Mengapa kipas laptop berisik

Mengapa kipas laptop berisik

Kipas laptop punya peran penting dalam mengatur suhu laptop agar tetap dingin. Kipas yang rusak bisa menyebabkan laptop sering mati bahkan rusak. 

Lalu mengapa kadang kipas laptop sangat berisik atau bahkan sering berisik?

Mengapa kipas laptop berisik

Timbulnya suara berisik dan terjadi secara terus menerus pada kipas laptop bisa pula disebabkan karena kipas terlalu kotor. 

Kotoran dan debu yang masuk dari celah kecil pada laptop yang menumpuk akan menghambat kinerja kipas laptop sehingga kipas tidak bekerja dengan optimal.

Saat kipas komputer berputar keras untuk waktu yang lama, mungkin ada masalah dengan kipas atau komputer menjadi terlalu panas. 

Sesuaikan pengaturan daya, bersihkan ventilasi kipas, periksa proses yang mencurigakan, lalu perbarui BIOS untuk membantu mengurangi suhu internal.

Kipas angin di komputer laptop dapat beroperasi dengan suara keras. Banyak faktor yang terlibat dalam terjadinya masalah ini. Jadi, bagaimana cara memperbaiki masalah kebisingan kipas laptop? Langkah-langkah dalam panduan kami dapat membantu Anda memecahkan masalah yang Anda hadapi.

Dari sudut pandang dasar, fakta bahwa komputer menjalankan kipas menunjukkan bahwa suhu sekitar harus turun. Jika perangkat Anda terlalu panas, yang perlu Anda lakukan adalah menurunkan suhunya. Tentu selain panas, debu dari kipas angin juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Bagaimana Cara Memperbaiki Kipas Laptop Yang Membuat Kebisingan?

  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan
  • Menggunakan komputer di permukaan yang tepat
  • Pembersihan perangkat lunak
  • pembersihan fisik
  • Menggunakan perangkat lunak pihak ketiga
  • Membeli pendingin laptop
  • Menghubungi layanan teknis
Metode yang tercantum di atas dapat membantu menyelesaikan masalah yang Anda alami dengan laptop Anda. Anda dapat mempelajari cara menerapkan metode ini di bawah ini.

1. Tutup Aplikasi yang Tidak Anda Gunakan

  • Buka Task Manager dengan shortcut "Ctrl + Shift + Esc".
  • Klik pada aplikasi yang tidak perlu di tab "Tindakan".
  • Pilih "Akhiri tugas".
  • Klik tab "Mulai".
  • Klik pada aplikasi yang tidak Anda gunakan.
  • Klik tombol "Nonaktifkan".
Program yang terbuka di komputer Anda terus berjalan. Ini berarti lebih banyak daya pemrosesan diperlukan, dan Anda akan menghadapi panas selama pembuatan lebih banyak daya. 

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menutup aplikasi dan program yang tidak Anda gunakan.

Buka Task Manager menggunakan shortcut keyboard "Ctrl + Shift + Esc" atau dengan mengklik kanan pada Start Menu. Deteksi aplikasi yang tidak perlu yang berjalan di latar belakang di tab "Proses". 

Klik pada aplikasi yang dimaksud. Pilih "Akhiri tugas" untuk menonaktifkan aplikasi.

Klik pada tab "Startup" setelah menyelesaikan aplikasi yang tidak perlu. Di tab ini, Anda dapat mengelola program yang terbuka secara otomatis saat komputer dihidupkan. Nonaktifkan program yang tidak Anda perlukan dari tab Startup. 

Dengan demikian, lebih sedikit daya pemrosesan yang akan dikonsumsi saat komputer dihidupkan berikutnya.

2. Gunakan Komputer di Permukaan Kanan

Permukaan di mana komputer diposisikan dapat memblokir ventilasi. Hal ini dapat menyebabkan komputer menjadi panas dan kipas bekerja lebih keras. 

Jadi pastikan Anda menggunakan laptop di permukaan yang rata dan keras. Setelah melakukan ini, periksa kebisingan kipas.

3. Lakukan Pembersihan Perangkat Lunak

Terutama komputer dengan sistem operasi Windows dapat sering terkena malware. Beberapa perangkat lunak ini berjalan di latar belakang dan membuat komputer lelah. Anda dapat memikirkan situasi ini dengan cara yang mirip dengan artikel di atas, tetapi solusinya berbeda.

Pada titik ini, Anda perlu mendapatkan bantuan dari program antivirus. Pindai secara teratur dengan program antivirus. Dengan demikian, malware di komputer Anda akan dibersihkan.

Meskipun Internet adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, kita tidak selalu menemukan konten yang bermaksud baik di jaringan besar ini.

4. Lakukan Pembersihan Fisik

Kapan terakhir kali Anda membersihkan komputer Anda? Jika penyebab masalah kebisingan kipas yang tinggi bukan karena perangkat lunak, mungkin karena fisik. Saluran ventilasi di komputer Anda mungkin penuh dengan debu dan zat serupa.

Jika laptop yang Anda gunakan tidak mendapatkan aliran udara yang cukup, laptop akan memanas, menyebabkan kipas berputar jauh, jauh lebih keras dari yang seharusnya. 

Pada dasarnya, semua ini berarti kipas yang bekerja dengan keras, dan itulah mengapa kebersihan fisik itu penting.

Anda harus sangat berhati-hati saat membersihkan komputer Anda karena tindakan yang salah dapat menyebabkan komponen perangkat keras rusak. Akibatnya, Anda menghadapi masalah yang jauh lebih besar. 

Untuk itu, Anda bisa melakukan proses pembersihan secara perlahan dan hati-hati setelah membuka penutup komputer dengan bantuan obeng.

5. Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Sebagian besar model laptop memungkinkan Anda untuk mengontrol kecepatan kipas melalui perangkat lunak pihak ketiga seperti Kecepatan Kipas. 

Anda dapat mengurangi kebisingan dengan mengurangi kecepatan kipas melalui perangkat lunak ini. 

Perhatikan bahwa proses ini akan meningkatkan suhu laptop dan memperpendek umurnya dalam jangka panjang.

Program manajemen kipas pihak ketiga tersedia untuk laptop yang menjalankan sistem operasi Windows, macOS, dan Linux.

6. Beli Pendingin Laptop

Suhu tinggi dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk penurunan kinerja perangkat keras. Kebisingan kipas adalah salah satu masalah ini. 

Suara kipas mungkin disebabkan oleh suhu tinggi. Ada metode yang bisa Anda gunakan untuk ini.

Jika metode ini tidak cukup atau Anda memiliki komputer lama, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pendingin eksternal. Dengan demikian, pendingin eksternal akan memecahkan masalah panas yang tidak dapat ditangani oleh kipas.

7. Menghubungi Layanan Teknis

Jika metode di atas tidak berhasil, mungkin ada masalah perangkat keras. Seiring waktu, kipas komputer Anda mungkin rusak. Untuk alasan ini, hubungi layanan teknis. 

Pihak berwenang di bagian technical service mendeteksi dan menyelesaikan masalah yang terjadi pada laptop Anda.

Jadi apa pendapat Anda tentang informasi dalam panduan ini? Apakah Anda berhasil mengatasi masalah panas dengan informasi yang terkandung di sini? Jangan lupa untuk membagikan pandangan Anda tentang masalah ini dengan kami di bagian komentar tepat di bawah.

Itulah informasi seputar Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung di website kangdidik.com

Previous Post Next Post