Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Makanan Humus? 8 Lebih Manfaat Makanan Humus

Apa itu Makanan Humus? Pembaca mungkin pernah mendengar tentang makanan humus atau hummus. Ya makanan ini adalah makanan yang banyak disantap di daerah Timur tengah termasuk Mesir, Palestina hingga Turki.

Lalu apa sih makanan humus itu? Makanan ini terbuat dari apa? Bagaimana rasanya makanan hummus?

Apa itu Makanan Humus?

Humus atau Hummus adalah hidangan khas Timur Tengah yang termasuk sebagai salah satu makanan pembuka (makanan dessert) yang terbuat dari kacang buncis chickpeas yang dicampur dengan gilingan biji wijen dan beragam bumbu lainnya.

Hummus dibuat dengan campuran bumbu perasan lemon, bawang putih, garam, jinten, paprika merah dan minyak zaitun ke dalam buncis dan tahini (biji wijen goreng yang telah dihaluskan).

Apa itu Makanan Humus?
Apa itu Makanan Humus?

Dalam beberapa daerah, humus juga ditulis dan dibaca sebagai Houmous dan Hummus. Hummus secara bahasa berarti buncis dalam bahasa Arab.

Humus sebagian besar dikonsumsi di negara-negara Arab, Timur Tengah dan Israel, juga merupakan hidangan tradisional di negara-negara seperti Turki, Armenia, Siprus dan Yunani.

Baca Juga: Apa itu Makanan Appetizer?

Humus merupakan salah satu makanan pembuka tradisional atau appetizer yang rasanya nikmat dan lezat. Beberapa jenis masakan humus memiliki rasa yang berbeda dengan tamhana tomat kering atau kemangi ke dalam resep hummus.

Hummus dapat dioleskan pada irisan roti panggang atau dikonsumsi sebagai camilan atau saus.

Bagaimana Cara Membuat Humus?

Apa itu Makanan Humus?
Apa itu Makanan Humus?

Humus dibuat dengan bahan dasar kacang buncis chickpeas yang direndam dalam air terlebih dahulu hingga melunakkan.

Setelah buncis chickpeas lebih empuk lalu direbus danikupas kulitnya. Setelah itu dihaluskan dengan sedikit air hingga menjadi seperti krim atau pure.

Tambahkan bawang putih yang dihancurkan, tahini, jus lemon ke dalam  buncis yang telah lembut itu dan ditambahkan bumbu dan garam. Sedikit minyak bisa ditambahkan untuk mengentalkan konsistensi, dan air dicampur untuk membukanya.

BACA JUGA: 20+ Makanan khas negara Kamboja Lengkap

Minyak zaitun extra virgin dituangkan pada adonan humus yang telah ditata di piring dan di atasnya bisa diberi topping peterseli yang dicincang halus dan paprika merah.

Humus biasanya disajikan dengan roti, roti irisan pita dan juga buah zaitun dan acar.

Manfaat Makanan Humus Untuk Kesehatan

Masyarakat yang tinggal di daerah Mediterania dan Timur Tengah telah mengonsumsi minyak zaitun dan tahini yang berkualitas tinggi selama ribuan tahun.

Makanan seperti itu pun sampai sekarang masih dikonsumsi di wilayah Mediterania ini hari ini, yang mana minyak zaitun dan tahini telah dibuat menjadi makanan yang bervariasi.

Salah satu variasi makanan berbahan zaitun dan tahini adalah humus ini. Beberapa pakar menyebutkan humus merupakan salah satu makanan sehat karena campuran bahan yang sehat di dalamnya seperti zaitun.

Bahan sehat lainnya seperti kacang, lemon dan bawang putih yang ada dalam hummus telah terbukti sebagai makanan yang mengandung efek anti-inflamasi.

Apakah hummus termasuk makanan sehat? Jika kita bisa membuat hummus sendiri dengan bahan-bahan alami atau membeli bahan-bahan berkualitas, maka jawabannya adalah ya!

Bagaimana pun juga makanan buatan sendiri adalah yang terbaik karena kita tahu bahan yang kita gunakan dan pastinya tanpa pengawet.

Image bintrhodaskitchen.blogspot.com
Image bintrhodaskitchen.blogspot.com

Makanan hummus mengandung kurang lebih enam bahan sehat, seperti buncis, minyak zaitun, bawang putih, jus lemon, garam laut, dan tahini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat makan hummus bagi kesehatan:

  • Humus adalah Sumber Protein Berbasis Tumbuhan
  • Kandungan Humus baik untuk Melawan Penyakit
  • Mengurangi Peradangan
  • Meningkatkan Pencernaan dan Kesehatan Usus
  • Nilai Vitamin dan Mineral yang Tinggi
  • Mendukung Kesehatan Tulang
  • Melindungi Kesehatan Jantung
  • Meningkatkan Energi Anda

Humus juga bisa menjadi makanan terbaik bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Hal ini karena kandungan humus yang terbuat dari tumbuhan bisa menjadi serat alami dan tentunya bermanfaat bagi tubuh.

Bagaimana Rasanya Makanan Humus?

Penulis telah mencoba makanan hummus dan bisa dibilang rasanya lezat dan gurih. Humus secara tekstur sangatlah lembut namun terkadang ada rasa seperti kacang yang tidak lembut sempurna.

Namun ini menjadi sensasi makan yang lezat karena kita bisa merasakan kacang buncis dalam humus ini. Humus biasa dimakan dengan diambil menggunakan irisan roti pita, roti biasa, atau menggunakan sayuran salad.

Hummus adalah makanan pembuka Timur Tengah yang dibuat dengan buncis dan tahini dengan menambahkan jus lemon, bawang putih, garam, jinten, paprika dan minyak zaitun.

Tidak ada informasi yang pasti tentang sejarah makanan hummus ini. Namun, disebutkan bahwa tempat pertama di mana buncis ditanam adalah Mediterania dan Timur Tengah (sumber).