Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah naik pesawat harus pakai paspor? Syarat Kartu Identitas Untuk Naik Pesawat

Apakah naik pesawat harus pakai paspor? Pesawat adalah kendaraan atau transportasi umum yang berbeda dengan transportasi lainnya. Salah satu perbedaannya adalah pada syarat untuk bisa naik pesawat yang mana lebih ketat daripada naik kendaraan lain.

Untuk naik bus antar provinsi misalnya, kita hanya perlu datang ke terminal, membeli karcis lalu naik bus, atau kita bahkan bisa membeli karcis di dalam bus. Namun untuk pesawat kita harus mengisi data identitas lengkap saat membeli tiket.

Salah satu pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh pembaca adalah apakah naik pesawat itu harus pakai paspor? Apakah bisa naik pesawat dengan KTP atau identitas yang lain? Apakah bisa kita naik pesawat dengan tanpa kartu identitas?

Apakah naik pesawat harus pakai paspor?

Jika ditanyakan apakah naik pesawat harus pakai paspor? maka jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Jika pesawatnya adalah tujuan domestik atau dalam negeri, maka penumpang tak harus pakai paspor.

Namun jika pesawatnya adalah dengan tujuan internasional maka harus pakai paspor karena paspor adalah syarat untuk masuk ke dalam negeri tujuan.

Jadi kalau anda ingin naik pesawat dengan tujuan dalam negeri, misalnya dari surabaya ke kalimantan, maka anda tak perlu pakai dokumen identitas paspor. Namun jika tujuannya adalah luar negeri seperti dari Surabaya ke Sydney Australia, maka anda harus memiliki paspor sebagai buku identitas.

Apakah Boleh Naik Pesawat Dengan Menggunakan KTP?

Apakah kita boleh naik pesawat dengan menggunakan dokumen identitas berupa KTP? Jawabannya adalah boleh saja jika pesawat yang kita naiki adalah untuk tujuan dalam negeri alias penerbangan domestik.

Namun jika penerbangannya adalah internasional maka wajib menggunakan paspor karena paspor itu adalah dokumen wajib untuk bisa masuk ke dalam negeri.

Anda tak hanya bisa naik pesawat domestik atau dalam negeri dengan KTP saja, anda bisa menggunakan kartu pelajar, SIM atau kartu mahasiswa. Kartu identitas itu adalah sebagai penunjuk identitas diri anda yang diperlukan datanya saat naik pesawat terbang.

Bisakah naik pesawat pakai fotokopi KTP?

Pada dasarnya maskapai penerbangan mensyaratkan untuk para penumpang agar menunjukkan identitas yang ada fotonya asli. Dalam hal ini adalah seperti KTP asli, bukan fotokopi.

Jadi ketika anda hendak naik pesawat untuk tujuan domestik, anda harus menunjukkan ktp asli bukan yang fotokopi. Namun karena hal-hal tertentu bisa jadi anda diperbolehkan menggunakan fotokopi ktp.

Dulu penulis juga pernah dengar ada rombongan yang identitasnya tertinggal di rumah dan ternyata bisa naik pesawat karena memang dalam keadaan darurat.

Bolehkah naik pesawat pakai KTP orang lain?

Bisakah atau bolehkan kita naik pesawat dengan memakai KTP orang lain? Jawabannya adalah tidak boleh. Kita tidak boleh naik pesawat dengan menggunakan KTP orang lain. Hal ini disebabkan karena penggunakan identitas orang lain itu termasuk melanggar hukum.

Bahkan orang yang sengaja mengunakan KTP orang lain untuk naik pesawat atau untuk tujuan lainnya bisa dikenai hukum pidana pemalsuan identitas. Jadi pastikan anda menggunakan KTP asli milik sendiri untuk naik pesawat.

Bisakah Kita naik pesawat pake ktp sementara?

Ktp sementara adalah ktp yang dibuat sebagai ktp asli. KTP sementara ini berbentuk surat resmi yang ditandantangi oleh petugas imigrasi dan dikeluarkan oleh pihak yang berwenang dari pihak imigrasi.

KTP sementara ini meskipun bukan KTP asli, fungsinya adalah sama saja dengan KTP asli. Anda bisa menggunakannya untuk segala hal apapun, baik untuk mendaftar kuliah, membuka akun bank, mengurus administrasi di kepolisian dan lain sebagainya.

Termasuk anda pun bisa menggunakan KTP sementara ini untuk tujuan naik pesawat. Jadi anda bisa membawa surat KTP sementara ini untuk ditunjukkan kepada petugas maskapai penerbangan untuk diregistrasi sebagai kartu identitas diri.

Bisakah naik pesawat pakai KTP kadaluarsa?

Naik pesawat disyaratkan dengan menggunakan kartu identitas seperti paspor dan KTP, dan pastikan bahwa kartu identitas yang anda bawa masih aktif masa berlakunya.

Maskapai pada umumnya akan menolak penumpang yang membawa identitas yang masa aktifnya sudah habis atau sudah kadaluarsa. Termasuk juga KTP yang kadaluarsa untuk KTP jenis lama, jika masa berlakunya sudah habis maka tidak boleh dipakai.

Jadi bisakah naik pesawat pakai KTP kadaluarsa? Jawabannya adalah kita tidak bisa naik pesawat pakai KTP atau identitas lain yang kadaluarsa. Namun ktp terbaru sudah berlaku seumur hidup jadinya kita tak perlu khawatir jika sudah punya KTP yang baru.