Apa Saja fasilitas hotel bintang 4

Apa Saja fasilitas hotel bintang 4

Apa Saja fasilitas hotel bintang 4? Hotel berdasarkan fasilitas dan kualifikasinya memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis hotel ini dibagi dengan nilai bintang seperti hotel bintang 1, hotel bintang 2 dan seterusnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang apa saja fasilitas hotel bintang 4? Apa saja kualifikasi hotel bintang 4? Fasilitas apa saja yang bisa kita dapatkan ketika menginap di hotel bintang 4?

Fasilitas Hotel Bintang 4

Sebagaimana disebutkan di atas bahwa hotel dalam segi nilai, fasilias dan kualifikasi dibagi menjadi beberapa bintang seperti bintang 1, bintang 2 dan seterusnya.

Nilai bintang ini pada beberapa tempat ditentukan oleh menteri pariwisata dan dilalu berdasarkan prosedur penilaian tertentu. Jadi sebuah hotel tak bisa seenaknya memberi embel-embel dirinya dengan bintang satu dan seterusnya.

Harus ada kualifikasi berupa kelengkapan fasilitas tertentu yang harus dimiliki oleh hotel tersebut agar bisa menyandang nama hotel bintang dengan nilai tertentu.

Berikut adalah fasilitas sekaligus kualifikasi yang harus dimiliki sebuah hotel agar dapat dianggap sebagai hotel bintang 4: 
  1. Memiliki  minimal 10 kamar. Jika jumlah kamar itu kurang dari hitungan tersebut, maka tidak dapat memiliki 4 bintang. 
  2. Hotel bintang 4 harus memiliki resepsi dan lobi dengan tempat duduk yang nyaman. 
  3. Ada kamar eksekutif milik manajemen hotel dan kamar eksekutif tambahan. 
  4. Memiliki kantor atau ruang sarapan di mana pelanggan dapat menikmati sarapan. 
  5. Harus ada ruang tamu yang diatur secara terpisah dari lobi.
  6. Kecuali fasilitas yang buka secara musiman; spoiler di pintu masuk, air curtain, revolving door, dll. 
  7. Dalam kamar terdapat telepon dengan koneksi langsung ke luar.
  8. Ada pengering rambut, televisi, mini bar, brankas barang berharga dan seprai. Selain itu, sistem untuk meninggalkan pesan di kamar atau layanan untuk ini harus disediakan. 
  9. Memiliki lemari pertolongan pertama.
  10. Semua area penggunaan umum dan kamar tidur ditutupi dengan bahan seperti parket atau keramik. 
  11. Memiliki kolam renang atau restoran kelas dua
  12. Memiliki kantin atau aula serbaguna untuk minimal 50 orang, dengan luas  minimal 1,2 m2 per orang.
  13. Layanan binatu dan menyetrika harus disediakan.
  14. Harus ada layanan prasmanan 24 jam.
  15. Layanan dry cleaning dan penjahit adalah suatu keharusan.
  16. Harus ada layanan dokter dan rumah sakit yang konstan. 
  17. Layanan reservasi dan transaksi harus dilakukan dengan komputer. Harus ada bilik telepon di aula resepsi. 
  18. Jika hotel memiliki lebih dari 2 lantai, harus ada lift pelanggan sesuai dengan kapasitas pelanggan. 
  19. Harus ada AC di kamar dan area umum. 
  20. Layanan kamar harus tersedia antara pukul 06:00-24:00. 
  21. Harus ada penataan lantai kantor di setiap lantai.
  22. Memiliki toko souvenir.
  23. Harus ada bagian membaca dengan dokumen seperti majalah dan buku dalam berbagai bahasa. 
  24. Memiliki restoran kelas satu dengan kapasitas setidaknya 100 orang dan melayani 50 persen dari kapasitas tempat tidur di fasilitas tersebut. Harus ada ruang bagasi berukuran memadai dan layanan bagasi kiri. 
  25. Memiliki tangga layanan atau lift. 
  26. Setidaknya 15 persen dari jumlah personel harus memiliki personel terlatih. Personil administrasi harus dilatih atau memiliki pengalaman minimal 5 tahun. 
Pada beberapa wilayah, hotel bintang 4 diharuskan memiliki Aula dan serambi serbaguna untuk minimal 100 orang, kolam renang dalam ruangan, kolam renang luar ruangan.

Juga terdapat kabaret (tempat pertunjukan seni) untuk minimal 100 orang, aula dalam ruangan untuk acara teater dan bioskop, aula konferensi untuk minimal 100 orang, a klub malam untuk minimal 100 orang, dll.

Terdapat minimal 40 m 2 ruang senam atau biliar berukuran besar, sauna dengan sistem alarm, trek go-kart, olahraga ski dan laut, ruang squash, dll. 

Harus ada setidaknya 3 unit yang memungkinkan. Harus ada aula untuk setidaknya 100 orang yang menyajikan kue dan minuman, restoran yang menyajikan setidaknya 5 hidangan panas dan dingin dari masakan lokal dan layanan a la carte dengan makanan penutup, kafetaria, dan bar makanan ringan setidaknya tiga unit.

Itulah informasi tentang Apa Saja fasilitas hotel bintang 4. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement