Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Kuliah Harus Ikut Organisasi?

Kuliah adalah masa dimana seorang mahasiswa berada pada puncak belajar karena mereka telah sampai pada masa yang cukup mapan untuk menjadi sosok yang dewasa. Kuliah adalah tempat dimana seorang mahasiswa bisa banyak menentukan arah hidupnya karena ia lebih bebas dalam mengambil keputusan.

Selain dikenal sebagai lembaga pendidikan tinggi, dalam perkuliahan seorang mahasiswa tidak hanya bisa belajar di dalam ruang perkuliahan. Seorang mahasiswa bisa mencari peluang yang lebih besar dalam mengembangkan diri sebagai bentuk dari kemandirian dalam menentukan arah hidupnya. Salah satunya adalah dengan mengikuti organisasi.

Namun dalam berorganisasi ini sebenarnya ada sisi positif dan negatifnya. Jika mahasiswa tak pintar dalam menentukan keputusan masuk dalam organisasi, ia bisa saja salah langkah sehingga membuat kuliahnya bubar, berakhir gagal alias tak lulus-lulus.

Tetapi jika seorang mahasiswa mampu membuat keputusan dan mengambil strategi tepat dalam masuk sebuah organisasi kampus, ia bakalan mendapatkan dua keuntungan besar. Pertama ia dapat ilmu dari perkuliahan, juga dapat gelar sehingga berkesempatan untuk bekerja dengan ijazah yang didapat.

Kedua, mahasiswa itu bisa mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam organisasi. Karena organisasi itu banyak kegiatan dan menawarkan berbagam pengalaman pengembangan diri luar biasa yang tidak bisa didapatkan hanya dengan perkuliahan di kelas.

Lalu apakah kuliah harus ikut organisasi? Haruskah seorang mahasiswa ikut organisasi? apa efek positif dan negatif dalam ikut organisasi saat kuliah? Kali ini kita akan membahasnya secara tuntas.

Apakah kuliah harus ikut organisasi?

Adapun jawaban tentang apakah kuliah harus ikut organisasi? Maka jawaban umumnya adalah kuliah itdak harus ikut organisasi. Hal ini karena kuliah dan organisasi ini merupakan dua hal yang berbeda.

Kuliah adalah proses belajar yang menganut pada kurikulum tertentu dalam bidang tertentu. Sedangkan organisasi adalah kegiatan sosial maupun politik yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang sama.

Dalam perkuliahan, seorang mahasiswa tidak perlu ikut organisasi karena organisasi bukan bagian dari kegiatan perkuliahan. Meskipun demikian sebuah organisasi bisa jadi membuat seorang mahasiswa bisa lebih mendalami jurusan perkuliahan yang ia ambil karena memang berkaitan.

Namun secara umum, dalam perkuliahan, organisasi bukanlah syarat yang mengharuskan seorang mahasiswa harus ikut dalam sebuah organisasi tertentu.

Apakah Mahasiswa Perlu Ikut Organisasi?

Untuk menjawab pertanyaan apakah saat kuliah mahasiswa perlu untuk ikut organisasi ini kita perlu melakukan beragam pertimbangan. Hal ini karena mengikuti organisasi saat masa perkuliahan itu bisa saja membawa keuntungan dan bisa saja membuat mahasiswa teledor karena tidak bisa membagi waktu.

Jadi mungkin kita bisa memakai pertimbangan berikut untuk mengambil keputusan apakah mahasiswa perlu atau malah harus ikut organisasi atau sebaliknya:

1. Waktu Perkuliahan dan Organisasi

Hal utama yang perlu diperhatikan seorang mahasiswa dalam memutuskan untuk ikut suatu organisasi adalah tentang masalah waktu. Jika memang waktu perkuliahan dan organisasi itu tidak saling bentrok, dan kegiatan perkuliahan atau organiasasi itu tidak banyak menyita waktu, maka mahasiswa bisa saja ikut sebuah organisasi.

Namun sebaliknya, jika sekiranya kegiatan dalam kuliah dan organisasi banyak bentrok, lebih baik tinggalkan organisasi dan fokus saja pada kuliah sebagai tujuan utamanya.

2. Kuliah dan Organisasi saling mendukung

BIasanya ada banyak organisasi di lingkungan kampus yang bisa jadi membantu mahasiswa dalam mendalami bidang jurusan yang diambil. Misalnya saja mahasiswa mengambil jurusan perhutanan, dan di kampus ternyata ada organisasi pecinta alam. Maka ikut organisasi itu bisa jadi bisa menambah pengalaman diri dalam bidang perhutanan karena organisasi itu biasanya banyak bergerak di alam termasuk hutan.

Manfaat Ikut Organisasi saat Kuliah

Sebenarnya ikut organisasi saat kuliah bisa berdampak positif sangat besar bagi seorang mahasiswa. Di antaranya adalah:

1. Tambah Pengalaman

Setiap organisasi pasti banyak melakukan kegiatan terkait organiasi itu, dan ini merupakan hal yang sangat positif bagi seorang mahasiswa. Dengan mengikuti organisasi itu, maka ia bisa bertambah pengalamannya.

2. Banyak Teman dan Relasi

Dalam organisasi pasti memiliki beberapa anggota. Semakin besar sebuah organisasi jelas kan pasti lebih banyak anggotana. Ini merupakan kesempatan baik bagi seorang mahasiswa saat kuliah agar bisa mendapatkan banyak teman dan relasi saat ikut organisasi.

3. Belajar Jadi Pemimpin

Organisasi berisi kegiatan kelompok yang tentunya ada peraturan dalam tata tertip kegiatan dan alur kegiatan. Dengan demikian pasti ada yang namanya pemimpin yang menggerakkan organisasi itu.

Dengan ikut organisasi, mahasiswa akan punya banyak kesempatan dalam belajar menjadi seorang pemimpin yang bagus dan menjalankan kepemimpinan dengan bijak.