Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu yogurt plain?

Apa itu yogurt plain?

Yogurt plain secara bahasa berarti yogurt polos atau yogurt hambar. Adapun yang dimaksud dengan yogurt plain adalah yogurt yang dibuat dengan susu dan bakteri tanpa tambahan campuran perasa atau bahan lainnya.

Bisa dibilang yogurt plain adalah yogurt asli yang original. Kata yogurt berasal dari bahasa Turki. Di Turki sendiri, yogurt plain disebut dengan sade yogurt atau yogurt polos. Oleh masyarakat dunia, yogurt dikenal dengan warna dan rasa buah.

Padahal aslinya yogurt itu adalah dengan tanpa tambahan rasa dan warna. Jadi penyebutan yogurt sendiri di Turki maksudnya adalah yogurt plain atau yogurt polos yang rasanya asli tanpa ditambahi dengan rasa buah atau pemanis.

Gambar Yogurt Plain atau Yogurt Polos / pixabay

Yoghurt polos dibuat dengan susu dan bakteri. Susu dipanaskan, kemudian bakteri ditambahkan, yang menyebabkan fermentasi yang membuat susu mengental menjadi tekstur yogurt yang Anda kenal dan sukai. Dan jika Anda makan yogurt biasa , itu saja.

Tetapi ketika Anda pergi ke supermarket, itu tidak selalu sesederhana itu. Yoghurt biasa terkadang dilengkapi dengan aditif, seperti pektin untuk membantu agar yogurt menyatu.

Itu sangat umum dalam yogurt dengan buah, yang tidak buruk dalam dirinya sendiri — tetapi itu juga bisa dikemas dengan gula, bahkan sirup jagung fruktosa tinggi.

Dan seperti yang ditunjukkan oleh Real Simple, yogurt rendah karbohidrat dan yogurt kocok biasanya kurang bergizi daripada yogurt biasa. Jadi ketika Anda pergi ke toko, carilah yogurt biasa yang polos dengan hanya dua bahan: susu dan kultur hidup atau aktif.

Bagaimana Cara Yogurt Plain dibuat?

Yogurt plain adalah produk susu terkenal yang dibuat dengan fermentasi bakteri susu. Bakteri yang digunakan untuk membuat yogurt yang memfermentasi laktosa, gula alami yang ditemukan dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat, zat yang menyebabkan protein susu mengental dan memberi yoghurt rasa dan tekstur yang unik. Yoghurt bisa dibuat dari susu apa saja.

Yang terbuat dari susu skim dianggap skim, sedangkan yang terbuat dari susu murni dianggap penuh lemak. Anda dapat membuat yogurt bebas laktosa dengan membuatnya dari susu bebas laktosa.

Yoghurt plain yang polos tanpa pewarna adalah cairan kental berwarna putih dengan rasa yang tajam. Sayangnya, sebagian besar merek dagang mengandung bahan tambahan seperti gula dan rasa buatan. Yoghurt dengan tambahan ini tidak baik untuk kesehatan Anda.

Di sisi lain, yogurt tawar tanpa pemanis memberikan banyak manfaat kesehatan. Pada artikel ini kita juga akan membahas tentang manfaat kesehatan mengonsumsi yogurt plain atau yogurt alami.

Apa kandungan Yogurt Plain?

Yoghurt polos mengandung sekitar sepuluh sampai empat belas gram protein per delapan ons, yang berjumlah dua puluh persen dari kebutuhan protein harian bagi kebanyakan orang.

Faktanya, delapan ons yogurt yang mengandung biakan hidup dan aktif, mengandung protein 20 persen lebih banyak daripada volume susu yang sama (10 gram berbanding 8 gram).

Apa Manfaat Yogurt Plain?

Yogurt telah dikonsumsi oleh orang-orang selama berabad-abad. Ini sangat bergizi dan bila dikonsumsi secara teratur, efeknya pada kesehatan beragam.

Misalnya, yogurt telah ditemukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan osteoporosis, serta membantu dalam manajemen berat badan.

Berikut ini adalah beragam manfaat yogurt plain:

Kaya akan Nutrisi Penting

Yogurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. Diketahui mengandung banyak kalsium , mineral penting untuk kesehatan gigi dan tulang. 230 g yogurt memenuhi sekitar 49% kebutuhan kalsium harian Anda.

