Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Kurma untuk Ibu Hamil

Buah Kurma

Kurma adalah sejenis tanaman berbuah manis dengan ciri-ciri memiliki daun panjang dan pohon menjulang tinggi yang termasuk dari keluarga palem.

Kurma banyak tumbuh di tempat-tempat beriklim tropis, sedang dan gurun. Tanaman kurma membutuhkan hawa beriklim panas dan juga sinar matahari cukup karena kurma memiliki struktur akar bertumpuk.

Buah kurma banyak mengandung mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium, natrium, besi, seng, tembaga dan selenium, vitamin kelompok B seperti B1, B2, niasin, B6, vitamin A dan C, dan senyawa fenolik antioksidan dan karotenoid.

Kurma juga dijadikan sebagai makanan penuh energi yang membantu daya kenyang lebih tahan lama.

Kurma karena mengandung banyak sekali vitamin dan mineral digunakan sebagai makanan penunjang gizi bagi ibu hamil.

Oleh karenannya, banyak ahli gizi yang menyarankan agar ibu hamil mengonsumsi kurma dengan jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi saat hamil.

Apa Saja Manfaat Kurma Untuk Ibu Hamil

Mengonsumsi 3-4 buah kurma perhari dan 1 gelas susu sebagai makanan pendukung saat hamil akan memberikan manfaat yang besar.

Kandungan mineral magnesium yang ditemukan dalam buah kurma sangat membantu dalam mengurangi kram yang biasa terjadi saat masa kehamilan.

Asam folat yang dikandung kurma juga sangat baik dalam membantu perkembangan otak dan saraf bayi.

Kebutuhan asam folat yang terpenuhi saat kehamilan ini mampu mencegah terjadinya cacat tabung saraf.

Cacat tabung saraf adalah kelainan pada sumsum tulang belakang dan perkembangan otak bayi.

Fase pembukaan rahim bisa meningkat secara signifikan pada ibu hamil yang mengonsumsi kurma.

Hal ini pun bisa memudahkan kelahiran sehingga banyak yang menyarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kurma saat mendekati masa melahirkan.

Kurma juga bisa mencegah masalah sembelit selama kehamilan. Kurma juga sangat bermanfaat bagi ibu dan bayi karena membantu tubuh dalam membentuk sel darah merah.

Konsumsi kurma selama kehamilan berkontribusi pada perkembangan rutin bayi dan membantunya memiliki berat badan ideal.

Karena banyak mengandung gula alami, kurma pun juga bisa mengurangi kelelahan fisik dan mental yang biasanya dialami oleh para ibu hamil.

Kandungan magnesium dalam kurma juga ampuh untuk memperkuat struktur tulang. Juga beberapa ibu hamil mengalami peningkatan ASI setelah melahirkan karena mengonsumsi kurma.

Anjuran Makan Kurma Saat Hamil

Meskipun makan kurma itu bagus dan bermanfaat bagi ibu hamil, namun jika anda memiliki riwayat penyakit tertentu sebaikanya anda berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kurma.

Ibu hamil yang tidak memiliki risiko keguguran bisa mengonsumsi kurma sejak minggu pertama kehamilan.

Setelah minggu ke-38, calon ibu dapat mengonsumsi 5-6 kurma per hari dan mengalami proses persalinan yang lebih mudah.

Juga sebagai catatan hendaknya jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi kurma karena apapun kalau dikonsumsi berlebih bisa mendatangkan efek negatif.