Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Semangat Dalam Belajar Saat Malas

Belajar adalah hal yang sulit dalam hidup ini. Imam Syafii Ra pernah berkata yang intinya adalah sebagai berikut: Jika kamu tidak betah dengan pahitnya belajar maka kamu akan siap betah dalam menjalani pahitnya kebodohan

Bagi sebagian orang belajar adalah hal yang menyenangkan karena dengan belajar tersebut ia akan memperoleh ilmu yang bisa bermanfaat dalam hidupnya.

Meskipun begitu tak jarang pula ada orang yang malas dan sulit untuk belajar. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan pelajar malas belajar. Di antaranya adalah pikiran yang fokus atau minat cita-cita yang kurang dihayati dalam hati.

Dalam kata lain, kebanyakan siswa yang malas belajar itu adalah siswa yang kurang memiliki motivasi belajar yang tinggi. Sebaliknya siswa atau pelajar yang memiliki motivasi belajar yang tinggi maka mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk belajar dan semangat dalam mencari ilmu.

Mengapa Tidak Semangat Alias Malas Belajar?

Sebelumnya sudah dibahas sedikit tentang alasan mengapa siswa tidak semangat alias malas belajar. Kali ini kita akan memerinci lagi kenapa siswa bisa menjadi tidak semangat atau malas belajar tersebut.

1. Kurang Motivasi

Kurangnya motivasi menjadi penyebab utama kenapa seorang siswa malas belajar. Motivasi itu bagaikan niat dan semangat dalam mencapai segala sesuatu. Tanpa motivasi ini maka seseorang tidak akan punya alasan untuk bisa mencapai apa yang menjadi cita-citanya.

Untuk memiliki motivasi, maka seseorang perlu untuk memiliki tujuan. Tanpa tujuan atau cita-cita maka sulit bagi seseorang untuk bisa memiliki motivasi. Walhasil ia akan malas untuk berusaha.

Oleh karenanya, seorang siswa yang malas belajar biasanya ia tidak punya motivasi yang kuat. Alasan kenapa ia harus rela mengulang-ulang mata pelajaran yang tidak ia paham. Atau kenapa ia harus susah payah menemui guru untuk menanyakan pelajaran yang tidak ia pahami.

Motivasi ini salah satunya, ia ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Tanpa belajar yang rajin maka ia tidak akan bisa mencapai tujuan itu karena kuliah di luar negeri membutuhkan nilai yang tinggi.

Contoh lain dari motivasi adalah seorang siswa ingin memasuki perusahaan tertentu yang menuntut nilai tinggi dalam ijazah. Maka ia harus berusaha semaksimal mungkin belajar demi mendapatkan kesempatan meraih tujuannya itu.

Bagi siswa yang tak punya motivasi, maka alasan apa yang bisa menjadi semangat ia harus belajar? Tidak ada kan? kalau tidak ada kenapa harus rajin belajar?

2. Merasa Kesulitan dalam Belajar

Hal yang sering membuat mengapa malas belajar adalah karena materinya yang sulit dipahami sehingga butuh ekstra belajar untuk memahaminya. Namun setelah belajar ekstra ternyata tetap tidak bisa paham. Akhirnya menyerah dan malas belajar.

Dalam masalah ini tidak serta merta murid atau siswa selalu salah. Bisa jadi guru kurang baik atau kurang bisa salam menjelaskan sebuah materi. Walhasil murid yang kebingungan dan mereka pun merasa selalu sulit dan pasti gagal dalam belajar. Akhirnya mereka pun menjadi malas dan kurang semangat karena merasa tidak mendapatkan keberhasilan dalam belajar.

Cara Agar Semangat Dalam Belajar Saat Malas

Adapun cara agar bisa semangat belajar saat kita malas adalah kembali kepada faktor mana yang menjadi penyebab malas dalam belajar itu. Jika kita sudah menemukannya, maka kita pun harus berusaha untuk memperbaikinya.

Misalnya kalau kita tidak punya motivasi, maka carilah motivasi dan tujuan itu sehingga kita pun punya alasan kuat untuk belajar. Meskipun ada rintangan tetapi kita semangat dalam belajar

Jika masalahnya adalah karena kita sulit paham, maka kita harus bisa mengatasinya dengan komplain kepada pihak sekolah bahwa guru A atau B kurang bagus dalam menerangkan pelajaran.

Dulu di sekolah penulis pun ada masalah demikian dapara murid berhasil memprotes guru tersebut karena kurang bagus dalam mengajar. Dengan demikian pun semua masalah tersebut bisa diatasi sehingga murid bisa semangat belajar.