Apakah Semua Jurusan Kuliah Ada KKN?

Apakah Semua Jurusan Kuliah Ada KKN?

KKN Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir

Di semester akhir pada saat hendak menyelesaikan tugas akhir, biasanya seorang mahasiswa akan dibebankan untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Adapun KKN sendiri atau Kuliah Kerja Nyata adalah sebuah kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa yang difasilitasi oleh pihak kampus dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di wilayah di Indonesia. 

Biasanya daerah yang disasar untuk dijadikan tempat KKN adalah daerah pinggiran yang memerlukan perhatian lebih lanjut untuk bisa membantu masyarakat mengatasi problem lingkungan atau pun meningkatkan kemajuan berbagai lini, baik ekonomi, sosial dan pengetahuan masyarakat setempat.

Di beberapa perguruan tinggi, kegiatan KKN merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat. Mereka harus turun ke lapangan membaur bersama masyarakat untuk melaksanakan tugas dan program tertentu sebagai pendampingan terhadap masyarakat. 

Apakah Semua Jurusan Kuliah Ada KKN?

Jika kalian bertanya apakah semua jurusan ada kkn? Jawabannya adalah Tidak semua jurusan kuliah ada KKN nya. Ada juga jurusan kuliah yang tidak melaksanakna KKN.

Perlu kalian ketahui bahwa nyatanya tidak semua kampus menyelenggarakan KKN. Hal ini dikarenakan 
KKN bukanlah program wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap kampus atau perguruan tinggi.

Biasanya kampus yang tidak melaksanakn KKN maka akan membebani mahasiswanya untuk melaksanakan PKL atau Magang.

Misalnya saja, kuliah jurusan farmasi baik swasta maupun negeri tidak semuanya melakukan kkn. Paling tidak kampus akan membebani mahasiswanya untuk menjalankan magang ataupun pkl karena adanya alasan alasan tertentu.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apakah semua jurusan ada kkn? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement