Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah wortel bisa dimakan mentah?

Wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Wortel mengandung beragam vitamin penting yang diperlukan oleh tubuh. 

Lalu bagaimana caranya mengonsumsi wortel? Apakah wortel bisa dimakan mentah? Bagus mana wortel dimakan mentah atau dimasak?

Apakah wortel bisa dimakan mentah?

Iya, wortel bisa dimakan mentah. Banyak masyarakat dunia yang memilih memakan wortel mentah.

Selain dimakan langsung, wortel mentah juga biasa dimakan dalam bentuk salad sayur atau pun dijadikan jus wortel. 

Apakah wortel bagus dimakan mentah atau dimasak?

Wortel mentah dan dimasak memiliki nilai vitamin dan mineral yang berbeda. 

Oleh karena itu, untuk menjaga pola makan, sebaiknya konsumsi wortel dengan memperhatikan apakah baik untuk dimakan saat masih mentah atau sudah matang.

Nilai gizi wortel mentah dan masak

100 gram wortel mentah mengandung 41 kkal kalori, 9,6 gram karbohidrat, 0,2 gram lemak, 0,9 gram protein, 5,9 mg vitamin C, 320,0 mg kalium dan 33,0 mg kalsium.

100 gram wortel matang mengandung kalori 35 kkal, karbohidrat 8,2 gram, lemak 0,2 gram, protein 0,8 gram, vitamin C 3,6 mg, potasium 235,0 mg, dan kalsium 30,0 mg.

Apakah Bagus makan Wortel Yang dimasak?

Wortel yang telah dimasak nilai gizinya menurun. Ada sejumlah nilai gizi dalam kedua bentuk konsumsi, tetapi ketika Anda merebus wortel, ada kehilangan nilai gizi yang serius.

Wortel lebih bergizi dalam bentuk mentahnya daripada yang dimasak. Namun, ketika wortel dimasak, beberapa nilai meningkat dibandingkan dengan bentuk mentahnya, tetapi pada umumnya wortel mentah lebih bergizi daripada wortel yang dimasak.

Keuntungan Makan Wortel Masak

Meski terjadi penurunan nilai gizi pada wortel yang dimasak, namun lebih sehat dari pada wortel mentah dalam hal pencernaan. Karena wortel mentah lebih sulit dicerna daripada wortel matang.

Itulah informasi seputar apakah wortel bisa dimakan mentah Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com