Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu turkish delight?

Apa itu turkish delight? Bagi anda penggemar makanan mungkin pernah dengan nama turkish delight.

Turkish delight adalah salah satu makanan khas Turki yang dikenal dunia karena kelezatannya. Lalu apa itu turkish delight? Apa saja jenisnya? Bagaimana rasa turkish delight?

Apa itu Turkish Delight?

Turkish delight, dalam bahasa Turki disebut dengan Lokum, adalah makanan penutup yang bertekstur lembut dan kenyal, yang telah dikenal sebagai manisan tradisional Turki selama berabad-abad.

Turkish delight adalah manisan ringan yang sangat terkenal dan bahan dasarnya terbuat dari gula, air, pati, dan jus lemon.

Di Turki, sangat umum diketahui bahwa para kalangan anak muda gemar menyantap ‘Lokum’ untuk menyembuhkan jerawat dan bekas luka.

Kebanyakan dokter kulit merekomendasikannya untuk menyembuhkan jerawat dan bekas luka selain menggunakan krim penyembuhan jerawat.

Sejarah Turkish delight

Turkish delight merupakan salah satu hidangan penting dalam masakan Turki sejak masa turki Usmani.

Turkish delight telah ditemukan di Istanbul dan menyebar ke tanah barat dan timur melalui periode kekuasaan Kekaisaran Ottoman.

Dalam bahasa Ottoman-Turki, disebut ‘Rahat ul-hukum’, yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘pereda tenggorokan’ atau ‘Pembuat Nyaman tenggorokan’.

Ada juga yang mengartikannya dengan sesuatu yang melewati tenggorokan dengan mudah.

Selama abad ke-18, Kesultanan Utsmaniyah telah meningkatkan hubungan perdagangan dengan luar negeri dan manisan Turkish delight ini pun mulai dikenal sebagai kelezatan masakan khas Turki.

Apa saja jenis Turkish Delight?

Di Turki, sebagian besar kota memiliki jenis dan varietas Turkish delight yang berbeda. Sebagai contoh; Kota Afyon adalah kota yang paling terkenal dengan ‘Turkish delight nya’.

Anda dapat menemukan Turkish delight di Afyon dengan variasi yang berbeda, misalnya Turkish delight dengan pistachio, walnut, kelopak mawar, delima, dan hazelnut.

Bagaimana Cara Membuat Turkish Delight?

Meskipun resep atau daftar bahan untuk membuat turkish delight sangat sederhana, namun pembuatan turkish delight membutuhkan keahlian khusus.

Hal ini karena teknik dan waktu adalah kunci utama agar berhasil saat memasak. Air, kanji, dan gula direbus selama kurang lebih 2 jam hingga membentuk kekentalan yang diinginkan sambil terus diaduk dengan arah yang sama.

Kemudian penyedap rasa ditambahkan dan campuran ini dituangkan ke dalam nampan kayu khusus yang ditaburi campuran tepung kanji dan gula bubuk, kemudian dibiarkan selama sekitar satu hari.

Apa itu turkish delight? Menikmati turkish delight dengan kopi
Apa itu turkish delight? Menikmati turkish delight dengan kopi

Lembaran lokum kering dipindahkan ke permukaan kerja, dipotong menjadi kubus kecil dan ditaburi lebih banyak dengan campuran pati dan gula bubuk, dan siap untuk dikonsumsi.

Lokum yang dibuat dengan metode tradisional memiliki karakteristik lumer di mulut dan sangat cocok untuk pendamping kopi Turki.

Resep Turkish Delight

Berikut ini adalah resep Turkish Delight pistachio yang bisa anda coba:

Bahan-bahan Turkish Delight

  • 2 lbs. Gula putih
  • 3,5 ons. Tepung terigu
  • 4 gelas Air
  • 5.3 oz. Pistachio, dikupas
  • Gula halus, secukupnya

Alat-alat untuk membuat Turkish Delight

  • Panci untuk memasak
  • Nampan, lebih baik yang terbuat dari kayu, dengan lebar 60cm x 40 cm x 5 cm atau optional untuk cetakan Turkish Deligh
  • Spatula tahan panas
  • Pisau besar dan berat, lebih disukai dengan ujung membulat

Cara Memasak Turkish Delight

Campurkan air, tepung terigu, dan gula dalam panci besar. Tempatkan panci di atas api sedang dan mulai aduk terus sampai campuran mengental. Tambahkan pistachio dan aduk selama beberapa menit lagi.

Sambil menunggu sebentar, tuang sedikit gula bubuk ke bagian bawah baki kayu dan olesi sampai bagian bawah dan sisinya benar-benar tertutup lapisan gula bubuk yang sangat tipis.

Kemudian tuangkan isi panci ke dalam nampan atau baki tadi. Biarkan dingin selama minimal 2 jam.

Setelah Turkish Delight mengeras, tuangkan lebih banyak gula bubuk di atasnya dan keluarkan dari nampan. Letakkan di atas talenan besar.

Pertama, potong strip selebar 2 cm. Kemudian Potong setiap strip menjadi kubus selebar 2 cm sampai seluruh batch dipotong. Taburi sedikit gula bubuk lagi, sampai semua sisi terlapisi.

Untuk menyimpan: Anda dapat menyimpan Turkish Delight dalam wadah plastik kedap udara, hingga 2 bulan di tempat yang sejuk dan kering.