Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah wortel bagus untuk mata?

Wortel telah dianggap sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan selama ratusan tahun.

Pada Abad Pertengahan wortel diyakini sebagai makanan yang bisa menyembuhkan dari beragam penyakit mulai penyakit menular seksual hingga gigitan ular. 

Cerita Wortel Yang Bagus Untuk Mata

Selama Perang Dunia Kedua konsumsi wortel dikaitkan dengan penglihatan, terutama penglihatan pada malam hari. 

Angkatan Udara Kerajaan Inggris; John Cunningham , seorang pilot pesawat tempur yang terampil Dia menerbitkan sebuah cerita di mana dia mengatakan bahwa dia mengonsumsi wortel untuk penglihatan malam yang kuat dan sniping. 

Sebagai cerminan dari cerita ini, peningkatan konsumsi wortel mulai terlihat di masyarakat Inggris. 

Selama Perang Dunia Kedua, orang-orang pun menginginkan wortel, yang mereka yakini mampu memberikan penglihatan yang tajam, untuk memperkuat penglihatan mereka sendiri. 

Cerita tentang mengkonsumsi wortel  ini cukup berhasil, tetapi pada kenyataannya; Angkatan Udara Kerajaan; Dengan propaganda ini dia menyembunyikan fakta bahwa dia sebenarnya menggunakan radar untuk mendeteksi pemboman Lutfwaffe di malam hari.

Meskipun demikian, tidak ada keraguan bahwa vitamin yang ditemukan dalam wortel mendukung kesehatan mata secara keseluruhan.

Apakah wortel bagus untuk mata?

Secara singkat iya, wortel bagus untuk mata. Wortel adalah makanan yang kaya akan beta-karoten, pigmen karotenoid yang ditemukan di banyak buah dan sayuran berwarna oranye.

Beta karoten adalah prekursor penting untuk vitamin A. Jadi kekurangan vitamin A yang ekstrim dapat menyebabkan kebutaan. 

Memang, kekurangan vitamin A telah dilaporkan menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Namun, kekurangan vitamin A; itu juga dapat menyebabkan xerophthalmia , penyakit di mana mata tidak dapat menghasilkan air mata lagi, mata kering, kelopak mata bengkak, dan borok kornea. 

Di sisi lain, vitamin A; Dapat mencegah pembentukan katarak dan degenerasi makula (penyakit bintik kuning) yang merupakan penyebab utama kebutaan di dunia. 

Namun, jika masalah penglihatan Anda bukan karena vitamin A, penglihatan Anda tidak akan berubah tidak peduli berapa banyak wortel yang Anda makan.

Juga perlu diingat bahwa wortel bukan satu-satunya sayuran yang mengandung beta-karoten yang membantu mata Anda. 

Makanan lainnya, misalnya; Ubi jalar (ivy potato), mangga, labu, aprikot dan melon juga merupakan sumber beta-karoten. 

Pada saat yang sama, nutrisi ini juga ditemukan dalam produk susu seperti susu dan keju, dan kuning telur.

Namun perhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan beta-karoten. 

Karena beta-karoten adalah pigmen, yang artinya hal tersebut dapat menyebabkan kulit Anda berubah menjadi oranye. 

Meski tidak berbahaya, jika Anda mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan Anda mengikuti pola makan yang seimbang.

Selain beta-karoten, wortel juga mengandung lutein dan antioksidan. 

Bisa disimpulkan bahwa makanan kaya lutein meningkatkan kepadatan pigmen pada bintik kuning (makula) berbentuk oval yang terletak di sebelah lapisan retina mata. 

Semakin besar kepadatan pigmen di bintik kuning, semakin baik perlindungan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula. 

Selain wortel, bayam, kangkung, sayuran berdaun hitam dan hijau juga mengandung lutein.

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com