Bermain Salju Bersama Anak-anak di Musim Dingin Turki Winter

Bermain Salju Bersama Anak-anak di Musim Dingin Turki Winter
Satu hal yang pasti sangat jarang terjadi di negara tropis seperti Indonesia adalah hujan salju. Ya karena memang salju pada umumnya tidak turun di daerah tropis.

Walhasil banyak orang yang tinggal di daerah tropis secara umum tidak pernah melihat salju kecuali yang suka melipir ke daerah dingin. 

Dan karena tak ada yang namanya musim salju, ya pasti menjadi kebahagiaan yang luar biasa bagi masyarakat Indonesia pada umumnya saat punya kesempatan bisa bermain salju.



Meskipun dingin bahkan sampai minus derajat pun tak masalah. Yang penting bisa merasakan sensasi main salju di luar negeri.

Hal ini juga sangat kami rasakan, enaklah bisa main salju.

Di Turki sama seperti daerah-daerah empat musim di wilayah bagian utara memiliki musim dingin bersalju.

Saljunya bisa sangat tebal, apalagi kalau sampai badai salju. Pada tahun 2016 dulu waktu pertama kali ke Turki, ada badai salju sehingga saljunya bisa sampai dengkul.


Jadi selama 4 tahunan di Turki ini aku sudah menemui 4 musim dingin bersalju. Dan tiap musim dingin memang salju turun di Konya, kota tempatku tinggal di Turki ini.

Biasanya kalau saljunya lebat turunnya, sekolah bakalan diliburkan. Mirip kalau terjadi hujan lebat di Indonesia dan banjir.

Tapi bedanya, di Turki biasanya sudah diprediksi dan sehari sebelumnya sudah ada pengumuman kalau besok libur gara-gara salju.

Prakiraan cuaca di Turki memang cukup akurat. Dua hari sebelumnya ada prediksi dan ternyata benar adanya.

Apa Saja Yang Dilakukan Waktu Main Salju?

Ya kalau main salju bebas mau ngapain ya. Bisa lempar-lempar salju, tendang-tendang, atau lihat salju turun saja sudah bikin takjub orang desa kayak aku.
Di depan rumah seberang jalan anak-anak Turki juga bermain lempar-lemparan salju. Bagi anak-anak lokal saja yang tiap tahun lihat salju, main-main salju itu juga menyenangkan.

Lempar-lemparan salju adalah hal umum yang biasa dilakukan anak-anak ketika main salju.

Kalau saljunya sampai tebal biasanya nanti anak-anak bakal membuat boneka salju.

Pentingnya Salju Bagi Masyarakat Turki

Sebenanrya salju itu tidak hanya dinantikan oleh anak-anak saja. Semua orang menanti kedatangan salju karena salju merupakan simbol berkah.

Di Kota Konya misalnya, tiap tahun masyarakat mengharapkan salju turun lebat karena dengan demikian, tanah pun menjadi kaya akan air sehingga panen bisa melimpah.
Salju juga ditampung dibendungan untuk menyediakan air bersih kepada para penduduk. Jadi semakin banyak salju itu artinya semakin banyak berkah.

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com
Previous Post Next Post