Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu makanan main course?

Apa itu makanan main course? Dalam dunia kuliner, termasuk dalam metode penyajian makanan di restoran biasanya akan dikenal beberapa istilah kelompok makanan.

Salah satu istilah itu adalah main course yang dihidangkan sebagai makanan utama dalam sebuah sajian. Lalu apaitu makanan main course? Apa saja contoh makanan main course?

Apa itu makanan main course?

Makanan main course adalah makanan sebagai hidangan utama yang disajikan untuk makan siang atau makan malam. Makanan main course juga banyak dikenal dengan nama Entree di beberapa negara.

Makanan main course adalah hidangan unggulan atau utama dalam makanan yang biasanya terdiri dari beberapa hidangan.

Makanan main course biasanya merupakan hidangan terberat, terberat, dan paling kompleks atau hidangan inti pada sebuah menu.

Bahan utama yang digunakan dalam makanan main course biasanya adalah terdiri dari daging atau ikan.

Dalam makanan vegetarian, makanan main course atau hidangan utama terkadang mencoba meniru hidangan daging.

Pada umumnya, makanan main course akan disajikan dengan didahului oleh hidangan pembuka atau appetizer berupa makanan dengan porsi kecil, sup, dan/atau salad.

Untuk lebih lengkapnya tentang appetizer ini bisa anda baca disini: Apa itu Makanan Appetizer?

Setelah makanan main course disantap, maka akan diikuti oleh hidangan penutup seperti dessert. Oleh karena itu, hidangan utama terkadang disebut sebagai “hidangan daging”.

Dalam makan malam formal, hidangan utama yang direncanakan dengan baik dapat berfungsi sebagai semacam puncak dalam gastronomi (sumber).

Makanan Main Course Dari Berbagai Negara

Makanan main course sangat bervariasi di berbagai restoran dan berbagai kultur budaya. Di India, hidangan utama meliputi kari, sayuran kering, dal atau lentil, nasi, dan berbagai jenis roti.

Paneer merupakan makanan main course yang sangat populer yang biasanya dihidangkan bersama dengan lentil dan sayuran seperti jamur, kembang kol, okra dll.

Bagi yang non vegetarian, hidangan ayam adalah main course yang paling umum berikut masakan daging kambing dan ikan. Termasuk main course adalah hidangan nasi termasuk biryani, pulao yang disajikan bersama dengan raita.

Di Italia, Ada begitu banyak resep hidangan utama Italia untuk dipilih dan lusinan variasi regional, dari resep ikan fantastis, hingga daging sapi, ayam, dan lainnya yang lezat.

Beberapa makanan main course di itali adalah seperti Salmon Panggang dengan Pistachio, Honey and Herb Crust, hingga Baked Mushrooms Stuffed dengan Gorgonzola dan Pecorino.

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan main course dari berbagai belahan dunia yang populer:

1. Steak Tuna Italia

Di Italia bagian selatan memiliki makanan main course yang lezat dengan nama Steak Tuna Panggang Italia Selatan.

Steak tuna yang menggoda selera ini merupakan makanan utama yang populer di sana dan juga bisa dinikmati oleh penduduk dunia.

Cara membuat steak tunia ini adalah pertama kali tuna diolesi dengan minyak zaitun, dibumbui, dipanggang, lalu diberi saus ala Italia Selatan yang segar dan lezat.

2. Hünkar beğendi Khas Turki

Apa itu makanan main course?
Apa itu makanan main course?

Hünkar beğendi adalah hidangan tradisional Turki yang terdiri dari rebusan domba beraroma yang disajikan di atas pure terong panggang yang lembut.

Purée sering dikentalkan dengan susu dan keju, sementara seluruh hidangan terkadang diberi saus tomat atau hiasi dengan peterseli cincang segar.

Diyakini bahwa hidangan ini berasal dari Istanbul dan pertama kali disiapkan untuk istri Napoleon III pada akhir abad ke-19.

3. Fattah Khas Mesir

Salah satu makanan main course Mesir favorit adalah fattah Mesir ini. Daging domba/sapi rebus berbumbu disajikan di atas nasi dan roti pita panggang kemudian disajikan dengan saus tomat hangat berbau bawang putin. Sebuah pesta di mulut Anda.

Ini adalah makanan tradisional Mesir untuk merayakan setiap kesempatan, terutama di Idul Adha ketika resep daging domba berjalan lancar seperti daging domba ini . Fattah juga disajikan di pesta pernikahan, gathering, Ramadhan dan merayakan bayi baru lahir. Fatteh sangat populer di timur tengah dengan berbagai nama dan bahan seperti chicken shawarma fatteh atau fatteh terong ini.

4. Ayam Teriyaki Khas Jepang

Chicken teriyaki merupakan salah satu makanan main course jepang yang sangat populer karena banyak masyarakat tangga di luar Jepang yang juga membuat hidangan ayam ini untuk makan malam.