Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Keju mozarella?

Apa itu Keju mozarella?

Mozzarella adalah salah satu cita rasa yang dikenalkan oleh orang Italia ke masakan dunia. Kejui ini banyak diproduksi dari susu kerbau di hampir seluruh Italia Selatan, terutama kota Napoli yang juga terkenal dengan pizza-nya, mozzarella mengambil namanya dari kata mozzo, yang berarti ‘dibagi menjadi beberapa bagian’.

keju mozzarella adalah jenis keju yang terkenal di dunia. Keju ini biasanya disajikan dalam bentuk irisan. Kata mozzare berarti “memotong” dalam bahasa Italia. Keju mozzarella biasanya berwarna putih asalkan masih segar.

Namun, mungkin berubah menjadi kuning tergantung pada hewan atau kesegaran susu yang digunakan. Keju mozzarella merupakan keju yang semi lunak karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Untuk alasan ini, secara tradisional disajikan sehari-hari. Namun, dapat disimpan dalam air garam hingga 1 minggu.

Hari ini, periode ini dapat diperpanjang dengan bantuan kantong vakum. Selain itu, keju mozzarella rendah lemak dapat disimpan hingga 1 bulan.

Namun, dengan aditif di dalamnya, periode ini dapat diperpanjang lebih lama. Dalam konteks ini, keju rendah lemak dijual dengan tanggal kedaluwarsa 6 bulan.

Keju mozzarella bisa dikonsumsi dengan irisan tomat dan basil, serta ditambahkan ke makanan seperti pizza dan lasagna.

Resep Stik Mozarella

image yemek.com

Bagaimana cara membuat stik mozarella? Potong keju mozzarella menjadi irisan seukuran jari. Ambil tepung di piring. Kocok putih telur dengan susu. Campur remah roti dengan bubuk bawang putih, bubuk bawang merah, thyme dan lada hitam yang baru digiling. 

Celupkan keju segi empat ke seluruh tepung terlebih dahulu, lalu putih telur yang sudah dikocok dan terakhir tepung roti yang sudah dibumbui. 

Tempatkan mereka satu per satu di atas nampan yang dilapisi kertas roti dan simpan di lemari es untuk membeku. Panaskan minyak dalam wajan yang dalam dan masak keju selama setengah menit sampai menjadi kuning. Sajikan dengan daun kemangi.