Manfaat Mainan Untuk Anak, Tumbuh Kembang Belajar Sambil Bermain

Manfaat Mainan Untuk Anak, Tumbuh Kembang Belajar Sambil Bermain

Mainan adalah media untuk belajar dan bermain bagi anak. Mainan sangat bermanfaat untuk proses tumbuh kembang anak. 

Dengan memberikan anak Anda waktu bermain yang cukup memiliki manfaat besar bagi keluarga untuk memungkinkan anak-anak mereka melepaskan energi ekstra, seorang anak mulai mencari tahu siapa mereka melalui permainan. 

Pada awal perkembangannya, pikiran seorang anak berkembang hanya dengan melihat lingkungannya dan memperhatikan sekelilingnya.

Penggunaan mainan untuk edukasi tumbuh kembang anak dapat membantu anak-anak mempelajari berbagai keterampilan yang mereka perlukan dalam hidup mereka seperti:
  • Pemecahan masalah
  • Belajar sebab dan akibat
  • Mempelajari cara bermain dengan orang lain untuk kompromi, resolusi konflik, dan berbagi
  • Pengembangan keterampilan motorik halus dan kasar
  • Memupuk kreativitas dan imajinasi mereka
  • Menemukan kemandirian dan harga diri yang positif
Anak-anak dapat mulai memanfaatkan mainan edukatif sejak usia satu bulan. Berikut ini beberapa ide bagus mainan edukatif berdasarkan rentang usia dan penjelasan manfaatnya.

Mainan anak untuk anak usia 1-12 bulan

Pada usia dini, permainan sensorik membantu menstimulasi indra anak Anda. 

Empeng dan gym bermain bayi adalah mainan pertama yang bagus untuk anak-anak karena mereka berfokus pada permainan sensorik melalui suara, penglihatan, dan sentuhan. 

Saat anak Anda terus tumbuh dan mengembangkan koordinasi tangan-mata, keluarga dapat mulai memperkenalkan mainan yang mendorong lebih banyak interaksi seperti mainan portabel yang akan terus menginspirasi indera penglihatan dan pendengaran dengan lampu berkedip dan suara yang berbeda.

Saat anak Anda menjadi lebih aktif, kami sarankan untuk memperkenalkan mainan pemecahan masalah seperti tumpukan atau balok. 

Mainan ini akan membantu anak-anak mengatasi konflik dan menjadi akrab dengan sebab dan akibat seperti "Jika saya melakukan ini maka itu akan terjadi". 

Mereka juga akan membangun kepercayaan diri setelah mereka bisa mengetahui cara kerja mainan setelah mencoba dan melakukan kesalahan serta panduan. 

Mainan hebat lainnya untuk diperkenalkan adalah mainan yang mempromosikan gerakan seperti merangkak di sekitar pusat pembelajaran atau menyalakan tikar dansa. 

Jenis mainan ini membuat anak-anak bersemangat dan ingin bergerak melalui penggunaan lampu dan suara.

Mainan anak untuk anak usia 12-24 bulan

Saat anak Anda mencapai usia satu tahun atau lebih, mereka akan segera menjadi sangat lincah. 

Mobil dorong, mainan yang dorongan sangat bagus untuk mengajarkan keseimbangan dan koordinasi dan akan meningkatkan keingintahuan anak Anda dengan kelincahan baru yang mereka temukan. 

Saat anak Anda mulai belajar berjalan, Anda juga dapat memasukkan angka belajar dengan menghitung langkah mereka yang akan membantu mereka menjadi lebih akrab dengan istilah dan artinya bahkan jika mereka tidak begitu mengerti pada usia ini.

Permainan bertema adalah mainan pendidikan yang bagus untuk diperkenalkan pada usia 12-18 bulan karena akan membantu mengembangkan keterampilan pengenalan anak Anda. 

Misalnya, jika Anda memiliki permainan bertema yang melibatkan hewan, praktikkan suara yang dihasilkan setiap hewan. 

