Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Prebiotik?

Apa Itu Prebiotik? Berbagai jenis makanan dan suplemen sangat bagus untuk kesehatan manusia. Salah satunya adalah probiotik.

Probiotik sangat bermanfaat dalam membantu menjaga keseimbangan alami bakteri baik dalam saluran cerna.

Lalu apa itu probiotik dan makanan apa saja yang mengandung probiotik? Apa saja manfaat probiotik bagi tubuh?

Apa Itu Prebiotik?

Apa Itu Prebiotik?
Apa Itu Prebiotik?

Probiotik adalah bakteri dan ragi hidup yang bersifat baik yang mendukung perlindungan kesehatan tubuh terutama organ pencernaan dan usus.

Probiotik secara bahasa berarti “pendukung kehidupan”, merupakan kebalikan dari istilah antibiotik.

Probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus dan mendukung kekebalan tubuh beserta beragam manfaat lainnnya. Probiotik juga mampu membantu agar untuk tetap sehat dan bugar.

Probiotik adalah bakteri dan ragi hidup yang memiliki efek sangat positif pada sistem pencernaan dan kesehatan kita secara umum. Meskipun kita memikirkan hal-hal negatif ketika kita mengatakan bakteri, probiotik adalah bakteri yang ramah.

Usus manusia mengandung sekitar 100 triliun bakteri hidup, dan bakteri ini disebut dengan flora usus.

Dalam kondisi tubuh yang sehat, bakteri menguntungkan dan merugikan dalam flora usus berada dalam keseimbangan.

Mikroorganisme hidup yang ada dalam jumlah tertentu dalam sistem pencernaan dan memiliki efek menguntungkan disebut probiotik. Istilah probiotik adalah istilah dari bahasa Yunani yang berarti ‘untuk kehidupan’.

Mikroorganisme yang dikenal sebagai probiotik umumnya berasal dari kelompok Lactobacillus, Streptococcus dan Bifidobacterium.

Probiotik memiliki efek seperti mengurangi jumlah bakteri patogen dan berbahaya, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan fungsi dinding usus.

Prebiotik ditemukan secara alami dalam ASI dan banyak sayuran dan buah-buahan berserat termasuk galakto-oligosakarida (GOS), frukto-oligosakarida (FOS), dan inulin.

Probiotik dapat ditemukan di banyak makanan alami maupun diambil dari luar dalam bentuk suplemen. Probiotik, yang berkontribusi pada pengaturan flora usus, memiliki fitur meningkatkan kualitas hidup secara umum.

Apa Fungsi Probiotik bagi tubuh?

Di alam tubuh kita terdapat bakteri baik yang bekerja efektif pada sistem kekebalan, pencernaan dan ekskresi.

Ketika jumlah bakteri berbahaya tinggi, sistem kekebalan tubuh mungkin lemah dan berbagai gangguan sistem pencernaan dapat terjadi.

Tingginya jumlah bakteri menguntungkan di usus membawa serta sistem kekebalan yang lebih kuat dan sistem pencernaan yang bekerja dengan sehat.

Bakteri menguntungkan ini disebut dengan probiotik sehingga penting manfaatnya bagi kita untuk mengonsumsi probiotik agar jumlah bakteri baik dalam tubuh tetap terjaga.

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa ada bakteri yang hidup di usus kita dan mikroflora ini (komunitas bakteri di usus) membantu melindungi kita dari penyakit dan mencegah perkembangan penyakit.

Bakteri menguntungkan di usus sebenarnya berperan dalam menjaga keseimbangan bakteri.

Banyak penelitian tentang hal ini menunjukkan bahwa probiotik memiliki efek positif pada kesehatan usus secara umum, membantu mengatur sistem pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Makanan Apa Saja yang Mengandung Probiotik?

Makanan probiotik adalah makanan yang bisa menambah bakteri baik dalam tubuh manusia. Makanan yang mengandung probiotik tentu saja sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Banyak sekali jenis makanan yang mengandung probiotik, di antaranya adalah seperti: kefir, yoghurt, acar, susu fermentasi, mentega, anggur, susu kambing, lobak, produk kedelai fermentasi, makanan bayi dan beberapa jus buah.

