Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

apakah boleh donor darah setelah minum obat

apakah boleh donor darah setelah minum obat? Donor darah merupakan hal yang banyak dilakukan di berbagai negara.

Dengan donor darah tersebut, maka bisa membantu orang lain yang memerlukan tambahan darah, entah karena kecelakaan atau sakit.

Lalu apakah boleh donor darah setelah minum obat? Pada kesempatan kali ini kita akan membahasnya.

Apakah boleh donor darah setelah minum obat?

Bisakah saya mendonorkan darah jika saya minum obat? Sebagian besar obat tidak mencegah Anda mendonorkan darah.

Obat-obatan umum — seperti yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah, pil KB, dan obat-obatan yang dijual bebas — tidak memengaruhi kelayakan Anda.

Jika Anda berencana untuk menyumbangkan trombosit, Anda harus berhenti menggunakan aspirin atau obat yang mengandung aspirin 48 jam sebelum janji temu Anda.

Jika Anda menggunakan antibiotik, Anda harus menyelesaikan kursus sebelum menyumbang. Untuk informasi lebih lanjut tentang obat lain, hubungi Program Donor Darah.

Apa yang Diharapkan Saat Anda Mendonorkan darah

Jika Anda telah memutuskan untuk mendonorkan darah, Anda mungkin penasaran dengan apa yang diharapkan. Memberi darah adalah cara sederhana dan aman untuk membuat perbedaan besar dalam kehidupan orang-orang.

Mengetahui apa yang akan terjadi sebelum, selama, dan setelah Anda menyumbang dapat membantu Anda mempersiapkan prosesnya.

Manfaat Donor Darah

Setiap 2 detik, seseorang di Amerika Serikat membutuhkan darah. Donor darah dapat membantu:

Orang yang mengalami bencana atau situasi darurat
Orang yang kehilangan darah selama operasi besar
Orang yang kehilangan darah karena pendarahan saluran cerna
Wanita yang mengalami komplikasi serius selama kehamilan atau persalinan
Orang dengan kanker atau anemia berat kadang-kadang disebabkan oleh thalassemia atau penyakit sel sabit
Ada juga potensi manfaat bagi orang yang rutin mendonorkan darah:

Menurunkan kadar zat besi dalam darah. Ini adalah nilai tambah jika kadar zat besi Anda terlalu tinggi. Menyumbangkan darah menghilangkan beberapa sel darah merah, yang membawa zat besi ke seluruh tubuh Anda.
Kadar kolesterol dan trigliserida lebih baik . Dalam sebuah penelitian, peneliti memeriksa kadar kolesterol total , trigliserida , kolesterol HDL (“baik”), dan kolesterol LDL (“jahat”) pada 52 orang yang rutin mendonorkan darah dan 30 orang lainnya. Kadar trigliserida, total, dan kolesterol LDL semuanya lebih rendah pada mereka yang rutin mendonor darah. Tidak jelas mengapa.
Manfaat emosional dari mengetahui Anda membantu orang lain, bahkan jika itu orang asing. Mungkin juga ada manfaat dari mengambil bagian dalam donor darah dengan orang lain dari bekerja sama untuk berbuat baik.

Sebelum Anda Berdonasi

Jika Anda ingin mendonorkan darah, pastikan Anda memenuhi persyaratan dan mempersiapkannya dengan baik.

Persyaratan untuk donor darah. Pertama, Anda harus menemukan bank darah atau donor darah dan membuat janji. Pastikan untuk bertanya tentang persyaratan khusus untuk donor dan jenis identifikasi apa yang perlu Anda bawa.

Anda harus memenuhi syarat berikut:

Setidaknya 16 tahun untuk menyumbangkan darah utuh (setidaknya 17 tahun untuk menyumbangkan trombosit) di sebagian besar negara bagian
Berat setidaknya 110 pon
Dalam keadaan sehat dan merasa baik
Bank darah lokal Anda mungkin memiliki lebih banyak persyaratan, jadi tanyakan kepada mereka. Saat Anda menelepon, beri tahu orang yang menelepon jika Anda memiliki masalah atau masalah kesehatan atau jika Anda baru saja bepergian ke luar negeri.

Pada minggu-minggu sebelum janji Anda, Anda pasti ingin memastikan Anda mendapatkan jumlah zat besi yang sehat dari makanan. Daging dan makanan laut, serta sayuran seperti bayam dan ubi jalar , merupakan sumber zat besi yang baik. Roti tertentu, buah-buahan, dan makanan lain seperti kacang dan tahu juga bisa menjadi pilihan yang baik.

Pada hari janji temu Anda, persiapkan diri Anda dengan minum banyak cairan dan mengenakan pakaian yang nyaman dengan lengan yang dapat Anda gulung dengan mudah di atas siku . Pastikan Anda memiliki daftar semua resep dan obat bebas yang Anda pakai, serta formulir tanda pengenal yang tepat.

Seberapa sering Anda bisa mendonorkan darah? Jika Anda mendonorkan darah lengkap, Anda harus menunggu 56 hari di antara pendonoran — mungkin lebih lama, tergantung kebijakan bank darah Anda.

