلٌّ بِكِلْمَــةٍ وَهَذَا المُـنْفَصِــلْ
Mad Jaiz itu boleh dipanjangkan (seperti mad wajib muttashil) boleh pula dibaca pendek (seperti mad thabi’iy) yaitu jika (mad dan hamzah) masing-masing dalam kalimat terpisah dan ini disebut mad jaiz munfashil. .
وَمِثـْلُ ذَا إِنْ عَـرَضَ السُّـكُـونُ ❖ وَقْـفَاً كَتَعْـلَـمُـونَ نَسْـتَعِــينُ
Contoh ini (mad munfashil yang boleh dibaca panjang atau pendek atau tawassuth/pertengahan) jika ada huruf yang disukunkan karena waqaf seperti َتَعْـلَـمُـونَ dan نَسْـتَعِــينُ (Mad ‘Aridh Lissukun)
أَوْ قُـدِّمَ الْهَمْـزُ عَـلَـي المَـدِّ وَذَا ❖ بَـدَلْ كَـآمَـنُوا وَإِيَـماناً خُــذَا
Jika Hamzah ada sebelum mad, maka ini adalah mad badal contohnya آمَـنُوا dan إِيَـماناً
وَلاَزِمٌ إِنِ السُّـكُـونُ أُصِّــــلاَ ❖ وَصْلاَ وَوَقْـفاً بَعْـدَ مَـدٍّ طُــوّلاَ
JIka sukun bersambung setelah mad baik secara washal atau waqaf maka ini adalah mad lazim
أقسام المد اللازم
Jenis-jenis Mad Lazim
أَقْسَــامُ لاَزِمٍ لَـدَيهم أَرْبَـعَـةْ ❖ وَتِـلْكَ كِـلْمِـيُّ وَحَرْفِـيٌّ مَعَــهْ
Mad Lazim menurut ulama qiroah ada empat jenis yaitu mad lazim kilmiy dan mad lazim harfiy
كِـلاَهُـمَا مُـخَـفَّـفٌ مُـثَـقَّـلُ ❖ فَـهَـــذِهِ أَرْبَـعَـةٌ تُـفَصَّــلُ
Setiap dari keduanya (kilmy dan harfy) itu bisa mukhaffaf dan mutsaqqal maka ini adalah pembagian yang empat[4]
فَـإِنْ بِـكِلْمَـةٍ سُـكُونٌ اجْـتَمَـعْ ❖ مَـعْ حَرْفِ مَـدٍّ فَهْوَ كِلْمِـيُّ وَقَـعْ
jika sukun bersama huruf mad berkumpul dalam satu kata, maka terjadilah mad lazim kilmy
أَوْ فـي ثُـلاَثِـيِّ الحُرُوفِ وُجِـدَا ❖ وَالمَـدُّ وَسْـطُهُ فَحَـرْفِــيٌّ بَـدَا
apabila dijumpai ada tiga huruf dan ditengahnya itu adalah mad maka itu merupakan mad lazim harfiy
كِـلاَهُـمَا مُثَـــقّـلٌ إِنْ أُدْغِـمَا ❖ مَخَفَّـفٌ كُــلُّ إِذَا لَـمْ يُـدْغَـمَا
Keduanya mutsaqqal jika di-idgham-kan dan mukhaffaf jika tidak di-idgham-kan
وَالـلاَّزِمُ الْحَـرفِـيُّ أَوَّلَ السُّــوَرْ ❖ وُجُـودُهُ وَفِـي ثَمَـانٍ انحَصَــرْ
Mad Lazim harfiy ada di awal surat dan hurufnya terkumpul dalam delapan huruf
وَعَيْنُ ذُو وَجْهَـيْنِ والطُّولُ أَخَصْ ❖ يَـجْمَعُـهَا حُـرُوفُ كَمْ عَسَلْ نَقَصْ
Huruf ‘ain memiliki dua jalan (mad dan tawassuth) akan tetapi yang masyhur adalah memanjangkannya (mad).. Berkumpul huruf (mad lazim harfy) dalam kalimat ” كَمْ عَسَلْ نَقَصْ”..
وَمَا سِوَي الحَرْفِ الثُّلاَثِي لاَ أَلِـفْ ❖ فـَمُـدُّه مَـدّاً طَبِيـعِـيَّا أُلِــفْ
Dan apa yang selain huruf (mad) yang tiga selain alif, maka mad nya disebut mad thabi’iy..

وَذَاكَ أَيْضـاً فِـي فَـوَاتِحِ السُّـوَرْ ❖ فِي لَفْظِ حَيٍّ طَـاهِرٍ قَـدِ انْحَصَـرْ
Begitupula pada ayat pembuka surat-surat Al Quran yang terkumpul dalam kalimat
” حَيٍّ طَـاهِرٍ “

وَيَجْمَـعُ الْفَوَاتِـحَ الأَرْبَـعْ عَشَـرْ ❖ صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا اشْـتَهَرْ
Berkumpul ke-empat belas huruf pembuka surat dalam kalimat
” صِلْهُ سُحَيْراً مَنْ قَطَعْك ذَا اشْـتَهَرْ “

Berikut ini adalah Terjemahan Tuhfatul Athfal pada bab Penutup

الخاتمة
Penutup
وَتَــمَّ ذَا النَّـظْمُ بِحَـمْدِ اللَّـــهِ ❖ عَـلَـى تَمَامِـهِ بِـلاَ تَــنَاهِـى
Telah selelasi nadzham ini dengan memuji nama Allah atas kesempurnaannya yang tak terbatas

أَبْـيَاتُـهُ نَـدٌّ بَـداَ لِـذِى النُّـهَى ❖ تَارِيخُهُ بُشْـرَى لِمَـنْ يُـتْقِـنُـهَا
Bait-baitnya tampak serasi bagi yang berakal… Tanggal pembuatan (kitab ini) adalah “menggembirakan bagi orang yang menguasainya”[5]

ثُـمَّ الصَّـلاَةُ وَالسَّــلاَمُ أَبَـــداَ ❖ عِـلـى خِـتَامِ الأَنْبِـيَاءِ أَحْـمَـدَا
Kemudian shlawat serta salam semoga selalu tercurah atas penutup para nabi, Muhammad

وَالآلِ وَالصَّــحْبِ وَكُـلِّ تَـابِـعِ ❖ وَكُــلِّ قَـارِئٍ وكُـلِّ سَــامِـعِ
Atas keluarga, sahabat, dan para pengikutnya dan setiap pembaca dan pendengar Al Quran…


Powered by Blogger.