Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Trojan?

Apa itu Trojan? Internet, yang merupakan jaringan komunikasi dan informasi yang paling banyak digunakan di dunia modern, juga dapat menampung perangkat lunak berbahaya dari waktu ke waktu.

Program perangkat lunak kecil yang menyebar dari satu komputer ke komputer lain dan mengganggu pekerjaan Anda disebut virus komputer.

Virus dapat menyebabkan hilangnya atau rusaknya data pada komputer Anda atau penghapusan semua item pada hard disk. Salah satu virus tersebut adalah virus trojan. Pada artikel ini, kita akan berbicara tentang virus trojan secara rinci.

Apa itu Trojan?

Trojan adalah nama populer yang digunakan untuk menyebut salah satu jenis virus yang bisa menjangkiti komputer.

Virus Trojan adalah jenis kode atau perangkat lunak berbahaya yang terlihat sah tetapi dapat mengendalikan komputer Anda. Ini dirancang untuk merusak, merusak, mencuri, atau melakukan tindakan berbahaya lainnya pada data atau jaringan Anda. Tidak seperti virus komputer lainnya, virus ini tidak berkembang biak dengan menginfeksi file atau komputer lain.

Salah satu virus komputer di antara perangkat lunak yang cukup berbahaya adalah trojan. Virus trojan diambil namanya dari kisah Kuda Troya, dimana virus ini menginfeksi komputer menggunakan metode yang sama seperti dalam cerita.

Ini mencoba menipu Anda untuk menginstalnya dengan bersembunyi di dalam program yang tampaknya tidak berbahaya. Mari kita lihat informasi rinci tentang apa itu trojan dan bagaimana cara menghapusnya .

Trojan menggunakan malware lain dan datang dalam ekstensi untuk menyembunyikan tujuannya. Virus yang berhasil bertahan tidak terdeteksi; Itu bisa duduk diam di komputer Anda, mengumpulkan informasi, melubangi keamanan Anda, atau hanya mengambil alih komputer Anda. Singkatnya, ini adalah program jahat yang berpura-pura tidak berbahaya untuk mengelabui dan menyakiti orang.

Virus Tojan memiliki perbedaan sebagai salah satu bagian pertama dari malware. Virus, yang ditemukan dalam laporan Angkatan Udara AS pada tahun 1974, ditemukan setahun kemudian dalam sebuah program yang disebut “Animal Pervade”. Trojan menyamar sebagai game bertema binatang sederhana untuk membuat pengguna mengunduhnya; diam-diam mereplikasi diri dan membuat cadangan di setiap drive.

Secara khusus, trojan, yang telah menjadi salah satu serangan malware paling populer saat ini, adalah metode distribusi utama untuk semua jenis malware yang mengancam program media sosial.

Apa Saja Jenis-Jenis Virus Trojan?

Ada banyak jenis virus trojan. Beberapa dapat mengirim SMS, mencuri kredensial Anda melalui pesan instan, memata-matai aktivitas sistem untuk menangkap data keystroke, mendapatkan alamat email dan kredensial game. Beberapa jenis virus trojan yang paling umum adalah:

Trojan-Downloader : Jenis virus yang mengunduh dan menginstal malware lain. Menargetkan komputer Anda yang sudah terinfeksi, varian virus ini mungkin berisi adware.

Trojan-Droppers: Program canggih yang digunakan oleh penjahat dunia maya untuk menginstal malware. Sebagian besar program antivirus tidak mendeteksi trojan jenis ini sebagai berbahaya dan oleh karena itu dapat dengan mudah menginfeksi komputer.

Ransomware – Jenis trojan yang dapat mengenkripsi data di komputer Anda. Penjahat dunia maya yang mengendalikan perangkat lunak ini meminta tebusan untuk memberikan kunci dekripsi. Sangat sulit untuk memulihkan data tanpa kunci dekripsi. Pakar keamanan siber menyarankan pengguna untuk mengikuti kebijakan pencadangan dan pemulihan yang solid dan sistematis.

Trojan-Banker: Jenis program malware ini; Sistem pembayaran elektronik dirancang khusus untuk mencuri informasi akun pengguna seperti kartu kredit dan perbankan online.

Trojan-Rootkits: Mencegah deteksi malware dan aktivitas jahat di komputer. Dibutuhkan kendali atas perangkat Anda.

Trojan-Backdoor : Ini adalah jenis Trojan yang populer. Ini menciptakan pintu belakang yang memungkinkan penjahat dunia maya untuk kemudian mengakses komputer Anda kapan saja menggunakan alat akses jarak jauh (RAT). Varian trojan ini adalah virus yang berbahaya tetapi banyak digunakan karena memberikan kendali penuh atas komputer.

Bagaimana Virus Trojan Menginfeksi file komputer?

Berpura-pura menjadi aplikasi atau file untuk menipu Anda, trpojan mencoba memasang malware di perangkat Anda. Begitu berada di perangkatnya, dia dapat melakukan aksi yang dia rancang. Jadi, bagaimana virus trojan ditularkan?

Virus Trojan dapat terlihat seperti apa saja. Game komputer yang Anda unduh dari situs web, MP3 gratis dari band favorit Anda, bahkan iklan apa pun dapat mencoba memasang malware di komputer Anda.

