Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ada berapa benua di dunia?

Ada berapa benua di dunia? Bumi adalah satu-satunya planet di tata surya yang memiliki kehidupan di atasnya. Kehidupan ini, di sisi lain, terjadi di sebidang tanah di Bumi.

Pembentukan massa tanah ini terbentuk sebagai hasil dari gerakan yang berlangsung selama jutaan tahun. Gerakan-gerakan ini, yang membentuk massa daratan, berlanjut hingga hari ini.

Benua yang membentuk 30% dari dunia kita adalah daratan yang dikelilingi oleh air. Sementara kehidupan manusia telah berlanjut di beberapa benua ini selama puluhan ribu tahun, orang-orang yang tinggal di beberapa benua tidak dikenal oleh orang-orang di benua kuno.

Ada Berapa Benua di Dunia?

Ada beberapa kondisi yang diperlukan agar sebuah daratan atau tanah dianggap sebagai benua. Kondisi tersebut dapat dirinci sebagai berikut:

Menjadi wilayah yang terdefinisi dengan baik,

Memiliki dasar yang lebih tebal dari dasar laut normal,

Memiliki geosistem sendiri,

ketinggian relatif terhadap dasar laut,

Satu-satunya cara manusia bisa hidup adalah dengan berada di darat. Tanah ini adalah benua. Adalah mungkin untuk menganggap benua yang dikelilingi oleh lautan di keempat sisinya sebagai pulau-pulau besar. Jumlah benua di dunia adalah 7 benua.

Beberapa dari benua ini disebut benua dunia lama, sementara beberapa disebut benua dunia baru. Di sisi lain, tidak semua benua dihuni oleh manusia. Di sisi lain, sebidang tanah baru ditemukan di dekat pantai Selandia Baru pada tahun 2017. Tanah ini juga diterima sebagai benua oleh para ilmuwan.

Nama-nama Benua serta negara apa saja yang ada di dalamnya

Nama-nama benua di dunia dan negara-negara di benua tersebut adalah sebagai berikut:

Benua Eropa (Total ada 64 negara, 43 negara ini berada di bawah payung Perserikatan Bangsa-Bangsa. Negara-negara terkemuka di benua itu adalah Inggris, Jerman, Kota Vatikan, Italia, Belgia, Swiss. Di antara mereka, Turki memiliki posisi khusus. Karena Turki memiliki wilayah di Eropa dan Asia.)

Benua Asia (Terdiri dari 48 negara, 6 wilayah dependen dan 6 negara non-PBB. Negara-negara yang menonjol adalah Rusia, Cina, Jepang, Israel dan India.)

Amerika Selatan (Tiga negara bagian di benua ini tidak diakui oleh PBB. Selain itu, 12 negara terletak di benua itu.)

Amerika Utara (Negara bagian paling menonjol di benua dengan 23 negara termasuk Amerika Serikat, Kuba, Kanada, dan Meksiko.)

Benua Afrika (Ada 54 negara merdeka dan 2 negara tidak dikenal di benua itu.

Benua Australia (Hanya negara bagian Australia yang ada)

Benua Antartika