Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Logo?

Apa itu logo? Pada masa modern ini seseorang tak hanya membutuhkan nama sebagai usahanya. Salah satu hal yang termasuk paling penting adalah logo.

Perusahaan modern maupun perorangan banyak yang membutuhkan logo ini untuk membuat usaha mereka semakin profesional dan dikenal oleh masyarakat. Lalu apa itu logo? Apa fungsi dari logo?

Apa itu logo?

Logo adalah simbol yang dibuat dengan kata-kata atau gambar yang digunakan sebagai pengenal atau merek yang digunakan di hampir semua bidang, baik digital maupun cetak. Sebuah logo bisa mewakili sebuah bisnis, lembaga atau orang sesuai dengan tujuannya. Istilah logo ini juga disebut dengan Logotype dalam bahasa Inggris karena terdiri dari kata-kata.

Apa itu Desain Logo?

Desain logo didefinisikan sebagai desain yang dibuat untuk membentuk atau menciptakan logo. Desain logo dapat dibuat baik dalam bentuk fisik maupun secara digital. Desain logo ini bisa dibuat oleh desainer atau pun pihak dari perusahaan atau perorangan dengan merancangnya sendiri.

Apa itu Emblem?

Emblem adalah lambang, yang sering disalahartikan dengan logo, didefinisikan sebagai simbol yang dibuat dengan bantuan abstrak, gambar objektif, angka atau huruf yang dirancang untuk branding.

Apa Perbedaan Antara Logo dan Emblem?

Perbedaan yang paling jelas antara emblem dan logo dapat kami jelaskan sebagai berikut ; Desain logo hanya terdiri dari teks, sedangkan emblem adalah simbol yang dapat memuat logo dan dapat digunakan secara keseluruhan. Selain itu, logo menonjol dengan persepsi desain visualnya, sedangkan lambang menonjol dengan fitur yang menarik.

Apa fungsi Desain Logo?

Fungsi utama dari desain logo adalah untuk mencitapakan branding bagi perseorangan, perusahaan, layanan, produk, atau bisnis. Pada titik ini, pekerjaan desain logo sangat penting; karena di situs web Anda, akun media sosial, kartu, dll. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah emblem Anda. Orang yang melihat lambang harus memiliki kepercayaan diri pada pandangan pertama.

Persediaan seperti desain situs web, kartu nama, katalog, kampanye iklan, brosur, dan papan nama akan menjadi kebutuhan terbesar Anda saat ini. Untuk alasan ini, prioritas pertama Anda adalah identitas perusahaan dan desain logo yang dapat Anda gunakan dengan mudah di setiap bidang. Inisiatif ini juga akan menjadi langkah awal branding.

Apa yang Harus Dipertimbangkan Saat Mendesain Logo?

Karena logo Anda akan menjadi wajah merek, produk, dan layanan Anda, Anda harus mempertimbangkan citra institusi atau organisasi Anda dalam desain logo. Anda juga bisa melakukan desain logo sendiri, namun jika menginginkan sesuatu yang lebih profesional, Anda bisa mendapatkan bantuan dari para ahli di bidangnya.

Namun, mungkin ada banyak tanda tanya dalam pikiran tentang subjek ini. Kami sebagai ACW Istanbul Advertising Agency telah menentukan apa saja yang perlu Anda perhatikan agar dapat mendesain logo yang impresif dan menarik yang menunjukkan visi brand Anda.

Anda dapat menggunakan visual minimal dan font polos dalam desain Anda sehingga orang yang melihat logo Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi logo Anda dengan merek Anda. Namun, metode dan elemen grafis yang Anda gunakan harus menarik citra identitas perusahaan Anda.

Logo Anda tidak boleh membangkitkan organisasi lain. Karena logo yang membangkitkan organisasi lain dapat merusak citra perusahaan secara serius. Oleh karena itu, font dan elemen visual dalam desain logo Anda harus orisinal dan menarik bagi audiens target.

Jika Anda berpikir untuk mendesain logo sederhana, Anda harus berhati-hati agar warnanya selaras satu sama lain. Untuk alasan ini, Anda harus menggunakan maksimal 3 warna pada logo Anda dan menghindari berlebihan dan kerumitan. Anda juga dapat membuat gambar yang rapi dengan menyiapkan simbol yang menarik.

Saat mendesain logo Anda, Anda harus memutuskan dimensi terlebih dahulu. Karena beberapa logo digunakan di internet dan lingkungan digital serupa, beberapa logo dapat ditempatkan di area seperti spanduk, papan nama, atau papan reklame. Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan resolusi dengan mempertimbangkan platform yang ingin Anda gunakan.

Pastikan font dapat dibaca. Jadi, dengan memilih font yang mencerminkan misi, visi, dan identitas merek Anda, Anda dapat menyampaikan pesan yang ingin Anda berikan kepada audiens target Anda dengan cara yang lebih mudah dipahami.

Mengapa Logo itu Penting?

Sederhananya, logo Anda adalah tanda tangan Anda. Ini adalah tanda tangan Anda yang dibentuk oleh identitas Anda sendiri. Oleh karena itu, logo dengan huruf, simbol dan gambar atau keduanya (gambar dan huruf) penting untuk identitas perusahaan . Jika kita berpikir seperti ini, pentingnya logo dapat dipahami dengan lebih jelas.

Berkat logo yang dibuat atau dipilih , Anda dapat memperkenalkan diri kepada dunia dengan lebih nyaman dan mudah. Jadi, dengan desain yang mencerminkan Anda, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk membedakan diri Anda dari pesaing Anda dan membuat kesadaran Anda jauh lebih sehat. Seni dan kreativitas dalam logo Anda secara langsung memengaruhi audiens target.

Pentingnya Identitas Perusahaan

Jika kita mengambil contoh logo merek-merek terkenal , ciri-ciri umum dari semua itu adalah “polos, sedikit warna, mudah dibaca dan dimengerti”.

Sebuah citra yang baik harus ditangkap untuk menambah berat badan dan memiliki suara di pasar. Mungkin langkah pertama dari gambar adalah logo. Logo yang tidak berubah selama bertahun-tahun telah menjadi perusahaan paling terkenal dan berpengaruh di industri ini. Di sisi lain, logo yang terus-menerus diubah atau dipilih secara tidak benar meningkatkan biaya selama transformasi dan merugikan institusi.

Desain logo anda harus informatif yang menjelaskan tentang pekerjaan yang Anda lakukan, bidang aktivitas Anda, dan kualitas Anda. Gambar yang dirancang dengan baik adalah referensi bagi institusi dan dapat menggantikan ratusan kata.

Logo atau lambang yang benar-benar asli membedakannya dari perusahaan lain dengan mengungkapkan karakteristik lembaga itu. Perbedaan ini juga menjadi faktor prestise sebelum membeli barang dan jasa. Ketika sebuah perusahaan memiliki logo yang mencerminkan dirinya dengan baik, brand akan lebih mudah berkembang.