Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Doa agar diberi kemudahan saat ujian Dalam Islam

Ujian adalah saat yang menegangkan bagi semua orang dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja.

Semua orang pasti menginginkan bisa melewati kemudahan dalam ujian tanpa halangan apapun. Ujian bisa mudah dilewati selain dengan berusaha belajar secara serius juga tentu dengan ikhtiar berdoa.

Berikut ini kami sajikan doa-doa yang bisa diguanakan dan dibaca dengan tujuan agar bisa melewati ujian dengan mudah tanpa kesulitan yang berarti dengan izin Allah.

Doa agar diberi kemudahan saat ujian

Ada beberapa doa yang bisa dibaca agar kita bisa diberi kemudaan dan kelancaran saat ujian. Anda bisa mengamalkan semuanya atau mengamalkan beberapa saja dengan tekun.

Doa Agar Dilancarkan Ujian

قَالَ رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbisyraḥ lī ṣadrī wa yassir lī amrī waḥlul ‘uqdatam mil lisānī yafqahụ qaulī

Artinya: “Ya Rabb-ku, lapangkanlah dadaku, dan ringankanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku.” (QS. Thaha: 25-28).

Doa Semoga Ujian Lancar

اِذۡ اَوَى الۡفِتۡيَةُ اِلَى الۡـكَهۡفِ فَقَالُوۡا رَبَّنَاۤ اٰتِنَا مِنۡ لَّدُنۡكَ رَحۡمَةً وَّهَيِّئۡ لَـنَا مِنۡ اَمۡرِنَا رَشَدًا

Rabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadāRabbanā ãtinā milladunkarahmatata wahayyi lanā min amrinā rasyadā.

Artinya: Wahai Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami. (Q.S Al Kahfi:10)

Doa Memohon Kemudahan Saat Ujian

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul haznaa idza syi’ta sahlaa”

Artinya:

Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Bacalah secara rutin doa di atas pada sebelum maupun saat ujian. Usahakan baca doa dengan khusyuk dan bacalah pada waktu-waktu yang mustajabah seperti setelah shalat fardhu.

Itulah informasi seputar Doa agar diberi kemudahan saat ujian dalam Islam, semoga bermanfaat.