Apakah bebek punya gigi?

Apakah bebek punya gigi?

apakah bebek punya gigi? Bebek merupakan hewan unggas air yang habitat aslinya berada di wilayah berair seperti danau, sungai dan laut. 

Bebek punya ciri khas memiliki paruh melebar yang ampuh untuk digunakan sebagai alat mencari makanan di dalam air dan lumpur.

Lalu apakah bebek punya gigi untuk mencari dan memakan makananya? Apakah paruh bebek yang bergeriri itu termasuk gigi?

Apakah bebek punya gigi?

Mungkin sebagian orang pernah melihat sesuatu bergigi yang mirip gigi pada paruh bebek dan mengiranya itu adalah gigi bebek.

Namun yang benar adalah bebek tidak punya gigi dan tak ada jenis bebek satupun yang memiliki gigi.

Sama seperti semua jenis burung, bebek tidak memiliki gigi.Namun bebek memiliki struktur semi-fleksibel yang keras yang sekilas mirip gigi pada paruhnya yang disebut dengan lamela.

Lamela yang mirip gigi pada bebek ini terdapat pada sekitar tepi luar paruhnya. Jadi lamela ini bukanlah gigi meskipun mirip gigi pada bebek.

Lamela memiliki beberapa fungsi yang berbeda. Pertama; lamela berguna sebagai filter seperti sisir saat bebek sedang makan. Seperti paus balin lamela bisa menyaring makanan dari lumpur ketika bebek menangkap makanan bawah air. 

Bebek juga mampu menarik tumbuh-tumbuhan ke dalam mulutnya, dan lamelanya juga menahan air dan kotoran agar tidak masuk.

Bebek juga menggunakan lamela mereka untuk tujuan perawatan dan menjaga kebersihan tubuh. Anda mungkin pernah melihat bebek sering membersihkan bulunya. 

Bebek melakukan ini dengan cara menjalankan paruh mereka di atas bulu mereka, merapikannya dengan lamella yang ada pada paruhnya. 

Lamella adalah alat yang sangat baik untuk membersihkan bulu tanpa merusaknya. Mereka kecil, fleksibel, dan bertindak bersama sebagai sisir yang efektif.

Apa Itu Lamella Pada Bebek?

Lamella atau Lamellae adalah gerigi kecil yang ada pada paruh bebek. Lamella merupakan salah satu jenis adaptasi dari paruh unggas air. 

Struktur kecil seperti sisir di sepanjang bagian dalam paruh ini memiliki banyak fungsi seperti sebagai saringan dan membersihakn tubuh.

Meskipun lamella pada bebek dan angsa terlihat seperti gigi, namun bebek dan angsa tidak mengunyah makanan. 

Saat bebek atau itik mencari makanan, benda-benda yang bukan termasuk makanan seperti lumpur dan air dapat dikeluarkan dan biji, serangga, atau makanan lainnya disimpan oleh lamela. 

Bagian atas paruh unggas air disebut mandibula atas, dan bagian bawah disebut mandibula bawah. 

Mandibula atas ditempelkan pada tengkorak, tetapi mandibula bawah dapat bergerak ke atas dan ke bawah. 

Mandibula atas dan bawah dari sebagian besar bebek yang berkecimpung memiliki 50 hingga 70 lamela, tetapi sayap biru dan sayap hijau mungkin memiliki 120 hingga 130 lamela. Shoveler memiliki sekitar 220 lamela pada mandibula bawah dan 180 lamela pada mandibula atas.

Itulah informasi seputar Apakah bebek punya gigi? Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post

Advertisement