Apakah turki termasuk anggota nato?

Apakah turki termasuk anggota nato?

Nato adalah singkatan dari The North Atlantic Treaty Organization atau Pakta Pertahanan Atlantik Utara, juga disebut Aliansi Atlantik Utara.

Nato adalah aliansi militer antar pemerintah antara 30 negara anggota – 28 Eropa dan dua negara Amerika Utara.

apakah turki termasuk anggota nato?

Jika ditanyakan apakah turki termasuk anggota nato? maka jawabannya adalah iya, Turki termasuk anggota nato. Turki bergabung dalam nato pada tahun 1952.

Sejak tahun 1952, ketika Turki menjadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), Turki mulai menawarkan segala kemungkinan, bakat, dan kemampuannya untuk kepentingan organisasi tersebut. 

Mengambil bagian dalam misi di Irak, Afghanistan dan Kosovo, Turki adalah anggota tetap Operasi Penjaga Laut di Mediterania.

Sementara pesawat AWACS yang berafiliasi dengan NATO Dapat Menggunakan Pangkalan Udara Konya, Turki memberikan dukungan pengisian bahan bakar udara untuk pesawat AWACS NATO di wilayah udara dalam lingkup Koalisi Global Melawan organisasi teroris DAESH. 

NATO didirikan oleh 12 negara pada tahun 1949 setelah berakhirnya Perang Dunia Kedua. Negara-negara tersebut adalah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Italia, Belanda, Norwegia, Portugal, Luksemburg, Islandia, Denmark, dan Belgia. Dalam 73 tahun yang telah berlalu, jumlah anggota bertambah dari 12 menjadi 30 dengan 8 gelombang pembesaran.

Turki dan Yunani menjadi anggota baru NATO pada tahun 1952. Pada tahun 1955, kemudian dikenal sebagai Federal Jerman , pada tahun 1982 Spanyol bergabung dengan aliansi.

Dukungan pengisian bahan bakar udara juga diberikan kepada pesawat AWACS NATO, yang dilakukan dalam lingkup tindakan jaminan Aliansi untuk negara-negara Eropa Timur. 

Turki juga memberikan dukungan kepada NATO dengan pesawat AWACS nasionalnya.    Selain itu, Turki telah membuat lompatan maju yang signifikan sejalan dengan tujuannya untuk mengembangkan industri dan peluang pertahanannya sendiri. Ini menambah kekuatan lebih lanjut pada kekuatan kolektif organisasi.

Ada 30 anggota di bawah Organisasi NATO

Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara, atau NATO, singkatnya, didirikan pada tahun 1949 oleh 12 anggota pendiri: Belgia, Kanada, Denmark, Prancis, Inggris, Islandia, Italia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Portugal, dan Amerika Serikat. 

Setelah pengesahan keanggotaan Turki dan Yunani pada tahun 1952, organisasi tersebut terus berkembang. Pada tahun 2020, jumlah negara anggota meningkat menjadi 30 dengan masuknya Makedonia Utara di bawah atap NATO. Di antara 30 negara tersebut, Turki memiliki tentara terbesar kedua setelah Amerika Serikat.

Itulah informasi seputar apakah turki termasuk anggota nato. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post