Ini juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang keduanya dapat melindungi terhadap penyakit jantung dan cacat lahir tabung saraf tertentu.

Ini juga memenuhi 38% kebutuhan fosfor harian Anda, 12% magnesium , dan 18% potasium. Mineral ini sangat penting untuk berbagai proses biologis, seperti pengaturan tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Salah satu nutrisi yang tidak terkandung dalam yogurt secara alami adalah vitamin D., tetapi sering diperkaya dengan vitamin D. Vitamin D mendukung kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh dan dapat mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung dan depresi.

Mengandung Protein Tinggi

Yogurt memiliki jumlah protein yang mengesankan , dengan sekitar 12 gram per 200 grammenyediakan. Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Lemak jenuh sebelumnya diyakini menyebabkan penyakit jantung, tetapi penelitian saat ini menunjukkan tidak demikian. Namun, Anda dapat memilih jenis yogurt tanpa lemak dan rendah lemak.

Protein telah terbukti mendukung metabolisme dengan meningkatkan pengeluaran energi atau jumlah kalori yang Anda bakar sepanjang hari.

Mendapatkan cukup protein juga penting untuk mengatur nafsu makan, karena meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang.

Secara otomatis dapat mengurangi jumlah kalori yang Anda konsumsi secara umum, yang bermanfaat untuk mengontrol berat badan. Rasa kenyang pada yogurt bahkan lebih terasa jika Anda mengonsumsi yogurt buatan sendiri.

Bermanfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung bakteri hidup atau probiotik yang merupakan bagian dari kultur starter atau ditambahkan setelah pasteurisasi.

Ini bisa bermanfaat bagi kesehatan pencernaan saat dikonsumsi. Sayangnya, banyak yogurt telah dipasteurisasi, perlakuan panas yang membunuh bakteri menguntungkan yang dikandungnya. Namun, itu dijual dalam yogurt yang kaya akan probiotik. Saat membeli yogurt, Anda dapat menemukan yogurt yang sesuai dan sehat dengan memeriksa labelnya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Mengkonsumsi yogurt – terutama jika mengandung probiotik – secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan tertular penyakit.

Probiotik telah terbukti mengurangi peradangan yang terkait dengan berbagai kondisi kesehatan, mulai dari infeksi virus hingga gangguan usus. Yogurt yang diperkaya dengan vitamin D dapat lebih meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh. Vitamin D telah dipelajari untuk potensinya untuk mencegah penyakit seperti pilek dan flu.

Melindungi Dari Osteoporosis

Yogurt mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, protein, potasium, fosfor dan terkadang vitamin D.

Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu dalam mencegah osteoporosis, suatu kondisi yang ditandai dengan melemahnya tulang. Hal ini umum pada orang tua.

Individu dengan osteoporosis memiliki kepadatan tulang yang rendah dan memiliki risiko patah tulang yang lebih tinggi. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya tiga porsi produk susu, seperti yogurt, setiap hari dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

Bermanfaat bagi Kesehatan Jantung

Kandungan lemak yogurt adalah salah satu alasan kesehatannya sering kontroversial. Ini mengandung sebagian besar lemak jenuh dengan sejumlah kecil asam lemak tak jenuh tunggal.

Meskipun diyakini bahwa lemak jenuh menyebabkan penyakit jantung, diperkirakan bahwa produk susu fermentasi yang sehat dan bergizi tinggi seperti yogurt tidak akan terlalu terpengaruh. Namun, ada merek yogurt yang bervariasi sesuai dengan kandungan lemak di pasaran.

Juga, produk susu seperti yogurt telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah tinggi, faktor risiko utama penyakit jantung. Efeknya lebih terasa pada mereka yang sudah didiagnosis dengan tekanan darah tinggi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Yogurt plain memiliki beberapa sifat yang dapat membantu manajemen berat badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi yogurt plain dikaitkan dengan penurunan berat badan, persentase lemak tubuh, dan lingkar pinggang.

Yogurt mengandung protein tinggi, jadi sangat mengenyangkan. Ini dapat meningkatkan nutrisi Anda ketika Anda menambahkannya ke dalam diet Anda secara umum. Karena situasi ini, manajemen berat badan Anda akan lebih terkontrol.