Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu OpenSea? Bagaimana cara Kerja OpenSea?

Dapat dikatakan bahwa saat ini OpenSea adalah pasar digital dalam definisi yang paling umum. Anda dapat membeli dan menjual banyak aset digital yang berbeda, terutama NFT, di platform ini. Semua transaksi dilakukan melalui cryptocurrency, dan keamanan transaksi ini juga disediakan oleh sistem blockchain.

Mari kita lihat lebih dekat apa itu OpenSea dan lihat apa yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan platform ini.

Apa itu OpenSea?

Secara bahasa OpenSea berarti Laut Terbuka, ini adalah situs belanja aset digital yang dikembangkan oleh Alex Atallah dan Devin Finzer dan diterbitkan pada Januari 2018 .

Di OpenSea, Anda dapat membeli dan menjual banyak aset digital yang berbeda, termasuk karya seni digital yang disebut NFT, serta item game, nama domain, dan representasi digital dari aset fisik.

Semua perdagangan di situs web OpenSea dilakukan menggunakan cryptocurrency. Semua pembelian yang dilakukan sesuai dengan dunia digital dilakukan dengan aman oleh sistem blockchain . Platform OpenSea menjalankan sistem perdagangan ini dengan mengambil bagian tertentu dari semua pembelian.

Apa yang Bisa dilakukan di OpenSea?

Seperti banyak hal di dunia sekarang ini, seni kini telah menjadi digital. Semua karya seni digital ini disebut Non Fungible Token, singkatnya NFT. Karya seni NFT adalah aset digital yang dimiliki oleh pembeli, yang tidak dapat disalin atau dimodifikasi. Artefak NFT diproduksi dan dilindungi dengan teknologi blockchain.

Ketika Anda meminta saya untuk membeli karya seni digital NFT, OpenSea dan pasar digital serupa ikut bermain. Kami pergi ke toko kelontong untuk membeli buah, ke toko roti untuk membeli roti, dan ke pasar digital seperti OpenSea ketika kami ingin membeli NFT. Dengan kata lain, OpenSea adalah situs web tempat Anda dapat membeli dan menjual aset digital.

Bagaimana cara menjadi anggota di OpenSea?

Anda dapat melihat semua aset digital untuk dijual di pasar digital OpenSea, yang dapat Anda akses melalui tautan di sini , tanpa menjadi anggota. Namun , ketika Anda mengatakan ingin membeli salah satunya atau ingin menjual aset digital, Anda harus menjadi anggota platform. Berlangganan platform OpenSea sepenuhnya gratis, tetapi tidak terlalu mudah.

Untuk menjadi anggota situs belanja digital OpenSea, Anda harus memiliki dompet kripto terlebih dahulu. Disarankan untuk memiliki dompet ini, karena cryptocurrency Ethereum umumnya digunakan dalam perdagangan NFT . Namun, karena Anda dapat bertransaksi dengan semua mata uang kripto di platform, dompet kripto apa pun akan bekerja untuk Anda.

Setelah menghubungkan dompet kripto Anda ke platform OpenSea, Anda akan dimintai beberapa informasi, seperti saat mendaftar ke situs belanja mana pun. Setelah membagikan informasi ini secara akurat dan terkini, Anda dapat menjadi anggota OpenSea dan memperdagangkan aset digital sesuai keinginan Anda di platform.

Bagaimana cara menggunakan OpenSea?

Bbagaimana cara menggunakan OpenSea? Katakanlah Anda menjadi anggota OpenSea, menyukai beberapa aset digital yang dijual dan memutuskan untuk membelinya. Jangan terburu-buru, beberapa aset digital dijual dengan harga tertentu agar bisa langsung dibeli. Namun, ada pula yang sedang dalam proses lelang atau hanya akan tetap dijual untuk jangka waktu tertentu.

Setelah Anda menawar aset digital yang ingin Anda beli di pasar digital OpenSea dalam mata uang kripto yang ingin Anda bayar , mulailah menunggu. Ketika proses selesai dan Anda memiliki hak untuk membeli aset digital, transaksi akan dilakukan dan pekerjaan yang bersangkutan akan menjadi milik Anda.

Dari aset digital pada platform OpenSea, yang dijual disajikan dengan judul On Sale, yang ditawar pada Has Offers, yang ada di pra-penjualan adalah Pra-Penjualan, yang dianugerahi Has Bounty, yang yang dilelang disajikan dengan judul Lelang, dan yang dijual dalam bentuk bundel disajikan dengan judul Bundel. Beberapa aset digital menemukan pembeli dengan harga tetap, sementara yang lain menjadi penawar tertinggi karena dilelang.

Bagaimana cara kerja OpenSea?

Meskipun OpenSea terlihat seperti situs belanja yang kita kenal, namun memiliki prinsip kerja yang berbeda karena merupakan crypto money dan blockchain . Sebagai contoh; Saat Anda membeli produk dari situs belanja mana pun, Anda membayar uang terlebih dahulu, uang disimpan oleh platform, penjual mengirimkan produk, Anda menerima produk, Anda mengonfirmasi transaksi dan uang ditransfer ke penjual. Jika ada gangguan dalam proses ini, Anda akan menghubungi situs belanja.

Ketika Anda berbelanja di pasar digital OpenSea, proses seperti itu tidak berfungsi karena OpenSea menggunakan sistem yang diberikan Protokol Wyvern. Dalam sistem ini, yang keamanannya disediakan oleh teknologi blockchain, tidak ada uang yang dibayarkan terlebih dahulu atau produk yang dikirimkan terlebih dahulu. Baik pembeli maupun penjual membuat komitmen untuk membeli. Ketika kesepakatan tercapai, semua belanja selesai dalam satu transaksi. NFT adalah milik Anda segera setelah terjual. Jika tidak tercapai kesepakatan, tidak akan terjadi apa-apa. Jadi benar-benar aman.

Seperti banyak transaksi jual beli aset digital, terutama NFT, cryptocurrency dasar adalah Ethereum saat Anda berbelanja melalui OpenSea. Oleh karena itu disarankan agar pengguna OpenSea memiliki dompet Ethereum. Tetapi Anda juga dapat berdagang dengan mata uang kripto yang berbeda. Saat Anda menggunakan mata uang kripto yang berbeda, transaksi diselesaikan dengan mengonversi mata uang tersebut ke Ethereum.

Apakah OpenSea dapat diandalkan?

Kita dapat mengatakan bahwa OpenSea aman karena sejauh ini tidak ada keluhan penipuan tentangnya, tetapi pada saat ini, OpenSea bukan lagi OpenSea. Dalam sistem yang diamankan dengan teknologi blockchain, Anda tidak harus mempercayai platform atau vendornya. Karena teknologi blockchain menyediakan sistem keamanan yang tidak dapat diubah yang independen dari individu dan institusi. Ini adalah sistem data digital paling aman untuk saat ini.

Kami berbicara tentang detail yang perlu Anda ketahui tentang subjek dengan menjawab pertanyaan seperti apa itu OpenSea, platform tempat Anda dapat memperdagangkan banyak aset digital yang berbeda, terutama NFT , apa fungsinya, bagaimana penggunaannya. Anda dapat membagikan pemikiran Anda tentang pasar digital seperti NFT dan OpenSea di komentar.