Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu makanan oriental?

Apa itu makanan oriental? Dalam dunia kuliner, makanan dibedakan dalam beberapa kelompok berdasarkan wilayahnya.

Salah satu jenis makanan dalam hal ini adalah makanan oriental yang berasal dari daerah atau negara-negara oriental. Lalu apa itu makanan oriental? Bagaimana karakteristik makanan oriental? Apa saja yang termasuk negara oriental?

Apa itu makanan oriental

Makanan oriental mengacu pada hidangan yang dibuat dan dikonsumsi di negara-negara Asia Tenggara. Hidangan masakan Cina, Indonsia, Korea, dan Jepang termasuk dalam kategori ‘Makanan Oriental’.

Istilah makanan oriental biasanya digunakan untuk membedakan antara masakan barat yang disebut dengan masakan kontinental.

Kata “Oriental ” secara umum berarti “timur”. Oriental adalah sebutan tradisional untuk segala hal apa pun seperti kultur dan budaya yang termasuk dalam bagian wilayah Timur Asia.

Dalam kata lain, makanan oriental adalah masakan dengan gaya Asia dan makanan Kontinental adalah masakan dengan gaya khas Eropa.

Apa itu makanan oriental?
Apa itu makanan oriental?

Beberapa Contoh kecil Makanan oriental adalah seperti Bebek Peking, masakan Kanton, Ayam Schezwan, Gka Prow Gai, Baked Thai Chicken, Sushi, sup vietnam, bakso, mie ayam dan lain sebagainya.

Di antara contoh makanan Kontinental adalah termasuk pasta, steak, pai, roti dan lain sebagainya.

Hidangan oriental biasanya menggunakan banyak bumbu dan pada beberapa wilayah juga biasa menggunakan bahan kering seperti aprikot dan prem.

Teknik memasak utama dalam masakan oriental adalah seperti menumis, merebus dan menggoreng cepat. Saus fermentasi dan produk acar pada beberapa wilayah juga banyak digunakan dalam makanan oriental.

Negara mana Saja yang Termasuk oriental?

Meskipun oriental itu adalah wilayah Asia namun tidak semua Asia bisa disebut sebagai oriental. Oriental bisa lebih tepat dipahami sebagai wilayah asia bagian Timur.

Wilayah Oriental atau wilayah Timur ini mencakup beberapa negara dan wilayah di Asia Timur. Di antaranya adalah seperti Jepang, Cina, Korea, Indonesia, Hong Kong, dan Taiwan.

Asia adalah benua yang jauh lebih besar yang mencakup tempat-tempat seperti India, Pakistan, Kamboja, Tibet, Nepal dan sebagian besar Rusia.

Asia adalah benua besar yang tidak hanya mencakup negara-negara Timur, atau Asia Timur, tetapi juga negara-negara di kawasan Asia lainnya seperti timur tengah, Asia barat dan Asia Minor.

Baca Juga: Apa Itu Makanan Appetizer?

Meski kebanyakan wilayah Asia sama-sama menyukai nasi dan bumbu seperti bawang putih, jahe, kedelai, wijen, bawang merah, dan tahu, namun masing-masing daerah juga memiliki beberapa perbedaan pada kuliner utama.

Contohnya adalah pada wilayah Asia Timur seperti Cina, Jepang, Korea Utara dan Selatan, Taiwan, Tibet, Mongolia, Hong Kong, Makau, mereka biasanya menggunakan bahan makanan seperti biji-bijian panjang, biji-bijian pendek, kacang-kacangan, kedelai, mie dan makanan laut.

Bagian Asia Tenggara seperti Vietnam, Kamboja, Laos, Singapura, Filipina, Malaysia, Myanmar, Thailand, Indonesia
biasanya memiliki kuliner dengan aroma yang menyengat, seringkali menggunakan sensasi rasa jeruk, kemangi, ketumbar, serai, dan asam.

Bagian Asia Selatan seperti negara Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal, Pakistan, Maladewa, Sri Lanka
biasanya memiliki masakan nasi dengan sensasi aromatik, terutama di India, juga masakan seperti kari yogurt dan santan, ghee, ayam, daging kambing, dan ikan.

Di bagian Asia Barat (Timur Tengah) seperti Suriah, Lebanon, Irak, Iran, Turki, Arab Saudi, Qatar, masakan pada wilayah ini biasanya tidak dianggap sebagai makanan Oriental atau Asia karena secara substansial masakan mereka berbeda.

Masakan di bagian Asia tengah biasanya menggunakan minyak zaitun atau mentega, zaitun, buncis, mint, kurma, biji wijen yang dimakan dengan roti.

Wilaha Asia Tengah seperti Kazakstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kirgistan, Tajikistan tidak jarang terdapat hidangan yang mirip dengan rasa dan bahan dari Asia Timur dan Barat (sumber).

Apa saja Contoh Makanan Oriental?

Ada banyak sekali contoh makanan oriental termasuk masakan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan oriental yang terkenal dari beberapa negara Asia Timur:

1. Bò kho Rebus Daging Vietnam

Bò kho adalah rebusan daging sapi Vietnam yang populer yang dapat dikonsumsi sendiri atau disertai dengan baguette di sampingnya. Ini juga dapat disajikan di atas mie, dan merupakan kebiasaan untuk menyajikan berbagai rempah segar di sampingnya.

Hidangan ini terdiri dari bahan-bahan seperti daging sapi potong dadu, wortel, serai, kayu manis, cabai, merica, bawang putih, dan bawang merah, semuanya direbus dalam kaldu pedas dan aromatik.

2. Tapsilog Filipina

Apa itu makanan oriental?
Apa itu makanan oriental?

Salah satu contoh makanan oriental adalah makanan pokok sarapan paling umum di Filipina yang disebut tapsilog.

Tapsolog adalah makanan yang disajikan dalam piring yang terdiri dari irisan dendeng sapi, yang dikenal sebagai tapa, setumpuk nasi bawang putih, dan telur goreng.

Dipercaya bahwa hidangan ini tumbuh karena kebutuhan, untuk memenuhi kebutuhan banyak pekerja yang mencari sarapan cepat, murah, dan bergizi.

3. Ramen Jepang

Apa itu makanan oriental?
Apa itu makanan oriental?

Ramen (ラーメン) adalah hidangan sup mie yang awalnya diimpor dari Tiongkok dan telah menjadi salah satu hidangan paling populer di Jepang dalam beberapa dekade terakhir.

Harga Ramen secara umum tidaklah mahal dan tersedia secara luas. Hal inilah yang juga menjadikan ramen sebagai pilihan ideal bagi wisatawan untuk menikmati kultur dengan harga terjangkau.

Restoran ramen, atau ramen-ya, dapat ditemukan di hampir setiap sudut negara dan menghasilkan variasi regional yang tak terhitung jumlahnya dari hidangan mie umum ini.