Yoghurt probiotik, asinan kubis, acar mentimun, keju mozzarella, buttermilk adalah makanan alami yang mengandung probiotik.

Saat ini juga banyak sekali suplemen makanan dan minuman juga bentuk kapsul yang bisa menyuplai probiotik dalam tubuh.

Manfaat Probiotik Untuk Kesehatan

Probiotik, yang merupakan suplemen yang harus digunakan terutama oleh penderita masalah pencernaan, adalah bakteri yang membantu dalam pengobatan penyakit pencernaan, memperkuat sistem kekebalan dan mencegah berkembangnya alergi.

Suplemen probiotik merupakan suplemen yang dibutuhkan banyak orang dan penggunaannya sangat penting. Di antara manfaat probiotik untuk kesehatna di antaranya adalah:

– Mencegah terbentuknya karies gigi,

– Melindungi sistem pencernaan dan usus,

– Menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat dalam tubuh,

– Mencegah infeksi,

– Membantu melindungi kulit,

– Sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung,

– Meminimalkan resiko kanker,

– Mengurangi depresi,

– Meningkatkan produksi vitamin B,

– Membantu meningkatkan kualitas tidur,

– Mencegah masuk angin dan flu

– Melindungi dari alergi,

– Memperkuat kekebalan, mengurangi tingkat penangkapan penyakit.

Manfaat Probiotik Untuk Pencernaan

Probiotik membantu mengatur sistem pencernaan. Karena keseimbangan bakteri di usus kita, sistem pencernaan kita dapat menjalankan fungsinya dengan sehat.

Bakteri ramah ini membantu menjaga keseimbangan dan secara positif mempengaruhi kesehatan sistem pencernaan.

Probiotik membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan kita melindungi kita dari mikroorganisme dan jika tidak bekerja secara teratur, itu menyebabkan berbagai reaksi dan penyakit.

Di sini, probiotik bakteri ramah mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu menjaga keseimbangan dalam tubuh kita dan mencegah masalah ini.

Probiotik membantu memulihkan bakteri menguntungkan yang hilang karena berbagai alasan dan mengurangi bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan beberapa hal negatif.

Probiotik memiliki efek suportif pada kesehatan usus. Mereka membantu mendukung sistem pencernaan dengan membantu mengeluarkan makanan yang melewati usus selama proses pencernaan.

Beberapa jenis probiotik juga dianggap memiliki efek positif pada kesehatan mental. Terutama dalam beberapa tahun terakhir, penelitian telah mengungkapkan bahwa 95 persen serotonin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan, disekresikan di usus.

Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan usus sebenarnya bisa berhubungan langsung dengan kesehatan mental.

Probiotik juga membantu mencegah dan mengobati diare. Jadi, dengan mencegah hilangnya cairan dalam tubuh, juga mencegah daya tahan tubuh jatuh.

Penggunaan probiotik juga membantu mengurangi keparahan beberapa kondisi alergi dan eksim.

Probiotik, yang memberikan keteraturan usus, juga mendukung penurunan berat badan. Dengan demikian, membantu pencernaan yang lebih sehat dan sistem kekebalan tubuh.

Bagaimana Anjuran dalam Mengkonsumsi Probiotik?

1. Jika anda mengonsumsi suplemen probiotik, maka label produk probiotik harus dibaca dengan cermat dan harus diperiksa apakah bakteri yang ditentukan mencukupi.

2. Karena probiotik adalah organisme hidup, probiotik harus digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa dan disimpan sesuai dengan petunjuk kemasan,

3. Beberapa produk suplemen Probiotik dapat dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam es krim atau yogurt. Suplemen probiotik seharusnya tidak ditambahkan ke minuman dan makanan panas karena akan mencegah bakteri menjadi aktif.

4. Tidak semua yoghurt mengandung probiotik, karena bakteri hidup bisa terbunuh selama pemrosesan di beberapa produk.