Ini juga akan membantu perkembangan bahasa dengan memperkuat nama warna dan bentuk. 

Mainan tunggangan terus memicu kreativitas dan imajinasi tetapi juga akan membantu menyempurnakan keterampilan koordinasi mereka. 

Saat mereka menggunakan mainan tunggangan mereka, atur jalan memutar dan jalan yang mendorong mereka untuk memecahkan masalah dan mengikuti arahan. 

Anda juga dapat bermain peran dengan mereka dengan memberi tahu mereka bahwa mereka akan mengunjungi anggota keluarga atau melakukan karyawisata.

Mainan anak untuk anak usia 2+ tahun

Saat anak Anda menjadi sedikit lebih besar dan lebih aktif, Anda juga dapat memperkenalkan mainan yang mempromosikan lebih banyak permainan fisik seperti sepeda roda tiga atau ring basket. 

Saat menunjukkan kepada mereka cara menggunakan mainan ini, selalu pastikan mereka menyadari masalah keamanan seperti mengenakan helm dan ikut serta dalam proses penggunaan mainan tersebut sehingga mereka tahu bahwa jika mereka mengendarai sepeda roda tiga, mereka juga harus mengenakan helm.

Ini juga merupakan usia yang tepat untuk memperkenalkan mainan yang menggabungkan pengembangan keterampilan kognitif. 

Pasir kinetik adalah aktivitas sensorik hebat yang membantu anak-anak berlatih menulis dengan membentuk bentuk atau huruf di pasir. 

Mereka bisa berlatih menggambar atau menulis nama mereka. Memperkenalkan anak Anda pada kuda-kuda dapat membantu mengembangkan kontrol motorik kecil mereka dengan memungkinkan mereka mempraktikkan cara memegang kapur, kuas cat, dll. Kuda-kuda juga akan meningkatkan kreativitas dengan membiarkan anak Anda menggunakan imajinasinya untuk menciptakan seni yang indah.

Permainan dan buku “See and Say” akan membantu anak Anda mengembangkan pengenalan nama dan keterampilan literasi emergent. 

Jenis mainan ini akan menunjukkan kepada anak Anda versi visual dari apa yang mereka dengar dan sebaliknya. 

Misalnya, pengulangan mainan akan membuat anak Anda mulai mengasosiasikan gambar anjing dengan suara yang dibuat anjing. 

Membaca buku yang memiliki gambar berwarna dan beberapa kata di setiap halaman bersama anak Anda akan mulai membiasakan mereka dengan tampilan kata-kata yang mereka dengar di halaman.

Mainan susun yang lebih kompleks seperti yang bersifat magnetis adalah cara yang bagus untuk mendorong kreativitas dan pemecahan masalah, baik itu membangun struktur yang sama seperti yang digambarkan di kotak atau membuat mahakarya mereka sendiri. 

Jika himpunan hadir dengan balok dengan warna berbeda, Anda juga bisa berlatih menghitung dan menyortir setiap warna.

Mainan berhitung juga bagus untuk membantu anak Anda terus belajar tentang angka. Mainan ini dapat berkisar dari set susun sederhana hingga set bowling dalam ruangan. 

Mainan yang mendorong anak untuk bermain dengan orang lain juga membantu mereka membangun keterampilan sosial.

Memasukkan permainan di hari anak Anda bisa menyenangkan dan bermanfaat bagi pertumbuhan mereka. Mainan apa yang disukai anak-anak Anda yang membantu mendorong pembelajaran dan pertumbuhan?

Jika Anda membutuhkan mainan untuk tumbuh kembang buah hati Anda. Anda bisa sewa mainan surabaya di Playgroundku, tempat persewaan mainan untuk anak Anda.

Keuntungan menyewa mainan adalah :
- Anda tidak memerlukan tempat untuk menyimpan
- Bisa berganti mainan sesuai kebutuhan dan umur anak

Untuk sewa mainan surabaya hubungi PlaygroundKu sekarang juga:
Mulan - Whatsapp 081332161357
Kupang Baru 1/100, Surabaya

Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement