Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar Bisa Menguasai Semua Mata Pelajaran

Kali ini aku ingin berbagi tentang cara agar kita bisa menguasai semua mata pelajaran dengan mudah. Cara ini sudah terbukti ampuh, yang aku ramu dari berbagai pengalamanku sendiri. Jika kalian bisa mengikuti cara ini kemungkinan besar kalian pasti akan berhasil dalam menguasai semua mata pelajaran.

Setiap siswa pasti mendambakan bisa menguasai berbagai mata pelajaran yang jumlahnya sangat banyak sekali. Hal ini karena dengan menguasai semua mata pelajaran di sekolah, maka ia akan bisa mengikuti ujian dengan baik. Termasuk hal yang lebih penting adalah siswa itu akan bisa menyerap ilmu dan menguasai ilmu tersebut secara lebih lengkap.

Namun, bisa menguasai semua mata pelajaran bagi kebanyakan siswa adalah hal yang sangat sulit, bahkan bisa dibilang mustahil. Hal ini karena setiap pelajaran itu punya kesulitan tersendiri yang mana untuk bisa menguasai satu bidang saja bisa menjadi hal yang sulit. Namun sebenarnya, jika seorang siswa mengetahui strateginya, maka sebenarnya semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah itu bisa dikuasai dengan baik.

Cara Untuk Menguasai Semua Mata Pelajaran

Ada banyak tahapan yang perlu ditempuh apabila seorang siswa ingin bisa menguasai semua mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Teknik ini telah terbukit ampuh bagi siswa yang ingin belajar secara efektif, terutama yang sedang belajar di jenjang SMP dan SMA atau sederajat. Silahkan dibuktikan sendiri apabila teman-teman ingin bisa menguasai semua mata pelajaran.

1. Milikilah Tekad Yang Tinggi

Tekad adalah niat yang ada dalam hati untuk bisa meraih sesuatu yang dicapai dengan cara berusaha. Seseorang yang memiliki tekad yang tinggi berarti ia telah memiliki tujuan yang jelas, niat yang kuat dan ia pun siap untuk melakukan semua hal demi mencapai apa yang telah menjadi tekadnya itu.

Tekad berasal dari sebuah impian atau cita-cita yang ingin sekali untuk dicapai. Oleh karenanya, agar punya tekad tinggi dalam belajar, kita perlu memiliki cita-cita yang hendak dicapai. Misalnya, kita ingin mendapatkan beasiswa, ingin mendapatkan pekerjaan tertentu, ingin menjadi seorang ilmuwan, seorang ahli hukum, seorang dokter dan lain sebagainya.

Orang yang punya tekad yang tinggi ia akan melakukan apa saja dengan cekatan dan mudah. Apapun yang terlihat sulit namun karena sudah menjadi tekadnya, maka hal itu akan menjadi mudah. Jika tidak punya tekad maka akan menjadi sebaliknya, tantangan yang tak terlalu sulit pun menjadi suatu hal yang sangat sulit.

Tanpa tekad yang kuat maka usaha yang akan ditempuh tidak akan memiliki ruh semangat yang menggebu-gebu. Jika ada masalah di tengah jalan maka akan mudah putus asa, kenapa aku harus capek-capek belajar sih? Nyantai aja tak paham ya sudah, ini adalha ungkapan apabila kita tidak punya tekad yang tinggi.

2. Buatlah Peta Materi Pelajaran

Setelah kalian memiliki tekad yang kuat, maka selanjutnya kita akan masuk ke dalam strategi belajar cepat, konsisten dan efektif untuk menguasai seluruh mata pelajaran. Langkah pertama adalah dengan membaut peta materi pelajaran. Buatlah daftar besar tentang seluruh materi pelajaran yang ada di kelasmu, misalnya kamu ada di kelas 8 dan total pelajaranmu ada di daftar berikut ini: 1. Materi IPA, 2. Materi IPS, 3. Materi PPKN, 4. Materi PAI, 5. Materi Prakarya, 6. Materi Seni Budaya, 7. Materi Bahasa Indonesia, 8. Materi Bahasa Inggris, 9. Materi Matematika.

Dari semua materi itu, kemudian catat pula bab-babnya dalam bentuk mapping. Usahakan kamu mencatatnya dalam lembar buku besar dan semua materi itu tercatat secara rapi dalam bentuk mapping. Pertanyaannya, kenapa semua materi itu dicatat dalam bentuk mapping?

Mapping Mata Pelajaran

Dengan mapping itu, otak kita akan bisa mencakup seluruh materi pelajaran beserta ruang lingkup bab-babnya. Dengan cara ini kita akan percaya diri bahwa materi yang banyak itu sebenarnya adalah ruang lingkup kecil yang bisa kita jangkau dengan cara melihat mapping itu.

Kelebihan lain dari mapping ini adalah kita akan ingat lingkup materi dan bab-bab yang dipelajari dalam kelas. Materi-materi yang telah dimapping itu dengan melihat secara keseluruhan kita akan bisa mengingat gambarnya, gambaran umum materi itu pun akan lebih melekat dalam ingatan kita. Percayalah, aku berhasil menggunakan cara ini.

3. Buatlah Ringkasan Materi Tiap Pelajaran

Setelah membuat peta mapping seperti di atas, maka buatlah ringkasan materi tiap pelajaran. Ringkasan ini maksudnya adalah ringkasan satu materi pelajaran yang berisi ringkasan bab-babnya. Misalnya dalam pelajaran sejarah ada sejarah Nusantara, Sejarah sebelum kemerdekaan, sejarah pasca kemerdekaan, dan seterusnya. Maka tiap bab itu harus ada ringkasannya.

Perlu dicatat bahwa ringkasan tiap bab itu jangan terlalu banyak, usahakan maksimal 1 lembar buku catatan ukuran besar. Hal ini agar otak kita bisa mencakup semua materi itu dengan mudah dengan cara menghafal dengan melihatnya. Semua materi pelajaran yang ada harus ada catatannya. Meskipun belum diajarkan, kalian bisa mencatat poin poin penting dari buku pelajaran yang ada.

Sampai disini kita punya dua hal, pertama mapping seluruh materi pelajaran dan kedua catatan ringkasan seluruh materi pelajaran.

4. Jadwalkan untuk mempejari tiap materi Berdasarkan hari atau waktu tertentu

Setelah kamu punya bahan untuk belajar berupa ringkasan materi tiap mata pelajaran yang kamu pelajari di kelas itu, maka tugas mu selanjutnya adalah mempelajari materi-materi tersebut berulang tiap hari. Kamu bisa pakai strategi satu hari satu mata pelajaran. Ulangi terus sampi habis dan jika habis mulailah dari awal lagi.

Dengan demikian kamu akan terbiasa untuk belajar cepat dan berusaha menguasai materi yang banyak dengan menyederhakanan dan meringkasnya. Meskipun ringkas bukan berarti tidak mendalam. Nanti dikelas kamu akan lebih mudah hafal materi pelajaran karena kamu sudah punya mapping pelajaran ringkasnya. Silahkan dipraktekkan cara ini dan semoga bermanfaat.