Metode infeksi Trojan yang paling umum adalah eksekusi program jahat. Secara khusus, lampiran yang dikirim melalui email mungkin berisi trojan. Program di latar belakang surat yang datang dengan animasi yang indah atau gambar yang menarik dapat menginstal trojan.

Jika Anda mengunduh program atau gambar apa pun dari situs web yang berisi virus Trojan, Anda juga dapat terinfeksi. Menggunakan kerentanan dalam program perlindungan virus, trojan mengendap di komputer Anda tanpa Anda sadari dan dapat dengan mudah mengakses semua informasi Anda.

Virus Trojan dapat menggunakan perangkat lunak pesan instan yang mendukung berbagi file atau membuka port di server yang memungkinkan berbagi file, seperti HTTP, FTP, atau SMTP.

Beberapa virus trojan canggih juga dapat menginfeksi melalui pesan langsung. File yang dapat dieksekusi dapat menyesatkan pengguna karena memiliki nama yang sama dengan file sistem. (seperti svchost32.exe, svhost.exe, back.exe, winlogon.exe, system.exe, admin.exe)

Bagaimana Cara Mendeteksi Virus Trojan?

Trojan tidak hanya menjadi masalah bagi laptop dan desktop. Mereka juga dapat memengaruhi perangkat seluler Anda, termasuk ponsel dan tablet.

Ketika virus Trojan menginfeksi perangkat Anda, biasanya memperlambat perangkat yang terinfeksi atau memiliki perilaku antarmuka pengguna yang aneh.

Ketika perangkat terinfeksi trojan; Jendela baru muncul dengan sendirinya oleh browser atau sistem operasi pengguna, kehabisan ruang disk, dan kesalahan disk persisten yang tidak dapat dijelaskan.

Mouse atau keyboard bekerja dengan sendirinya. Komputer mati atau restart tanpa mengambil tindakan apa pun. Perubahan terjadi pada gambar atau konfigurasi desktop.

Halaman awal browser atau halaman awal dapat berubah, pencarian dapat dialihkan ke domain yang tidak dikenal. Saat pengguna tidak aktif, aktivitas jaringan yang tidak biasa dan program baru yang tidak ditambahkan oleh pengguna dapat menggantikannya di komputer.

Semua ini mungkin menunjukkan bahwa virus trojan telah menetap di komputer Anda.

Untuk mendeteksi virus Trojan, coba cari program atau aplikasi di komputer Anda yang tidak Anda ingat pernah menginstalnya.

Masukkan nama file atau program yang tidak dikenal ke mesin pencari untuk menentukan apakah itu trojan. Terakhir, jika Anda belum melakukannya, pindai komputer Anda dengan perangkat lunak antivirus untuk melihat apakah file berbahaya ditemukan.

Bagaimana Cara Menghapus Virus Trojan?

Setelah mendeteksi virus trojan di komputer Anda, Anda dapat menghapus virus secara manual dari sistem Anda. Namun cara ini membutuhkan keahlian dan cukup memakan waktu.

Cara yang lebih sederhana dan praktis adalah dengan menggunakan program yang dirancang khusus untuk menghapus malware dari sistem Anda.

Anda dapat menggunakan program penghapus trojan untuk menghapus trojan.

Alat penghapus virus Trojan yang memindai seluruh komputer untuk menemukan perangkat lunak dan file berbahaya di sistem Anda, menghapus semua virus secara manual yang mengancam komputer Anda, dan membersihkan sistem Anda sepenuhnya.

Bagaimana Cara Mencegah infeksi Virus Trojan?

Berikut adalah beberapa perlindungan untuk membantu melindungi perangkat Anda dari malware seperti trojan:

Keamanan komputer dimulai dengan menginstal dan menjalankan suite keamanan internet. Anda dapat menjalankan pemindaian berkala untuk melindungi perangkat Anda dari malware . Anda dapat mengatur program untuk menjalankan pemindaian secara otomatis secara berkala.

Perbarui perangkat lunak sistem operasi Anda segera setelah pembaruan tersedia dari perusahaan perangkat lunak . Penjahat dunia maya cenderung mengeksploitasi kerentanan dalam program perangkat lunak lama.

Selain pembaruan sistem operasi, Anda juga harus memeriksa pembaruan perangkat lunak lain yang Anda gunakan di komputer.

Lindungi akun media sosial, surat, dan bank Anda dengan kata sandi yang rumit dan unik . Anda dapat membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap akun menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol yang rumit. Anda juga dapat menjaga keamanan informasi pribadi Anda dengan membuat firewall untuk melindungi diri Anda dari serangan trojan.

Jangan mengunjungi situs web yang tidak aman . Beberapa perangkat lunak keamanan internet memperingatkan Anda bahwa Anda akan mengunjungi situs yang tidak aman. Demikian juga, jangan mengunduh atau menginstal program jika Anda tidak sepenuhnya mempercayai penerbitnya.

Jangan membuka tautan dalam email kecuali Anda yakin itu dari sumber yang sah. Hindari spam dari pengirim yang tidak Anda kenal, dan hindari membuka tautan di email kecuali Anda tahu persis apa itu. Jangan mengklik pop-up yang menjanjikan program gratis yang melakukan tugas yang bermanfaat.