Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa saja Negara Eropa?

Apa itu Benua Eropa?

Benua Eropa, salah satu dari 7 benua di dunia, secara geografis terhubung dengan Asia. Perbatasan timur Eropa berbatasan dengan Sungai Ural, dan perbatasan tenggaranya adalah Pegunungan Ural.

Perbatasan berlanjut di sepanjang Laut Kaspia dan puncak Pegunungan Kaukasus. Perbatasan ini ditentukan oleh Laut Hitam, Laut Marmara, Bosphorus dan Dardanella.

Eropa berbatasan dengan Laut Mediterania di selatan, Samudra Arktik di utara, dan Samudra Atlantik di barat. Semenanjung ini sangat dekat dengan Benua Afrika berkat Selat Gibraltar.

Ada 64 negara di Eropa, 50 di antaranya independen, 8 dependen, dan 6 tidak diakui. Selain itu, 14 negara ini memiliki pulau. Dari pulau-pulau tersebut, 19 adalah laut pedalaman dan 32 adalah laut dan samudera besar.

Populasi Benua Eropa: 743,1 juta

Luas Benua Eropa : 10.180.000 km 2

Jumlah Negara di Benua Eropa : 64

Batas Geografis Benua Eropa

Itu tidak memiliki batas yang jelas di sebelah timur Eropa, di selatan adalah Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam dan Mediterania, Bosphorus dan Dardanelles.

Di sebelah barat laut adalah Samudra Atlantik, dan di sebelah utara adalah Samudra Arktik (Laut Arktik).

Apa saja Negara Eropa?

Bagi anda yang ingin tahu tentang Apa saja Negara Eropa maka berikut ini adalah Tabel Negara dan Ibukotanya di Benua Eropa diberikan di bawah ini:

maps-and-tables.blogspot.com
maps-and-tables.blogspot.com

 

EROPA BARAT
NEGARAIBU KOTA
JermanBerlin
AustriaWina
BelgiumBrussel
Britania RayaLondon
PerancisParis
BelandaAmsterdam
IrlandiaDublin
SwissBern
LiechtensteinVaduz
LuksemburgLuksemburg
MonakoMonako
EROPA TIMUR
NEGARAIBU KOTA
BelarusiaMinsk
BulgariaSofia
Republik CekoPraha
HungariaBudapest
MoldovaChisinau
PolandiaWarsawa
RumaniaBukares
Slowakiabratislava
UkrainaKiev
EROPA UTARA
NEGARAIBU KOTA
DenmarkKopenhagen
EstoniaTallinn
FinlandiaHelsinki
SwediaStockholm
ZlandaReykjavik
LatviaRiga
LithuaniaVilnius
NorwayOslo
EROPA SELATAN
NEGARAIBU KOTA
andoraAndorra la Vella
Albaniamereka menarik
Bosnia dan HerzegovinaSaraybosna
KroasiaZagreb
SpanyolMadrid
ItaliaRoma
MontenegroPodgorica
MakedoniaSkopje
MaltaValetta
PortugalLisboa
San MarinoSan Marino
SerbiaBeograd
SloveniaLjubljana
VatikanVatikan
YunaniAthena

Informasi Tentang Benua Eropa

Eropa adalah salah satu dari 7 benua di dunia, dan bersama-sama dengan Asia, membentuk wilayah geografis Eurasia. Ini memiliki luas sekitar 10.180.000 km². Ini mencakup 6,8% dari daratan dunia.

Eropa secara geografis dibatasi di timur oleh Pegunungan Ural, Sungai Ural, dan Laut Kaspia. Di selatan adalah Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam dan Mediterania, Bosphorus dan Dardanella.

Samudra Atlantik di barat laut, dan Samudra Arktik di utara. Eropa dibagi menjadi empat wilayah: Barat, Timur, Utara dan Selatan. Beberapa ahli geografi membagi Eropa menjadi lima wilayah dan menggunakan definisi Eropa Tengah sebagai wilayah kelima.

Secara total, ada 64 negara di Eropa, 50 di antaranya independen, 8 dependen, dan 6 tidak dikenal. 14 negara memiliki pulau. Dari jumlah tersebut, 19 adalah laut pedalaman dan 32 adalah laut dan samudera besar.

Lima negara dan wilayah Asia di benua Eropa terletak di Turki, Azerbaijan, Kazakhstan, Georgia, dan Rusia. Siprus dan Armenia masih dalam posisi menyebabkan perdebatan politik dan sosial. 28 negara di Uni Eropa dan 25 negara di NATO.

Ada 47 negara di Dewan Eropa. Ukraina adalah negara dengan luas permukaan terbesar di antara semua negara Eropa. Negara Eropa terbesar adalah Rusia dan negara Eropa terkecil adalah Vatikan.