Jika Anda menyumbangkan trombosit, Palang Merah Amerika mengizinkan orang untuk melakukan ini setiap 3 hari, hingga 24 kali dalam setahun. Plasma dapat disumbangkan setiap 28 hari.

4 Langkah Donor Darah

Proses donor darah dapat dibagi menjadi empat langkah:

Registrasi
Riwayat medis dan mini-fisik
Sumbangan
Minuman
Sementara seluruh proses, dari saat Anda tiba di fasilitas hingga saat Anda pergi, dapat memakan waktu sekitar satu jam, donasi sebenarnya hanya membutuhkan waktu 8-10 menit. Jika Anda menyumbangkan trombosit, mesin menyaring trombosit dari darah Anda dan mengembalikan sisa darah Anda kepada Anda. Proses ini memakan waktu lebih lama (2-3 jam).

1. Pendaftaran

Ketika Anda tiba di bank darah atau donor darah, Anda akan masuk untuk membuat janji dan menunjukkan ID Anda. Kemudian Anda akan melengkapi dokumen yang mencakup informasi umum seperti nama, alamat, dan nomor telepon Anda.

2. Riwayat medis dan mini-fisik

Sebelum Anda mendonor, petugas dari bank darah akan menanyakan beberapa pertanyaan rahasia tentang kesehatan dan gaya hidup Anda. Anda juga akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan singkat atau “fisik mini”. Seorang karyawan akan mengambil denyut nadi, tekanan darah , dan suhu Anda, dan mengambil sedikit darah untuk pengujian.

Mereka akan menanyakan Anda tentang:

Riwayat kesehatan Anda
Bepergian
Obat-obatan yang Anda minum
Aktivitas seksual (pertanyaan tentang perilaku tertentu, bukan orientasi seksual )
Pertanyaan didasarkan pada pedoman yang dikembangkan oleh AABB (sebelumnya disebut American Association of Blood Banks) dan disetujui oleh FDA.

Mereka akan menguji darah Anda untuk melihat jenis darahnya dan untuk memeriksa:

Babesiosis , parasit
Antibodi sitomegalovirus ( CMV )
virus hepatitis B
virus hepatitis C
HIV
Antibodi human leukocyte antigen (HLA) , untuk pendonor pertama yang pernah hamil atau yang sudah hamil sejak donor darah terakhir
Virus T-limfotropik manusia
Sipilis
Trypanosoma cruzi , parasit yang menyebabkan penyakit Chagas
Virus Nil Barat
virus zika
Tato, di sebagian besar negara bagian, bukanlah penghalang untuk memberikan darah, asalkan seniman tato mengikuti praktik keselamatan yang baik (seperti menggunakan jarum steril dan tidak menggunakan kembali tinta). Beberapa negara bagian mungkin memerlukan masa tunggu antara saat Anda membuat tato dan saat Anda mendonorkan darah, tetapi secara umum, itu tidak menjadi masalah.

3. Donasi

Saat tiba waktunya untuk berdonasi, inilah yang akan terjadi:

Anda akan pergi ke ruang donor di mana Anda akan berbaring di dipan.
Seorang phlebotomist (karyawan yang mengambil darah) akan membersihkan lengan Anda dan memasukkan jarum steril baru ke dalam pembuluh darah Anda. Ini hanya membutuhkan beberapa detik, dan itu bisa terasa seperti cubitan cepat.
Anda akan menyumbangkan sekitar 1 pint (satu unit) darah. Prosesnya akan memakan waktu kurang dari 10 menit. Tetapi jika Anda mendonorkan trombosit, sel darah merah, atau plasma melalui apheresis, prosesnya bisa memakan waktu lebih lama: hingga 2 jam.
Setelah selesai, Anda akan mengangkat lengan donasi dan sedikit menekannya, yang membantu pembekuan darah Anda . Kemudian mereka akan menempelkan strip perekat di lengan Anda.
4. Minuman

Setelah selesai, Anda akan diberikan makanan ringan dan minuman untuk membantu tubuh Anda kembali normal karena kehilangan beberapa cairan. Anda akan ingin duduk dan bersantai selama setidaknya 10 menit untuk memulihkan kekuatan dan mendapatkan energi kembali sebelum Anda pergi.

Efek Samping Setelah Donor Darah
Tidak ada efek samping yang bertahan lama, tetapi Anda mungkin untuk sementara:

Perlu untuk menghidrasi. Perbanyak minum minuman non-alkohol selama 24-48 jam setelah Anda mendonorkan darah.
Perlu santai saja. Jangan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat selama 24 jam setelah donor darah.
Merasa pusing. Berbaringlah selama beberapa menit sampai Anda merasa siap untuk bangun kembali.
Mengalami sedikit pendarahan dari tempat Anda menyumbang. Angkat lengan Anda dan berikan tekanan ke tempat itu selama beberapa menit.
Jika Anda mengalami memar di area tersebut, gunakan kompres es di atasnya.