Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Medsos

Pengertian Medsos

Kata medsos merupakan kata singkatan yang terdiri dari dua  kata yaitu sosial dan media. Jika kita ingin tahu apa itu pengertian medsos maka kita pun bisa mengetahuinya dengan mengulas dua kata itu.

Adapun kata ‘sosial’ itu adalah setiap hal yang mengacu pada interaksi dengan orang lain dengan berbagi informasi dengan mereka dan menerima informasi dari mereka. Jadi berbicara dan berkomunikasi itu pun termasuk bagian dari kegiatan sosial.

Sedangkan kata ‘media’ berarti setiap hal yang mengacu pada alat komunikasi, seperti internet, TV , radio, dan surat kabar

Jadi dari dua istilah terpisah ini, kita dapat menarik definisi dasar bahwa sosmed atau sosial media adalah alat komunikasi berbasis web (internet) yang memungkinkan orang berinteraksi satu sama lain dengan berbagi dan mengonsumsi informasi.

Mengapa berbasis internet? Karena istilah media sosial itu muncul karena lingkupnya adalah lingkup internet. Sebelumnya tidak ditemukan istilah sosial media untuk media komunikasi lain seperti televisi, surat kabar dan semacamnya.

Contoh-contoh Sosmed

Ada banyak sekali platform sosial media yang bisa kita gunakan di internet. Misalnya yang paling terkenal adalah facebook, twitter, instagram, pinterest dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan sosial media itu kita bisa berbagi informasi kepada orang-orang yang kita kehendaki.

Fitur Fasilitas Umum Dalam Sosial Media

Sosial media secara umum memiliki beberapa fitur yang kebanyakannya adalah sama antara satu sosmed dengan sosmed yang lain. Beberapa fitur tersebut antara lain adalah:

Akun pengguna

Jika sebuah situs mengizinkan pengunjung untuk membuat akun mereka sendiri yang dapat mereka masuki dan akun tersebut digunakan untuk interaksi sosial, maka tidak lain itu adalah ciri-ciri dari sosmed. Biasanya akun pengguna didaftarkan dengan email dan nomor telefon pribadi.

Halaman profil

Karena media sosial adalah tempat orang berkomunikasi, maka di sana perlu sekali ada halaman profil untuk membantu mewakili individu dan memberi mereka ruang untuk menciptakan identitas mereka sendiri.

Halaman profil dalam sosial media itu sering kali mencakup informasi tentang pengguna individu, seperti foto profil, bio, situs web, umpan posting terbaru, rekomendasi, aktivitas terkini, dan beberapa hal lainnya.

Teman, pengikut dan grup

Seseorang menggunakan akun media sosial mereka untuk terhubung dengan pengguna lain. Mereka juga dapat menggunakannya untuk berlangganan bentuk informasi tertentu.

Umpan Berita atau Beranda

Saat pengguna terhubung dengan pengguna lain di media sosial, pada dasarnya mereka akan mendapatkan informasi dari orang-orang yang menjadi teman atau orang yang mereka ikuti. Informasi tersebut diperbarui untuk mereka secara real-time melalui umpan berita mereka.

Pemberitahuan

Situs atau aplikasi apa pun yang memberi tahu pengguna tentang informasi tertentu pasti memainkan permainan media sosial. Pengguna memiliki kontrol penuh atas pemberitahuan ini dan dapat memilih untuk menerima jenis pemberitahuan yang mereka inginkan.

Tombol suka dan bagian komentar

Dua cara paling umum kita berinteraksi di media sosial adalah melalui tombol yang mewakili bagian ‘suka’ plus komentar tempat kita dapat berbagi pemikiran. Itulah informasi tentang apa itu sosmed, semoga bermanfaat dan menambah informasi positif bagi kita.